Tips Ibu Hamil Muda yang Ingin Tetap Ikut Menjalankan Ibadah Puasa

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Banyak ibu hamil yang kekeuh tetap ingin ikut menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya boleh saja seorang ibu hamil tetap berpuasa. Syaratnya hanya satu. Jangan sampai puasa justru membuat kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan menurun.

Bagi ibu hamil muda, tentu lebih ringan jika tetap ingin menjalakan puasa. Lain hal dengan seorang ibu hamil tua. Mereka merasa sangat berat karena nutrisi yang dibutuhkan setiap hari lebih banyak dibandingkan dengan ibu hamil muda.

Meskipun demikian, ibu yang sedang hamil muda sekarang tidak boleh asal-asalan dalam memilih menu makanan. Untuk memastikan ibu tetap bisa berpuasa tanpa mengorbankan kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan, maka ibu perlu mengatahui cara bagaimana ibu hamil muda bisa menjalankan Ibadan puasa dengan baik.

Dua kunci utama yang harus dilakukan.

Memilih Menu Berbuka

Apa yang biasa ibu sajikan ketika berbuka? Umumnya orang berbuka dengan es buah dan gorengan.

Tapi, untuk ibu hamil, hindari minuman berupa es dan juga gorengan. Terutama es apapun jenisnya. Karena es bisa membuat ibu kembung. Produksi asam lambung akan meningkat sehingga ibu akan merasa sebah dan panas. Akhirnya ibu akan kehilangan nafsu makan.

Tentu hal tersebut tidak baik. Pasalnya, ibu harus makan makanan yang bergizi agar mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang biasanya ibu dapatkan di siang hari.

Untuk itu, sebaiknya ibu mempersiapkan minuman hangat yang manis saja. Kemudian, ibu bisa menjalankan shalat maghrib dulu untuk memberikan waktu kepada sistem pencernaan agar bersiap mendapatkan makanan.

Setelah maghrib, sangat disarankan agar ibu mengkonsumsi makanan yang berserat. Karena makanan yang berserat membuat sistem pencernaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna. Hal ini diperlukan agar sistem pencernaan semakin siap untuk mendapatkan jenis makanan yang lain.

Selain sayuran, ibu juga harus makan makanan yang mengandung gizi untuk ibu hamil seperti protein dari daging dan vitamin dari buah-buahan. Hanya saja, jangan terlalu kebanyakan ya.

Setelah tarawih nanti, disarankan ibu mengkonsumsi cemilan yang bergizi seperti roti, kue, atau puding. Agar ibu bisa mengkonsumsi makanan yang bervariasi, maka ibu tidak boleh kekenyangan saat berbuka.

Memilih Menu Sahur

Banyak sekali ibu hamil muda yang berpuasa tapi mengalami masalah kesehatan seperti konstipasi. Tahukah ibu kenapa? Karena tidak ada kandungan serat di dalam menu sahur.

Kebanyakan orang lebih mementingkan menu buka puasa daripada sahur. Padahal untuk memastikan ibu bisa menjalankan puasa dengan lancar adalah menu sahurnya.

Agar terhindar dari masalah konstipasi, ibu harus mempersiapkan menu sahur yang kaya akan serat seperti sayuran hijau. Ini yang paling penting. Kandungan protein juga harus tinggi agar ibu tetap bertenaga hingga maghrib tiba. Protein butuh waktu untuk dicerna. Jadi, ibu akan merasa kenyang lebih lama.

Dan yang tak kalah penting, ibu menutup sahur dengan mengkonsumsu buah. Karena buah berfungsi sebagai pengikat nutrisi agar tidak mudah dicerna. Sama seperti protein, yaitu agar ibu merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Jadi, siap untuk berpuasa walaupun sedang hamil muda? Tips ibu hamil muda perlu untuk diterapkan jika ibu ingin sehat selama bulan puasa. Dan yang paling penting, kesehatan janin tidak terganggu. Dengan memenuhi nutrisi kehamilan saat buka dan sahur, ibu tidak perlu was-was dengan perkembangan janin di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*