Ternyata ini Penyebab Bayi Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab bayi susah tidur Johnson's Baby Indonesia

Bayi masih saja terjaga di malam hari, membuat orang tua kebingungan apa penyebab bayi susah tidur. Rasa lelah di malam hari membuat orang tua ingin menyerah mencoba menina bobokkan si kecil, hanya bisa mampu pasrah berdoa bayi akan tidur kembali dengan sendirinya tanpa harus melalui banyak perjuangan atau mungkin berdoa agar sekedar satu malam saja ibu dan ayah bisa tidur lelap tanpa ada suara tangisan, rengekan bayi dari tempat tidurnya.

Pertama tama, perlu diketahui bahwa kesulitan bayi untuk tidur malam hari bukanlah kesahalahan anda. Kebanyakan pasangan berpikir penyebab bayi susah tidur adalah ketidak mampuan mereka dalam mengasuh anak, pikiran ini sering terbesit di kepala orang tua yang masih dalam tahap pembelajaran anak pertama mereka. Jadi, berhentilah menyalahkan diri sendiri, karena hal ini hanya akan menekan anda, membuat anda stress dan tidak akan berdampak bagus bagi perkembangan anak.

Anda lebih tenang sekarang ? bagus.

Nah, tahap satu, perhatikan pola kegiatan anak anda di siang hari. Cobalah anda hitung berapa lama anak menghabiskan waktu bermain ? apakah si kecil begitu gemar bermain sampai melupakan waktu tidur siang ? Jika ya, mungkin anda harus mulai mendidik anak untuk tidur siang. Hal ini dikarenakan, bayi membutuhkan waktu tidur lebih banyak pada masa pertmbuhan. Apabila badan bayi tidak diistirahatkan pada siang hari, besar kemungkinan energi akan benar benar habis, sehingga saat tidur ia mengalami mimpi buruk dan terjaga. Berita buruk, bayi benci hal tidak menyenangkan, dan menidurkannya kembali akan butuh kesabaran ekstra.

Tapi hati hati, bayi yang tidur terlalu banyak di siang hari juga berbahaya pada waktu malam. Karena bayi terlalu banyak beristirahat pada waktu siang, energi menjadi berlebih di malam hari, menyebabkan bayi tidak akan mau tidur, mengajak anda bermain sampai pagi. Hal ini juga perlu diwaspadai kedepan, jadwal tidur bayi akan berantakan dan tentu akan melekat sampai dengan ia dewasa.

Jika memang sudah dapat dipastikan pola tidur bayi baik baik saja, maka hal kedua yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan bayi. Bisa jadi, bayi makan atau minum sesuatu yang tanpa sengaja menimbulkan alergi. Tentu orang tua sudah paham betul bahwa alergi bukan sesuatu menggembirakan, alergi menyebabkan bayi merasa tidak nyaman, namun karena keterbatasan komunikasi, si kecil hanya bisa menangis, merengek, menolak untuk tidur hingga anda paham apa sebetulnya keluhan bayi.

Bagaimana membedakan adanya gangguan kesehatan bayi dengan masalah tidur lain? Umumnya, alergi membuat bayi kerap terkentut kentut, dan tentu saja bau tidak ampun. Atau yang paling gampang, akan muncul bintik bintik, tanda tak dikenal apapun di tubuh bayi. Tidak hanya alergi yang bisa menyebabkan gangguan tidur, pada saat peralihan dari air susu ibu ke bubur bisa juga menimbulkan ketidaknyamanan di perut bayi.

Penyebab bayi susah tidur ketiga diperuntukkan bayi yang sudah mulai tumbuh. Pada saat bayi tumbuh, ia akan mempraktekkan segala hal yang ia dengar, dan ia lihat sepanjang pertumbuhan termasuk bangun di tengah malam tanpa alasan yang jelas. Atau momen momen gigi bayi pertama akan tumbuh, bayi merasa tidak enak sehingga malas untuk beristirahat. Jika memang sudah begini, tidak banyak yang bisa diperbuat. Sabar saja sampai fase ini lewat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*