Tanda-Tanda Si Kecil Tumbuh Gigi

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Salah satu momen paling ditunggu adalah ketika si kecil tumbuh gigi. Tapi, ada hal yang kurang menyenangkan ketika gigi si kecil baru mulai tumbuh. Kadang orang tua selalu membuka mulut bayi untuk mengetahui apakah si kecil sudah tumbuh gigi apa belum. Dan ketika sudah terlihat ada warna putih pada gusi si kecil, setiap orang tua pasti akan sangat gembira.

Akan tetapi, ibu harus siap karena ada beberapa hal yang akan membuat ibu repot sendiri ketika gigi si kecil tumbuh.

Merengek Tanpa Sebab

Rewel. Itu yang paling sering terjadi ketika gigi tumbuh. Padahal, si kecil pada waktu itu belum bisa berkomunikasi. Ia hanya bisa merengek untuk mengekspresikan banyak hal, mulai dari rasa haus, lapar, tidak nyaman, mengantuk, dan juga kesakitan. Ekspresinya sama. Rewel.

Dan ketika ia merasa kesakitan saat gigi tumbuh, ia biasanya rewel. Sayangnya, sebagai orang tua, ibu kebingungan karena merasa tidak ada suatu hal yang membuatnya rewel.

Ibu bisa cek mulut si kecil barangkali memang ada gigi yang tumbuh.

Susah Makan

Sedih sekali pastinya jika anak susah makan. Dan ini merupakan salah satu tanda si kecil tumbuh gigi.

Susah makan memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena bosan dengan menu makanan yang biasa, mengalami radang, sakit perut, dan lain sebagainya.

Tapi, yang paling mudah untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan membuka mulut si kecil. Jangan-jangan giginya tumbuh sehingga ia merasa perih dan akhirnya susah makan.

Tidak Bisa Tidur Pulas

Mungkin si kecil tidak begitu merasakan perih ketika gusi sedikit bengkak karena gigi tumbuh di siang hari. Hal ini disebabkan ia beraktivitas dengan riang gembira.

Lain hal jika di malam hari. Ketika ia tidur di malam hari, ia merasakan perih pada bagian mulut. Pada saat itulah ia akan sering terbangun. Tidurpun terganggu. Ia sulit tidur dengan pulas seperti biasanya.

Keluar Air Liur

Dari sekian banyak tanda bayi tubuh gigi, keluar air liur menjadi tanda yang paling mudah untuk dilihat.

Keluarnya air liur ini hal yang sangat wajar. Produksi air liur memang meningkat ketika gigi bayi tumbuh. Umumnya, hal ini terjadi hingga beberapa hari sampai gigi sudah tumbuh sempurna.

Tidak ada yang bisa ibu lakukan selain selalu membawa tissue untuk membersihkan mulut ketika air liurnya keluar.

Diare

Tanda yang satu ini memang tidak sering terjadi. Akan tetapi, ada beberapa bayi yang mengalami diare setiap kali tumbuh gigi.

Namun, harus menjadi satu catatan penting bawasannya tidak semua diare itu disebabkan oleh tumbuh gigi ya. Saat si kecil diare, ibu harus cari tahu apakah ada penyebab lainnya seperti makanan yang kurang higienis, system immune yang lemah, dan lain sebagainya.

Yang membuat ibu sangat sedih ketika si kecil susah makan ketika tumbuh gigi. Jika hal ini terjadi berlarut-larut, berat badan si kecil akan menurun.

Tentu saja ibu harus melakukan langkah antisipasi agar ia mau makan walaupun merasakan perih ketika gigi tumbuh. Ada beberapa tips di website ibu dan balita, www.ibudanbalita.com yang bisa ibu terapkan agar si kecil tetap mau makan dengan lahap saat gigi tumbuh.

Yang pasti, ibu harus selalu ada ketika si kecil sedang melewati masa sulit tersebut. Biasanya rasa sakit tersebut terasa pada saat gigi awal tumbuh. Ibu juga harus hati-hati karena bukan tidak mungkin si kecil akan mengalami demam saat giginya tumbuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*