Tips Ibu Hamil Muda Ini Perlu Diketahui Saat Tiba-Tiba Kehilangan Nafsu Makan

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Jangan anggap sepele jika ibu hamil muda tiba-tiba kehilangan nafsu makan. Saat hamil, justru nutrisi yang dibutuhkan semakin banyak. Jadi, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi makanan.

Sayangnya, kebanyakan ibu hamil muda justru kehilangan nafsu makan. Apapun makanannya sekalipun makanan tersebut sangat disukai rasanya tidak menggairahkan.

Jika hal ini terjadi pada ibu, apa yang akan ibu lakukan? Memaksa makan tentu bukan cara yang tepat. Memaksa untuk mengkonsumsi makanan justru akan membuat ibu mual dan muntah setiap kali makanan sudah ada di dalam perut.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Berikut beberapa tips kehamilan muda yang bisa ibu praktekkan.

Minum Susu Ibu Hamil

Yang satu ini harus dijadikan cara paling pertama yang harus ibu lakukan. Ibu membutuhkan nutrisi yang banyak. Jika ibu tidak mendapatkan nutrisi dari makanan karena ibu kehilangan nafsu makan, maka setidaknya nutrisi bisa dicukupi dari susu ibu hamil walaupun belum sebenarnya nutrisi belum tercukupi sepenuhnya.

Setiap hari ibu harus pastikan mengkonsumsi 2-3 gelas susu. Kabarnya, susu akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil harian sekitar 50%. Jadi, setidaknya ibu tenang karena sudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Tinggal ibu cari tahu bagaimana membangkitkan lagi nafsu makan.

Pilih Makanan yang Baunya Tidak Menyengat

Tahukah ibu kebanyakan ibu hamil muda kehilangan nafsu makan karena bau makanan yang menyengat? Oleh sebab itu, salah satu tips untuk ibu hamil adalah menghindari makanan dengan bau yang menyengat.

Mungkin ibu bisa membuat sup bening yang terbuat dari sayuran hijau. Selain mudah, jenis makanan ini juga bergizi dan baunya tidak menyengat.

Saat hamil muda, penciuman ibu sangat sensitif. Tidak hanya ibu akan kehilangan nafsu makan karena bau makanan yang menyengat, membau jenis masakah tertentu saja ibu langsung mual. Dan akhirnya ibu malas makan.

Jadi, ibu harus perhatikan makanan apa saja yang baunya membuat ibu mual. Hindari makanan tersebut. Buat sendiri makanan dengan racikan bumbu sederhana dan tidak berlebihan.

Makan Buah yang Banyak

Tips kehamilan muda kali ini berkaitan dengan konstipasi. Konstipasi atau susah BAB sering dialami oleh ibu hamil muda. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor. Bisa karena serat yang kurang atau produksi hormon meningkat.

Parahnya, masalah konstipasi ini sering menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan. Ia merasa tidak enak makan masakan apa saja.

Jika hal ini ibu hamil, ibu harus banyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah mengandung serat yang tinggi sehingga masalah konstipasi akan teratasi. Jika konstipasi sudah tidak ibu alami, ibu akan merasa enak sekali makan makanan apa saja.

Temukan juga tips ibu hamil muda lainnya berkaitan dengan masalah hilangnya nafsu makan. Dalam hal ini, ibu juga perlu mengetahui apa saja penyebab ibu hamil mudah kehilangan nafsu makan.

Meskipun masalah kehilangan nafsu makan merupakan hal yang sangat wajar terjadi saat hamil muda, ibu tidak boleh membiarkan begitu saja. Karena jika ibu tidak mencari solusi yang tepat, perkembangan janin bisa terganggu. Hal ini disebabkan ibu tidak makan sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil tidak terpenuhi.

Ibu bisa praktekkan tips untuk ibu hamil yang mengalami masalah kehilangan nafsu makan di atas. Ibu akan mendapatkan hasilnya dalam waktu yang tidak lama. Ibu akan mengkonsumsi makanan dengan lahap kembali.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*