Temukan Berbagai Ide Belajar Sambil Bermain yang Tepat untuk Sang Si Kecil

belajar sambil bermain

Ibu pasti setuju jika balita seharusnya lebih banyak bermain. Tapi, ibu akan lebih setuju jika si keci selain bermain tapi juga belajar, bukan?

Nah, yang perlu ibu lakukan adalah mencarikan permainan yang sekaligus membuat ia belajar. Ada banyak ide belajar sambil bermain yang bisa ibu coba pilihkan. Semoga informasi berikut ini bisa membuat ibu terinspirasi seperti apa permainan yang cocok untuk sang buah hati agar ia juga sekaligus belajar hal-hal yang baru.

Bermain Flashcard

Permainan ini sudah sangat lama dipratekkan oleh para orang tua. Dan permainan ini bisa diperbaharuai sesuai dengan kebutuhan.

Permainan berupa flashcard ini akan membuat si kecil belajar tentang nama-nama sesuatu. Tergantung tema apa yang ibu pilih pada flashcard.

Ada flashcard tentang nama binatang, ragam profesi, tentang benda yang ada di dalam rumah, dan lain sebagainya.

Jika si kecil baru mulai mengenal benda-benda, sebaiknya ibu mengenalkan apa saja yang ada di dalam rumah. Dan flashcard tentang alat rumah tangga bisa membuat si kecil semakin banyak tahu nama-nama benda tersebut.

Flashcard ini akan membuat si kecil lebih mudah untuk membedakan nama benda satu dengan yang lain. Karena flashcard ini biasanya dilengkap dengan gambar dan juga nama benda tersebut.

Dalam hal ini, kreativitas ibu dibutuhkan. Silakan ibu mencari inspriasi permainan apa yang bisa ibu dan si kecil mainkan. Apakah tebak gambar, mencocokkan nama dan gambar jika anak sudah mengenal tulisan, dan lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir karena ada banyak situs yang menyediakan flashcard bergambar dan warna yang membuat anak tertarik. Ini merupakan salah satu ide belajar sembari bermain yang sangat menarik.

Mewarnai

Seringkali orang tua tidak suka jika anak mewarnai. Hal ini disebabkan permainan tersebut akan membuat lantai serta dinding kotor. Karena tidak jarang anak tidak hanya mewarnai buku bergambar tapi juga beberapa sudut di rumah.

Namun, hal tersebut seharusnya tidak menjadikan alasan sehingga ibu melarang si kecil bermain sambil belajar mewarnai, bukan? Justru ibu harus memberikan penjelasan bawasannya si kecil tidak boleh corat-coret di dinding atau di lantai.

Permainan berupa mewarnai ini sangat baik untuk mengembangkan kemampuan motorik anak. Bahkan, mewarnai dianggap sebagai tahap awal yang baik sebelum si kecil belajar menulis. Hal ini disebabkan anak sudah terbiasa memegang pensil dan tangannya sudah bisa menggerakkan pensil. Ini langkah yang tepat sehingga anak ibu akan lebih mudah menulis suatu saat ini.

Lebih dari itu, anak juga secara tidak langsung belajar tentang berbagai warna. Bukankah ini sangat baik untuk si kecil?

Permainan Balok

Untuk mengasah kemampuan otak serta motorik anak, ibu juga bisa memilihkan permainan yang satu ini, yaitu bermain balok.

Hanya saja, ibu harus pastikan si kecil sudah mencapai usia setidaknya 3 tahun. Permainan ini akan sangat sulit untuk dilakukan oleh balita usia 2 tahun.

Permainan balok ini tidak hanya permainan biasa. Ini juga ajang belajar bagi anak untuk memutuskan balok mana yang tepat untuk digunakan terlebih dahulu. Dan menyusun balok juga akan meningkatkan kecerdasannya.

Ibu bisa pilih salah satu atau semua ide permainan sambil belajar tersebut di atas. Semoga anak ibu bisa berkembang lebih baik dan ia tumbuh menjadi anak yang aktif dan juga cerdas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*