Ternyata, Menjaga Kehamilan Anak Kedua Itu Lebih Sulit

menjaga kehamilan anak kedua www.friso.co.id

Siapa sangka jika menjaga kehamilan anak kedua jauh lebih sulit. Padahal, seharusnya tidak demikian, bukan? Karena sudah berpengalaman sebelumnya, seharusnya kehamilan kedua jauh lebih muda.

Tapi inilah yang sebenarnya terjadi. Menjaga kehamilan untuk anak yang kedua ternyata lebih sulit daripada kehamilan anak pertama. Apakah ibu tahu kenapa?

3 Hal Yang Akan Ibu Rasakan Ketika Kehamilan Anak Kedua

Mungkin jika ibu berencana untuk hamil anak kedua, ibu seharusnya tahu tentang informasi yang satu ini. Memang ibu merasa sudah berpengalaman karena sudah pernah hamil sebelumnya. Hal tersebut lantas membuat ibu merasa tidak perlu khawatir jika hamil anak yang kedua. Setidaknya ibu sudah tahu dan pernah merasakan bagaimana rasanya mengandung.

Tapi, jangan salah. Ternyata menjaga kehamilan anak kedua itu lebih berat.

  1. Lebih Melelahkan

Salah satu kendala yang ibu alami saat hamil adalah rasa lelah. Apalagi ketika kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Perubahan hormon serta perut yang semakin membesar menjadi penyebab ibu mudah merasa lelah.

Tentu saja tidak berhenti di situ saja. Rasa lelah yang berlebihan seringkali membuat seorang ibu hamil stress. Pada saat itulah ibu hamil disarankan untuk melakukan babymoon di trimeseter kedua.

Dan rasa lelah tersebut akan semakin terasa ketika ibu hamil anak yang kedua lho. Hal ini disebabkan kebanyakan ibu hamil anak yang kedua juga sekaligus harus mengurus anak yang pertama. Apalagi jika anak yang pertama baru berusia balita di mana ia baru mulai belajar berjalan dan berlari. Maka ibu perlu menyiapkan lebih banyak energi.

  1. Panggul Terasa Lebih Sakit

Ibu masih teringat seperti apa panggul ibu terasa sakit? Dan ibu akan merasakan rasa sakit yang lebih lagi ketika ibu sedang mengandung anak yang kedua. Oleh sebab itu, ibu harus tahu bagaimana cara menjaga kehamilan yang tepat khususnya untuk mengurangi rasa sakit pada panggul.

Kenapa ini bisa terjadi? Sakit pada bagian panggul akan semakin terasa disebabkan area panggul memang sudah lemah. Pada kehamilan anak pertama, area panggul sudah mengalami tekanan. Dan kini, saat ibu sedang hamil anak yang kedua, area panggul juga mengalami hal yang sama. Sayangnya, area panggul sudah tidak sekuat dulu lagi.

Itulah mengapa ibu harus bersiap-siap jika merasakan lebih sakit lagi pada bagian panggul. Mungkin ibu bisa bertanya kepada ibu hamil lainnya yang sudah memiliki pengalaman hamil anak yang kedua. Ibu bisa ikuti komunitas ibu hamil di www.friso.co.id

  1. Sering Terjadi Kontraksi Palsu

Ibu sebenarnya bisa membedakan mana yang kontraksi asli dan mana yang kontraksi palsu. Hanya saja, ketika ibu sedang mengandung anak yang kedua, ibu akan lebih sering merasakan kontraksi palsu.

Ini tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja, jika kontraksi palsu tersebut terjadi ketika masih jauh dari masa HPL, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter kandungan. Pasalnya, kontraksi bisa saja berakibat buruk bagi janin di dalam kandungan lho. Kontraksi palsu bisa menyebabkan keguguran.

Sebenarnya inilah yang menjadi alasan mengapa salah satu cara menjaga kehamilan adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan kontraksi seperti makanan yang pedas.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu ketahui tentang menjaga kehamilan anak yang kedua. Agar stamina tetap terjaga selama masa kehamilan, ibu bisa mengkonsumsi susu ibu hamil Frisomum Gold yang kaya nutrisi untuk ibu hamil. Namun, tetap saja ibu harus menjaga asupan gizi dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*