Tiga Hal Penting yang Harus Diketahui Seputar Info Ibu Hamil 4 Bulan

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Info ibu hamil 4 bulan berikut ini setidaknya menjadi ukuran apakah janin dalam kandungan ibu sehat atau tidak. Selain itu, ibu juga bisa melihat sendiri apakah kesehatan ibu baik atau tidak. Tiga hal berikut ini memang tidak menentukan semuanya, namun setiaknya dari tiga hal berikut, ibu bisa optimis selama masa kehamilan berjalan, tidak ada hal yang perlu ibu terlalu khawatirkan.

Apa saja tiga hal penting seputar info ibu hamil tersebut?

  • Pergerakan bayi

Tahukah ibu bahwa bayi yang sudah berusia 4 bulan dalam kandungan itu sudah bisa bergerak? Bahkan, bayi juga bisa mendengar suara dari luar. Itulah mengapa dokter kandungan selalu menyarankan agar ibu sering memperdengarkan musik klasik seperti Beethoven atau musik tradisional.

Ibu bisa lihat responnya. Terkadang, bayi yang ada di dalam kandungan ibu bergerak. Itu tandanya ia mendengar musik yang ibu sedang perdengarkan. Ibu juga bisa ajak janin berkomunikasi. Yang jelas, jika janin sudah bergerak pada masa kehamilan 4 bulan, maka perkembangan janin baik.

Itulah mengapa sebaiknya ibu tidak sering mengeluarkan kata-kata yang kasar seperti mengumpat atau mendengarkan orang lain berkata yang kurang baik karena dikhawatirkan kata-kata tersebut terdengar oleh janin yang ada di dalam kandungan. Sebisa mungkin ibu menjaga perkataan yang baik. Hindari pertengkaran dengan suami. Lakukan komunikasi dengan janin secara intensif. Sesekali ibu bisa menyanyikan lagu agar janin merasa tenang dan kedekatan ibu dengan janin bisa terjalin sejak masih di dalam kandungan.

  • Kepala Janin sudah Sempurna

Salah satu info ibu hamil yang harus ibu ketahui adalah bahwa kepala si kecil sudah sempurna. Diperlukan konsultasi kehamilan secara berkala, setidaknya satu bulan sekali. Hal ini sangat penting untuk memastikan ukuran kepala janin normal.

Pasalnya, beberapa kasus yang sering terjadi adalah bayi lahir dalam keadaan kepala membesar yang disebut penyakit hidrosefalus. Terjadi penyakit tersebut karena adanya cairan pada kepala. Hal ini bisa dihindari jika ibu melakukan pemeriksaan secara berkala melalui pemeriksaan USG. Jadi, dokter akan mengukur perkembangan fisik janin tertama kepala.

  • Kulit Menghitam

Apakah kulit ibu semakin hitam? Tenang saja. Hal tersebut sangat wajar. Kebanyakan ibu yang masa kehamilannya sudah masuk usia 4 bulan memiliki kulit yang menghitam. Itu bukan tanda bahwa kesehatan ibu, terutama kesehatan kulit ibu kurang baik. Perubahan pigmen kulit itu disebabkan oleh produksi hormone yang tinggi ketika masa kehamilan 4 bulan. Jadi, ibu tidak perlu takut atau khawatir.

Biasanya, kulit bagian leher yang menjadi gelap. Apa yang harus ibu lakukan? Tidak perlu pergi ke dokter kulit atau mengaplikasikan krim pemutih. Ibu tunggu saja maka kulit ibu akan kembali seperti sediakala.

Itulah 3 tanda penting saat masa kehamilan 4 bulan. Tiga tanda tersebut menunjukkan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan, pada masa kehamilan 4 bulan ini, ibu cenderung lebih lebih ringan daripada ketika masa kehamilan muda.

Hanya saja, ibu jangan anggap remeh. Ibu tetap harus minum susu ibu hamil dan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan terdekat setidaknya satu bulan satu kali. Hal tersebut diperlukan untuk lebih memastikan janin yang ibu kandung dalam keadaan sehat. Jadi, perkaya wawasan terus menerus seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*