Tips Ibu Hamil Muda Travelling

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tips ibu hamil muda kali ini akan membahas tentang hal-hal yang bisa membantu memudahkan travelling bagi Ibu yang sedang hamil muda. Kenapa hal ini penting untuk diperhatikan? Tentunya, untuk keamanan dan kenyamanan Ibu dan janin di dalam kandungan.

Ibu pastinya mencari informasi mengenai aman atau tidaknya travelling ketika hamil muda karena Ibu sudah tahu bahwa resiko terjadinya keguguran di usia hamil yang masih muda lebih besar dibandingkan ketika kehamilan di dua trimester berikutnya. Jika memang tidak bisa dihindari, terutama di saat-saat penting seperti ketika akan mudik untuk lebaran, Ibu perlu memastikan perjalanan yang akan dilakukan aman dan nyaman.

  1. Konsultasi kehamilan

Sebelum Ibu mulai merencanakan perjalanan, sebaiknya Ibu melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan Ibu terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan kehamilan Ibu berkembanng dengan baik dan tidak mengalami masalah. Jika kehamilan sehat, maka seharusnya tidak akan ada masalah jika Ibu berpergian atau travelling, akan tetapi tanyakan dengan dokter kandungan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum dan selama travelling. Melakukan konsultasi kehamilan itu sangat penting, terutama jika Ibu ingin berpergian dengan pesawat.

  1. Cukupi kebutuhan makan dan minum

Banyak Ibu-ibu yang menghindari berpergian di trimester pertama karena sering merasa pusing dan mual. Karena hal ini, maka Ibu perlu memastikan untuk membawa makanan atau cemilan yang cukup dan bisa membantu mengurangi rasa mual, khususnya jika Ibu berpergian melalui jalan darat yang memakan waktu lebih lama.

Selain itu, alasan mengapa Ibu perlu mempersiapkan dan membawa makanan sendiri adalah karena selama di perjalanan, tidak semua makanan yang ada bisa Ibu konsumsi. Ibu perlu memastikan agar makanan yang dikonsumsi itu bersih dan sehat. Memastikan hal itu tentunya paling mudah jika Ibu sendiri yang menyiapkan makanannya, kan?

  1. Hindari mengangkat beban terlalu berat

Terkadang memang sulit jika Ibu harus terus-terusan mengandalkan orang lain untuk mengangkat atau memindahkan barang bawaan yang Ibu bawa. Akan tetapi, untuk menjaga janin di dalam kandungan agar tetap aman, Ibu perlu menghindari mengangkat beban atau barang bawaan yang terlalu berat. Ibu bisa membawa saja perlengkapan sendiri yang dibutuhkan, dan mintalah orang lain untuk membantu Ibu membawa barang lain yang berat.

  1. Istirahat jika memungkinkan

Tips ibu hamil muda ini perlu Ibu ikuti jika ibu berpergian jauh, maupun itu melalui jalur darat atau udara. Berada di posisi duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama pastinya akan melelahkan.

Jika Ibu berpergian dengan pesawat, Ibu bisa berjalan-jalan di pesawat jika situasinya aman, agar ibu bisa sedikit stretching. Jika Ibu berpergian melalui jalur darat dengan mobil pribadi, maka Ibu bisa berhenti dan berjalan-jalan sebentar setiap beberapa jam sekali. Selain mencegar agar Ibu tidak merasa pegal, Ibu perlu menghirup udara segar sesekali agar tidak merasa mual atau pusing. Ingat, morning sickness itu kan tidak hanya terjadi di pagi hari, dan hal ini bisa saja terjadi ketika sedang travelling.

  1. Nikmati perjalanan!

Hal yang paling penting untuk diingat agar perjalanan Ibu nyaman tentunya adalah untuk menikmati perjalanan. Jika Ibu sudah melakukan tips ibu hamil muda diatas, maka seharusnya Ibu bisa lebih tenang dalam menikmati perjalanan. Jangan sampai, karena Ibu terlalu memikirkan aman atau tidaknya travelling ketika hamil muda, Ibu justru stress dan perjalanan tidak bisa dinikmati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*