Tidak Semua Ikan Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

makanan baik ibu hamil www.friso.co.id

Informasi kehamilan yang satu ini benar-benar harus diketahui oleh semua ibu hamil. Pasalnya, sudah terlanjur dipahami bawasannya ikan merupakan makanan baik dan sehat bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi, terutama ikan laut. Kandungan itulah yang dibutuhkan agar perkembangan bayi di dalam kandungan lebih optimal.

Sayangnya, informasi tersebut tidak sepenuhnya benar. Tidak semua ikan itu bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu tahu apa penyebabnya?

Ikan Bisa Memperburuk Kesehatan

Ada satu catatan dari ahli kesehatan yang harus ibu ketahui. Hampir semua ikan terkena paparan merkuri.

Apa itu merkuri?

Sebenarnya merkuri merupakan unsur alami yang ada di udara dan air. Itulah mengapa ikan juga mengandung merkuri. Sayangnya, merkuri ini tidak baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Merkuri yang ada pada ikan disebabkan oleh sedimen air laut. Dan inilah yang kemudian di sebut dengan metilmerkuri, sebuah bentuk merkuri yang sangat berbahaya.

Inilah yang memunculkan sebuah kesimpulan bawasannya semua ikan mengandung merkuri. Dan merkuri ini sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Jika seorang ibu hamil mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri, maka merkuri akan masuk melalui plasenta dan kemudian diserap oleh janin. Akibatnya, janin mengalami keterlambatan dalam perkembangan.

Lebih dari itu, menurut penelitian, anak yang ketika masih di dalam kandungan mendapatkan merkuri dalam jumlah yang banyak cenderung memiliki perkembangan otak yang lambat.

Tentu saja ibu tidak ingin anak ibu mengalami hal tersebut, bukan?

Memilih Ikan Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Sepertinya tidak mungkin memiliki ikan yang tidak mengandung markuri. Yang bisa dilakukan adalah memilih ikan yang kandungan merkurinya rendah. Inilah ikan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Pihak kesehatan Amerika Serikat mencatat ada beberapa ikan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran kandungan merkurinya sangat tinggi, yaitu tilefish, hiu, swordfish, bigeye tuna, dan marlin.

Sementara itu, ibu harus tahu bawasannya kadar merkuri itu ditentukan dari habitat, lokasi, ukuran, usia, serta makanan yang dikonsumsi oleh ikan. Ibu perlu memilih ikan yang berhabitat di air tawar. Ikan air tawar cenderung memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah.

Selain itu, sebaiknya ibu memilih ikan yang masih kecil dan usianya masih muda. Semakin tua usia ikan, maka ikan tersebut semakin banyak mengandung merkuri.

Dan satu lagi. Pilihlah ikan yang bukan merupakan predator. Ikan predator (ikan yang memangsa ikan lain) memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi.

Terlepas dari itu semua, kandungan merkuri itu sebenarnya bisa dihilangan jika ibu memasak ikan tersebut benar-benar matang. Hindari memasang ikan dengan cara memanggang saja. Dan selama masa kehamilan, hindari mengkonsumsi sushi atau ikan mentah.

Jadi, kesimpulannya adalah ibu harus memilih ikan yang kandungan merkuri rendah. Selain itu, masa ikan benar-benar matang agar kandungan merkurinya hilang.

Memang ibu harus selektif dalam memilih menu makanan selama masa kehamilan. Akan tetapi, bukan berarti memilih makanan yang sehat dan baik untuk ibu hamil itu sulit ya. Ibu bisa mengambil referensi menu makanan sehat untuk ibu hamil di www.friso.co.id. Di sana banyak sekali menu makanan yang ibu bisa santap selama masa kehamilan.

Yang perlu diperhatikan adalah makanan yang sehat tapi ternyata tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini yang harus ibu waspadai.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*