Terjadi Perubahan Sehingga Ibu Harus Tahu Tips Kehamilan Trimester Kedua

tips kehamilan trimester kedua https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Ada yang bilang saat kehamilan memasuki trimester kedua, semuanya akan lebih baik. Tidak seperti saat hamil muda.

Pada kenyataanya tidak demikian.

Karena banyaknya perubahan entah secara fisik maupun psikis ketika kehamilan trimester kedua, ibu hamil harus tahu bagaimana mengantisipasi perubahan tersebut. Mereka harus tahu tips kehamilan trimester kedua.

Memang banyak sekali keluhan kesehatan saat hamil muda. Dan janin pun rentan sekali mengalami keguguran. Itulah mengapa saat kehamilan trimester pertama atau hamil muda sudah terlewati, sepertinya keadaan semakin lebih baik.

Hanya saja, lihat juga perubahan-perubahan yang terjadi saat kehamilan trimester kedua.

Perubahan Ibu Hamil Trimester Kedua

Sebelum mengetahui tips seputar kehamilan trimester kedua, sebaiknya ibu ketahui dulu apa saja perubahan yang terjadi.

Secara fisik, perubahan yang bisa dilihat adalah bentuk tubuh. Pada saat kehamilan memasuki trimester kedua, bentuk tubuh terlihat lebih besar, terutama bagian perut.

Lebih dari itu, bagian tubuh lainnya juga semakin besar seperti paha, lengan, dan juga bokong. Itulah mengapa saat kehamilan trimester kedua, ibu hamil merasa mudah lelah. Hal ini disebabkan beratnya bertambah sangat signifikan.

Perubahan lainnya adalah perubahan pada dada. Payudara seorang ibu hamil trimester kedua membesar dan hal ini sering membuat sesak nafas.

Selain perubahan fisik, terjadi juga perubahan psikis. Dan perubahan psikis ini yang lebih diantisipasi.

Seorang wanita hamil di trimester kedua itu temperamental atau mudah sekali marah. Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh dua hal; faktor hormonal dan juga faktor keadaan. Hormone memang mempengaruhi banyak hal. Tidak hanya kesehatan seperti terjadinya mual dan muntah, tapi juga mempengaruhi mood ibu hamil. Ia mudah marah atau sering disebut dengan mood swing.

Tentu masih banyak perubahan lainnya saat kehamilan trimester kedua. Sekarang, ibu harus tahu apa saja yang harus ibu lakukan.

Tips untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Setelah tahu perubahan yang sering dialami saat kehamilan trimester kedua tersebut di atas, sekarang yuk pelajari cara jmenajga kehamilan trimester kedua.

Mulailah dengan melakukan relaksasi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengikuti yoga ibu hamil. Jika ibu tidak memiliki waktu, ibu juga bisa melakukan relaksasi sendiri di rumah.

Pada intinya, relaksasi itu merupakan kegiatan di mana ibu bisa melepas ketegangan atau stress. Hal ini akan berpengaruh pada mood. Diharapkan, dengan melakukan relaksasi secara rutin, ibu akan mudah mengatur mood setiap hari. Jadi, ibu tidak mudah murung atau marah.

Ibu suka berlibur atau berwisata? Ini saat yang tepat. Saat hamil muda, memang ibu tidak disarankan untuk berlibur apalagi keluar kota. Namun, saat kehamilan trimester kedua, ibu sudah diperbolehkan untuk keluar kota untuk berlibur.

Ini yang disebut dengan babymoon. Waktunya untuk memanjakan diri. Saat hamil muda, ibu belum diperbolehkan untuk berlibur. Begitu juga saat hamil tua. Ibu tidak usah berpikir untuk berwisata, apalagi sampai ke luar kota.

Tips untuk kehamilan trimester kedua selanjutnya adalah berhubungan dengan suami. Mungkin ibu sudah menerapkan tips ibu hamil muda di mana tidak disarankan untuk berhubungan dengan suami. Saat kehamilan trimester kedua, hal ini sudah diperbolehkan untuk dilakukan.

Melakukan hubungan dengan suami akan meningkatkan hormone bahagia. Dengan demikian, ibu akan lupa dengan hal-hal yang membuat ibu khawatir yang ternyata berpengaruh buruk juga terhadap kesehatan kehamilan.

Itulah beberapa tips yang bisa ibu terapkan. Tips tersebut sangat baik untuk dilakukan jika dilihat dari perubahan yang terjadi saat kehamilan trimester kedua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*