Tanda di Mana si Kecil Bisa Mulai Diajarkan Toilet Training

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Banyak orang tua yang bertanya pada usia berapa si kecil bisa mulai diajarkan toilet training. Jawabannya berbeda-beda. Tidak sedikit juga bayi yang baru berusia 1,5 tahun tahu kapan ia ingin buang air kecil atau buang air besar. Hanya saja, kebanyakan memang balita usia di atas 1,5 tahun dan bahkan 2 tahun baru bisa mulai melakukan toilet training.

Ukurannya sebenarnya bukan usia balita. Ini seperti halnya perkembangan balita. Setiap balita memiliki kecepatan dalam perkembangan yang berbeda-beda, bukan?

Oleh sebab itu, yang seharusnya ibu lakukan bukan melihat berapa usia si kecil sehingga ibu bisa mulai mengajarkan toilet training tapi lihatlah seberapa siap si kecil belajar toilet training.

Ada beberapa tanda di mana balita ibu bisa mulai diajarkan toilet training. Berikut beberapa tanda tersebut.

  • Terlihat Ekspresi Sebelum BAK atau BAB

Coba ibu perhatikan lagi. Apakah si kecil menunjukkan ekspersi tertentu sebelum BAK atau BAB?

Biasanya balita berusia 1 tahun ke atas sudah menunjukkan ekspresi tertentu ketika ingin BAB. Jika sudah ada ekspresi tersebut, ibu bisa sesekali bertanya kepada si kecil apakah ia ingin BAK atau BAB. Semakin ibu sering bertanya ketika ia ingin BAK atau BAB, maka ia akan semakin terbiasa dan akhirnya tahu kapan seharusnya ia bisa mengatakan kepada ibu kalau ia ingin BAK atau BAB.

  • BAK Bisa Diprediksi

Balita itu berbeda dengan bayi. Bayi sama sekali tidak bisa mengontrol air seni. Sementara itu, balita sudah bisa mengontrol walaupun tidak sepenuhnya. Setidaknya balita sudah tidak lagi BAK setiap 10 atau 15 menit. Apalagi jika ibu sudah bisa memperdiksi berapa jam sekali si kecil BAK. Maka pada saat itulah ibu bisa mencoba mengajari si kecil tentang toilet training.

  • Popok Kering Di Malam Hari

Ini tanda yang paling penting. Dan jika tanda ini sudah ada, maka ibu sudah siap untuk mengajarkan si kecil toilet training.

Di malam hari saat terlelap, otomatis si kecil tidak bisa mengendalikan BAK. Namun, jika di pagi hari ibu buka popoknya dan masih kering, itu tandanya balita sudah bisa menahan BAK walaupun ketika tidur. Pada saat itulah ibu bisa mulai mengajarkan toilet training.

  • Balita Bisa Melepaskan Celana Sendiri

Terkadang balita belum bisa mengatakan kalau ia ingin BA atau BAB. Namun, ada reaksi yang menunjukkan ia ingin BAK atau BAB. Contohnya saja melepaskan celana sendiri. Ini artinya balita ibu sudah bisa merasakan kapan ingin BAK atau BAB.

Pada intinya, bukan usia yang membuat si kecil siap untuk belajar toilet training karena kondisi setiap balita itu berbeda-beda.

Lihat apakah sudah ada tanda-tanda di mana balita sudah bisa mulai belajar toilet training atau belum.

Akan lebih baik lagi jika ibu lebih dulu lebih intensif untuk mengajarkan si kecil bicara. Setidaknya ia bicara mengatakan satu atau dua kata walaupun tidak jelas di mana kata tersebut menunjukkan apa yang ia inginkan.

Dalam hal ini, ibu bisa menerapkan tips mengajarkan bicara kepada balita. Atau ibu bisa ikuti diskusi para orang tua di www.friso.co.id. Di sana, para anggota membahas tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ibu bisa bertanya atau share pengalaman serta informasi penting. Jadi, ada banyak hal juga yang bisa ibu pelajari jika ibu bergabung dengan komunitas tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*