Tips Agar Anak Cerdas Yang Bisa Orang Tua Terapkan Kepada Sang Anak

Tips agar anak cerdas www.awalsehat.nestle.co.id

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya cerdas, terutama untuk orang tua yang mempunyai anak tidak begitu cerdas. Tips agar anak cerdas tentu dibutuhkan untuk anak yang kurang pandai bahkan untuk anak yang sudah cerdas, orang tua juga harus memperhatikannya. Dan untuk sekarang ini yang menjadi harapan dari orang tua yaitu bagaimana anak-anak mereka menjadi orang yang pandai dan berprestasi di sekolah maupun diluar sekolah.

Tentu akan sangat membanggakan bila anak-anak kita dapat mewujudkan semua itu.  Semua anak tentu dapat menjadi harapan orang tua jika orang tua selalu mendukung anak dan anak juga rajin dalam menuntut ilmu yang ada disekolah maupun lingkungan sekitar.

Untuk menjadikan anak supaya menjadi anak yang pintar, tentu ada hal yang harus dipelajari dan diketahui oleh orang tua serta menerapkannya kepada sang anak. Berikut tipsnya:

-Rajin Membaca Buku

Banyak yang telah mengatakan dan beranggapaan bila buku merupakan salah satu sumber terbaik untuk memperoleh ilmu. Semua ilmu yang ada di dunia ini terdapat pada satu buku dan bila dibaca serta dipelajari maka akan memperoleh ilmu yang ada di buku itu. Membaca buku bukan hanya sebatas buku pelajaran namun juga buku yang lainnya harus di baca oleh anak-anak, misalnya saja berbagai buku ilmu pengetahuan dan sosial.

-Rajin Menulis

Anda jangan pernah melarang anak untuk menulis di dinding tembok rumah, sebab darisitulah awal mereka mengenal tulisan meski dalam bentuk coretan. Alasan mengapa anak selalu mencorat-coret tembok yaitu karena tembok lebih luas dan lebih menyenangkan untuknya. Supaya mencorat-coret tembok tidak menjadi kebiasaan anak, Anda bisa menyediakan buku dan pensil yang selalu dapat digunakan untuk di tulis oleh anak Anda. Arahkan anak ke sebuah buku yang lengkap dengan gambar yang berwarna warni. Sebab anak lebih senang meniru dibadningkan diajari setelah itu baru Anda bisa mengajarinya menulis dengan memberikan kertas kosong. Tulisan pertama yang harus anak tahu yaitu  nama dirinya sebab dengan menuliskan namanya sendiri maka akan menjadi suatu kebanggaan untuk sang anak.

-Latihan Belajar Berbagai Hal

Membiasakan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah merupakan salah satu cara supaya perkembangan otak Anak bisa terkontrol dengan baik. Pekerjaan rumah tidak selalu dari sekolah, sebagai orang tua Anda juga dapat memberikan PR untuk sang anak dengan ketentuan harus sesuai dengan pelajaran yang mereka terima di sekolah.

Tips Agar Anak Pintar Sejak Dini

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan dalam melatih dan mendidik otak anak supaya pintar sejak dini:

-Melatih anak dengan teknolgi baru yang ada.

Anda bisa memberi pemahaman tentang ilmu pengetahuan yang dia sukai yang dan bisa diterapkan menggunakan teknologi terbaru, contohnya belajar menggambar menggunakan aplikasi yang ada di komputer atau smartphone, akan tetapi Anda juga harus  tetap membatasi penggunaannya. Dengan belajar menggunakan teknologi terbaru tersebut maka anak-anak akan sangat suka dan cara berpikir mereka juga lebih baik.

-Memberikan hadiah untuk keberhasilan anak.

Hadiah yang diberikan bisa berupa benda yang dapat menunjang anak menjadi lebih semangat dalam belajarnya. Selain hadiah, anak juga harus diberi hukuman atas kesalahan yang mereka buat, contohnya saat malas belajar, lupa waktu karena terlalu banyak bermain, dan lain-lainnya. Tentu saja hukuman yang diberikan merupakan hukuman yang mendidik dan bukan hukuman yang justru membuat anak menjadi takut.

-Jangan membatasi akativitas anak.

Dalam bertindak jangan pernah Anda untuk membatasi kegiatan anak tersebut selama yang dilakukan tidak berbahaya. Anda juga harus membiarkan anak untuk mengeksplorasi kemampuan yang ada pada dirinya Sebagai orang tua, Anda hanya perlu mengawasi dan menjaganya saja. Dengan membiarkan anak seperti itu maka akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan cerdas tanpa tekanan.

-Keluarga yang harmonis.

Tempat paling menyenangkan untuk anak yang pertama kali yaitu keluarga. Anda bisa membuat suasana yang nyaman dalam rumah supaya anak dapat belajar dengan baik. Didalam keluarga anak dapat belajar dengan tanpa gangguan. Latih anak Anda dalam menggunakan otak kanan dan otak kiri dengan memberikan berbagai cara latihan.

Tips Agar Anak Pintar Di Sekolah

Cara melatih dan mendidik anak yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan metode belajar yang menyenangkan. Selain itu, jangan membuat anak tegang ketika belajar sebab itu akan percuma. Supaya anak pintar di sekolah maka Anda bisa menggunakan tips berikut ini;

-Berangkat sekolah lebih awal

Tujuan berangkat sekolah lebih awal yaitu supaya anak terbiasa melakukan sesuatu yang merupakan kewajibannya dan hal ini bisa melatih disiplin anak agar selalu tepat waktu. Begitu pula saat pulang sekolah, biasakan juga supaya anak pulang sekolah tepat waktu. Kebiasaan seperti ini akan membuat anak selalu berpikir panjang dan juga menjadi pribadi yang lebih disiplin.

-Belajar bersama

Belajar bersama tentu akan membantu perkembangan otak sang anak, dengan belajar bersama akan membuat anak mengeluarkan berbagai ide saat belajar. Belajar bersama juga akan melatih mereka menerima  kritik dan saran dan dari orang tua  maupun dari orang lain. Belajar bersama bukan  hanya dilakukan oleh orang tua dengan anak namun anak dengan teman-temannya juga merupakan  belajar kelompok bersama.

-Bertanya

Apabila anak mengalami kesulitan dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah, ajarkan kepadanya supaya banyak bertanya entah itu kepada kita sebagai orang tua maupun kepada guru yang memberikan pelajaran di sekolah. Dengan banyak bertanya memang akan membuat anak lebih mudah paham dengan apa yang mereka pelajari. Bertanya banyak hal juga merupakan tips agar anak cerdas di sekolah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*