Tidak Hanya Perubahan Fisik Saja Terjadi Pada Kehamilan Trimester Kedua

Friso

http://www.friso.com/

Ibu pasti sudah tahu saat kehamilan memasuki usia trimester kedua, sudah ada banyak perubahan yang terlihat. Perut semakin buncit, bergerak mulai tidak begitu leluasa, dan tubuh terasa semakin berat. Mungkin juga ibu mulai mengeluhkan kegiatan atau pekerjaan karena ibu merasa tidak kuasa lagi untuk kejar deadline seperti dahulu.

Namun, perubahan tersebut bisa ibu antisipasi dengan berbagai cara seperti membeli pakaian longgar yang nyaman, mengurangi aktivitas kegiatan, dan lain sebagainya. Atau bahkan ibu juga mulai meminta atasan ibu agar mengurangi beban kerja yang harus ibu lakukan mengingat ibu sudah tidak bisa bergerak lebih gesit seperti ketika belum hamil dan apakah ibu tahu perubahan yang sulit untuk diantisipasi?

Ada banyak sekali perubahan yang terjadi dan perubahan berikut ini yang seharusnya ibu waspadai.

Perubahan Psikis Saat Kehamilan Trimester Kedua

Yang seharusnya ibu antisipasi adalah perubahan psikis lho. Contohnya saja perubahan mood atau yang disebut dengan mood swings. Ini tidak hanya perubahan mood atau perasaan seperti biasa. Mungkin orang yang ada di sekitar ibu akan merasakan ibu menjadi seseorang yang berbeda. Tiba-tiba menjadi orang yang temperamental, sulit diajak berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Kenapa perlu diantisipasi?

Karena ternyata perubahan psikis inilah yang berpengaruh terhadap kegiatan ibu setiap hari, bukan perubahan fisik. Bayangkan jika ibu justru tiba-tiba sulit konsentrasi atau tidak bisa berkoordinasi dengan tim secara baik.

Umumnya, perubahan psikis ini disebabkan karena rasa tidak nyaman ketika hamil sudah mencapai usia trimester kedua. Bukan berarti jika ibu bukan seorang wanita karir tidak perlu mengantisipasi ya. Justru jika ibu tidak memiliki kegiatan sesibuk wanita karir lebih mudah stress dan hal tersebut sangat berpengaruh juga terhadap psikis ibu.

Apa yang Harus Ibu Lakukan?

Jika stamina ibu kurang bagus saat hamil trimester kedua, ibu bisa lebih rajin jalan santai setiap hari lalu bagaimana jika perubahan psikis membuat ibu tidak semangat?

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan. Salah satunya dengan melakukan babymoon. Waktunya jalan-jalan atau berwisata. Karena saat hamil muda ibu tidak boleh pergi ke mana-mana, saatnya ketika hamil trimester kedua ibu bisa melakukan perjalanan wisata atau yang disebut dengan babymoon. Sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi karena janin sudah mapan dan rahim sudah kuat. Jadi, ibu jalan-jalan ke luar kota.

Namun, tetap saja ibu harus tahu tips berlibur saat hamil. Ibu perlu apa saja yang ibu perlu siapkan sebelum melakukan babymoon. Cari tahu informasi selengkapnya di www.friso.com.

Tidak punya budget untuk babymoon? Ada alternatif lain untuk mengatasi perubahan psikis. Ibu bisa ikut kelas yoga ibu hamil. Saat hamil trimester kedua, ibu sudah diperbolehkan melakukan kegiatan termasuk yoga. Atau, ibu juga bisa ikut senam ibu hamil. Dengan mengeluarkan keringat, maka tubuh akan fresh, organ tubuh bisa bekerja lebih maksimal dan kejenuhan akan hilang.

Sayangnya, kabarnya tidak semua ibu hamil memang diperbolehkan untuk melakukan senam ibu hamil atau yoga hamil. Pada kondisi tertentu, mereka tidak diperbolehkan.

Untuk lebih jelasnya, ibu bisa konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan apakah tubuh ibu dalam kondisi fit sehingga boleh mengikuti yoga atau tidak.

Jika memang diperbolehkan, ibu bisa daftar di komunitas atau klub yoga ibu hamil di sekitar ibu tinggal. Atau ibu bisa praktekkan yoga sendiri di rumah dengan mengetahui gerakan apa saja yang boleh ibu lakukan. Pelajari lebih jauh tentang yoga ibu hamil di website Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*