Tips Ibu Hamil Muda

Tips ibu hamil muda www.johnsonsbaby.co.id
Tips ibu hamil muda

www.johnsonsbaby.co.id

Tips Ibu Hamil Muda– Kehamilan adalah sebuah keberkahan dan amanat dari Tuhan untuk ibu menjaga janinnya agar selalu sehat hingga masa persalinan tiba. Tentu bagi Anda sebagai calon ibu diusia kehamilan muda ini, banyak pantangan dan tantangan yang harus dilalui. Pada trimester pertama Anda harus menyesuaikan gaya hidup, pola kerja dan asupan makanan. Karena pada tahap ini terjadi beberapa perubahan fisik dan psikologis yang dipengaruhi oleh hormon kepada ibu.

Ketika usia kehamilan muda salah satu gejala yang sering terjadi yaitu morning sickness. Morning sickness merupakan perasaan mual dan ingin muntah yang terjadi hampir sepanjang hari sehingga Anda lebih memilih beberapa makanan dan minuman saja yang dirasa dapat diterima oleh tubuh Anda. Nah untuk itu ini Tips Ibu Hamil Muda

  1. Mengatur Pola Kerja

Di usia kehamilan yang masih dini, biasanya ibu hamil akan merasa mudah lelah dan lemas. Untuk menghindarinya, Anda dapat membuat jadwal pola kerja. Hindari aktifitas berat, jangan terlalu lama duduk maupun berdiri. Gerakan tubuh seperlunya, pekerjaan dengan kategori berat bisa diartikan menyita waktu istirahat Anda, selain itu beberapa pekerjaan yang akan membuat anda merasa terbebani memicu stress. Kondisi dengan keadaan stress sebaiknya dihindari selama kehamilan.

  1. Mengendalikan Emosi

Pada usia kehamilan muda biasanya emosi ibu menjadi tak menentu, kadang gembira, kadang bersemangat hingga gelisah dan lelah. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh hormon yang tidak seimbang selama kehamilan. Ibu seringkali cemas mengenai kondisi bayi, kemampuan mengasuh, hingga kondisi finansial. Namun, jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan Anda stres. Ada baiknya Anda pintar-pintar menjaga mood, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat, rajin berdoa dan bermeditasi dapat membantu Anda mengelola emosi.

  1. Perhatikan Nutrisi

Asupan nutrisi merupakan hal yang amat penting bagi ibu dan janin, karena itu makanlah makanan bergizi dan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, protein, dll. Hindari asap rokok dan merokok, batasi konsumsi caffein, dan alkohol. Alkohol dan caffein tidak baik untuk perkembangan janin. Selain itu, hindari kegiatan atau hobi yang membuat ibu hamil menggunakan zat kimia seperti cairan pembersih, pestisida, atau yang mengandung logam berat. Menghindari zat-zat berikut sangat baik untuk menjadi sebuah tahapan Tips Ibu di Usia Kehamilan Muda

  1. Konsultasi ke Bidan atau Dokter

Rawat kesehatan ibu dan janin dengan berkonsultasi kepada ahlinya. Lakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter kandungan secara teratur. Kunjungan pertama, umumnya seputar kesehatan ibu hamil dan menentukan usia kehamilan. Pemeriksaan awal pada kehamilan trimester pertama juga ada kemungkinan mengidentifikasi faktor risiko dan memeriksa kelainan kromosom pada janin. Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.

  1. Membuat komunikasi yang lancar dengan suami

Momen kehamilan merupakan momen yang semakin mendekatkan istri dan suami untuk saling belajar mengerti lebih lagi. Ungkapkan secara jujur mengenai kebutuhan, kekhawatiran, permasalahan, dan harapan yang dirasakan. Minta pasangan melakukan hal yang sama. Membahas hal-hal tersebut bersama akan membantu memperkuat rasa kebersamaan sebagai pasangan.

Kurangi aktivitas berhubungan seksual, karena di awal kehamilan, rahim belum begitu kuat sebab masih dalam tahap penyesuaian. Selain itu, embrio masih dalam gumpalan darah dan belum sempurna. Berhubungan seksual juga harus memperhatikan posisi supaya tidak menindih perut. Pilih saat yang tepat untuk berhubungan intim saat ibu hamil merasa nyaman.

Bagaimanapun saat kehamilan merupakan keberkahan dari Tuhan. Karena itu agar Anda dapat menjalankan saran diatas Tips Ibu Hamil Muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*