Tempat Berkembangnya Nyamuk Demam Berdarah Yang Tidak Banyak Orang Sadari

nyamuk demam berdarah www.ibudanbalita.com

Jika ibu memiliki bayi, maka hukumnya wajib untuk mengetahui informasi yang satu ini, yaitu tentang tempat di mana nyamuk demam berdarah mudah sekali berkembang.

Sayangnya, tempat tersebut tidak banyak diketahui banyak orang.

Apa Yang Ibu Ketahui Tentang Nyamuk Demam Berdarah?

Silakan ibu membuat daftar tentang apa yang ibu ketahui tentang nyamuk demam berdarah. Kebanyakan akan menjawab nyamuk tersebut berkembang di dalam genangan air seperti selokan dan juga kamar mandi.

Memang benar jika nyamuk demam berdarah berkembang di nyamuk tersebut. Hal tersebutlah yang membuat pakar kesehatan lingkungan selalu mengkampanyekan agar selalu menjaga kesehatan sekitar rumah.

Lebih dari itu, ketika musim hujan tiba di mana nyamuk mudah berkembang, usahakan agar tidak banyak genangan air di dalam rumah. Bak kamar mandi pun sebaiknya lebih sering dikuras. Jika perlu, di dalam bak kamar mandi ditaburi dengan obat pembasmi nyamuk demam berdarah.

Sudah cukupkah hal tersebut? Pada kenyataannya tidak.

Tempat Berkembangnya Nyamuk Demam Berdarah

Apakah ibu tahu jika nyamuk demam berdarah suka bertempat di air yang bersih? Ini faktanya. Nyamuk tersebut berkembang biak di air bersih. Jentik-jentik nyamuk akan menetas dan menjadi nyamuk demam berdarah.

Jika tempat yang mereka sukai adalah air yang bersih, mana kira-kira yang berpotensi? Tentu saja bak kamar mandi.

Selain itu, nyamuk juga bisa berkembang biak di genangan air di bawah dispenser. Ibu mungkin tidak berpikir jika tempat ini juga bisa dijadikan tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.

Selain itu, jika di dalam rumah terdapat vas bunga yang berisikan air dan juga kolam ikan, maka rumah ibu berpotensi sekali menjadi tempat berkembangnya nyamuk demam berdarah. Kasian sekali jika si kecil terkena gigitan nyamuk tersebut.

Setidaknya informasi ini membuat ibu menjadi lebih tahu ternyata banyak sekali tempat yang tidak ibu duga yang ternyata dijadikan tempat nyamuk berkembang biak.

Mencegah Nyamuk Berkembang Biak

Setidaknya ada dua catatan yang harus ibu ketahui.

  • Nyamuk suka dengan tempat yang gelap
  • Nyamuk berkembang biak di air yang bersih

Dengan bermodalkan pengetahuan tersebut, ibu bisa melakukan pencegahan agar nyamuk tidak berkembang biak. Bagaimana caranya?

Yang pertama, ibu siapkan wadah di mana ibu bisa menuangkan air bersih. Lalu, masukkan obat pembunuh jentik-jentik nyamuk ke dalam air tersebut.

Selanjutnya, ibu bisa menaruh wadah yang sudah diisi dengan air dan dicampur dengan obat pembasmi jentik nyamuk ke tempat yang gelap seperti bawah tempat tidur, di pojok kamar bagian belakang, di depan rumah, dan lain sebagainya. Ini seolah menjadi perangkap agar jentik bisa ditaruh di wadah tersebut dan akhirnya jentik langsung mati.

Sangat sulit untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Namun, ibu bisa membasmi jentiknya agar tidak menjadi nyamuk. Ini cara pencegahan nyamuk demam berdarah yang sangat efektif.

Lalu, bagaimana jika si kecil sudah terkena demam berdarah? Lakukan tindakan pertama berupa pemberian ASI jika usianya masih di bawah 6 bulan dan memberikan menu makanan dan minuman yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi di atas 6 bulan.

Memberikan susu Frisian Flag sangat penting untuk balita mengingat kandungan probiotiknya sangat tinggi. Kandungan inilah yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga tubuhnya akan melakukan penyembuhan sendiri.

Namun, yang pasti, jika demam begitu tinggi, ibu sebaiknya meminta pertolongan dari dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang cepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*