Tes Kehamilan Terkadang Tidak Akurat, Kenapa Ya?

Friso

www.friso.co.id

Ada banyak wanita yang sudah senang karena mendapatkan kabar positif hamil. Tapi, tiba-tiba kegembiraan tersebut hilang ketika mendapati keluarnya darah haid atau menstrusi. Mereka lalu mengetahui bawasannya tes kehamilan yang mereka lakukan tidak akurat.

Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut?

Sebenarnya tidak Anda saja yang mengalami pengalaman seperti itu. Ada banyak wanita yang sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya sepertinya positif tapi ternyata tidak hamil.

Dalam hal ini, Anda harus tahu tidak semua tes kehamilan yang Anda lakukan itu memberikan hasil yang akurat. Apalagi jika Anda menggunakan test pack.

Akan lebih baik jika Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja test pack tersebut sehingga banyak wanita yang dibuat kecewa dengan test tersebut.

Cara Kerja Tes Kehamilan Test Pack

Salah satu cara yang paling dan paling populer digunakan untuk mengetes kehamilan adalah dengan menggunakan test pack. Hal ini disebabkan alatnya yang murah dan bisa didapatkan dengan mudah.

Sayangnya, banyak yang tidak mengerti betul bagaimana cara kerja test pack ini. Masyarakat awam hanya mengerti bawasannya test pack ini adalah alat yang digunakan untuk mengetahui positif hamil atau tidak.

Sebelumnya, Anda harus tahu banyak sekali merk test pack yang dijual di pasaran. Anda tahu mengapa? Karena tidak semua test pack yang diproduksi oleh pabrik itu valid. Oleh sebab itu, bisa dikatakan ketidakakuratan bisa disebabkan oleh test pack itu sendiri.

Dan satu lagi yang harus Anda ketahui. Test pack itu menurut ahli kesehatan mengecek apakah ada hormon human chorionic gonadotropin (HCG) di urin. Pasalnya, wanita yang sudah ada tanda-tanda kehamilan memproduksi hormon HCG ini dalam jumlah yang banyak. Dan jika hal tersebut terjadi, hormon tersebut bisa keluar bersamaan dengan urin walaupun dalam kadar yang rendah.

Itulah mengapa jumlah HCG yang keluar bersamaan dengan urin membuat test pack menunjukkan positif.

Namun, sekali lagi hal tersebut hanya merupakan tanda saja. Belum tentu 100% bawasannya jika test pack sudah menunjukkan tanda kehamilan maka sudah dipastikan ada janin di dalam kandungan.

Saran untuk Dipertimbangkan

Terkadang test pack juga menandakan negatif. Tapi ternyata ada janin di dalam kandungan. Apa itu artinya?

Jika dilihat dari penjelasan di atas, ada kemungkinan test pack yang digunakan kurang bagus sehingga tidak memberikan hasil yang valid.

Namun, bisa juga karena waktu pengecekan yang kurang tepat.

Sangat disarankan agar pengecekan dilakukan lima hari sebelum hari perkiraan mensruasi berikut ini. Pasalnya, jika memang ada tanda kehamilan, pada waktu tersebut tubuh Anda memproduksi hormon HCG dalam jumlah sangat tinggi. Bahkan, produksinya bisa berlipat dua kali setiap hari.

Jadi, selain menggunakan alat test pack yang bagus, Anda juga harus pertimbangkan waktu yang tepat.

Namun, tetap saja sangat direkomendasikan agar memeriksakan ke dokter. Karena hanya dengan melakukan pemeriksaan USG bisa dipastikan apakah ada janin di dalam kandungan atau tidak.

Selamat jika memang test pack yang Anda lakukan sesuai dengan hasil USG. Kini saatnya Anda menjaga kesehatan kehamilan.

Jika ini adalah kehamilan pertama, Anda perlu banyak tahu seputar tips menjaga kehamilan. Anda bisa temukan apa saja yang harus Anda lakukan dan tidak boleh dilakukan di website Friso, www.friso.co.id. Di sana terdapat informasi lengkap seputar cara agar menjalani masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*