Tauge, Solusi Jika Balita Mengalami Masalah Pencernaan

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita

Bolehkah balita mengkonsumsi menu makanan yang terbuat dari tauge? Tidak hanya boleh tapi ternyata disarankan.

Bahkan, tauge bisa dijadikan sebagai obat masalah perncernaan lho.

Selama ini, tauge sering dikonotasikan dengan kejantanan. Ada yang bilang tauge itu bisa membuat seorang pria lebih subur. Dan sering juga seorang laki-laki disarankan mengkonsumsi tauge agar segera mendapatkan momongan.

Mungkin itu juga informasi yang ibu selama ini ketahui.

Sekarang, pengetahuan ibu semakin bertambah setelah ibu tahu ternyata tauge juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Bagaimana Tauge Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika ada manfaat dari suatu makanan, ibu pasti ingin tahu kenapa hal tersebut terjadi. Ibu akan cari tahu kandungan apa yang ada pada makanan tersebut.

Dan ini pula yang ibu lakukan. Ibu bertanya kandungan apa yang ada pada tauge sehingga bisa mengatasi masalah pencernaan pada balita.

Salah satu kandungan pada tauge adalah vitamin B. Kandungan inilah yang akan mengobati masalah yang terjadi pada sistem pencernaannya.

Vitamin B merupakan kandungan yang memang memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Dan beruntung sekali ternyata tauge juga mengandung vitamin B dalam kadar yang sangat tinggi.

Jadi, cocok sekali jika makanan yang mengandung vitamin B ini dijadikan menu untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan si kecil.

Apalagi Manfaat dari Tauge?

Karena kandungan vitamin B nya yang sangat tinggi, tentu ada manfaat lain selain memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh.

Ibu bisa cari tahu beberapa referensi tentang apa manfaat dari vitamin B. Selain memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh, ternyata vitamin B ini juga berangsang perkembangan otak balita. Jadi, bisa dikatakan tauge ini juga berperan penting untuk mencerdaskan balita ibu.

Lebih dari itu, kandungan omega 3 di dalam tauge (walaupun jumlahnya tidak begitu banyak) juga menjadi alasan lain kenapa tauge bisa mencerdaskan otak balita. Seperti yang ibu ketahui, omega 3 merupakan kandungan yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja otak. Jadi, tidak salah jika ibu memberikan si kecil menu makanan yang salah satu bahannya adalah tauge.

Tentu masih banyak lagi manfaat dari tauge ini yang perlu ibu ketahui. Ibu bisa ketahui lebih jauh tentang kandungan serta manfaat tauge di ibudanbalita.

Menu Makanan Terbuat dari Tauge

Ada banyak sekali menu makanan yang salah satu bahan dasarnya adalah tauge. Sayangnya, tidak semua menu makanan tersebut cocok untuk diberikan kepada si kecil.

Salah satu menu yang cocok untuk balita ibu adalah tahu isi, yaitu tahu yang diisi dengan sayuran seperti tauge dan juga kubis. Ini merupakan menu makanan mengenyangkan sekaligus sehat. Karena tahu mengandung protein sementara banyak nutrisi lainnya yang terkandung di dalam sayuran yang dijadikan sebagai isi tahu tersebut.

Selain itu, ibu bisa membuatkan menu pecel. Pecel ini merupakan makanan khas Jawa. Biasanya pecel ini terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, bayam, kubis, dan juga tauge. Sementara itu, saus yang digunakan adalah saus yang terbuat dari kacang tangan yang dicampur dengan gula jawa, sedikit cabai, bawang putih, serta garam.

Karena ada cabai, sebaiknya ibu membuatkan menu pecel ini dengan sedikit cabai saja, atau tanpa cabai agar si kecil tidak kepedasan.

Tentunya ibu bisa berkreasi menu makanan lainnya.  Yang pasti, tauge merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*