Tanda Bayi Mungkin Akan Lahir Prematur

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com

Semoga saja bayi ibu tidak lahir dalam keadaan prematur. Karena sulit sekali melakukan perawatan bayi prematur, entah itu setelah melahirkan atau setelah beberapa hari melahirkan.Yang pasti, perawatan bayi prematur harus sangat ekstra. Tidak seperti merawat bayi yang lahir dalam keadaan normal dan sehat.

Tentu saja doa ibu pun demikian. Bayi ibu lahir dalam keadaan sehat dan tidak prematur mengingat kebanyakan bayi prematur tidak bisa bertahan hidup ketika sudah dilahirkan.

Sekarang, ibu perlu mengetahui apa saja tanda-tanda yang muncul yang menunjukkan bayi ibu mungkin akan lahir secara prematur.

Tanda Bayi Prematur Sejak Masih Di Dalam Kandungan

Setidaknya ada tiga tanda yang bisa ibu ketahui di mana tanda tersebut mungkin penanda bayi akan lahir dalam keadaan prematur.

1. Kontraksi yang Berlebihan

Sebenarnya wajar jika ibu mengalami kontraksi. Hal tersebut bisa disebabkan karena zat yang terkandung di dalam makanan atau memang kontraksi tersebut dilakukan oleh bayi yang ibu kandung.

Hanya saja, ibu harus waspada jika kontraksi tersebut terjadi saat hamil muda. Kontraksi sangat diharapkan ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga. Itupun kontraksinya tidak berlebihan.

Ciri-ciri kontraksi yang berlebihan adalah gerakan yang luar biasa keras dari dalam perut di mana hal tersebut terjadi sangat sering. Jika kontraksi ibu rasakan setiap satu jam sebanyak lima kali atau bahkan lebih, itu artinya ada hal yang perlu ibu khawatirkan.

Gerakan yang dilakukan oleh bayi itu menunjukkan bawasannya bayi sehat. Agar ibu lebih tahu tentang gerakan wajar yang dilakukan oleh bayi ketika masih ada di dalam rahim, ibu bisa simak penjelasan di www.ibudanbalita.com.

2. Vagina Sangat Lembab

Vagina selalu mengeluarkan cairan. Namun, jika cairan yang keluar terlalu banyak, bisa jadi itu adalah tanda bayi akan lahir secara prematur. Apalagi jika masa kelahiran masih jauh. Jika vagina mengeluarkan cairan terlalu banyak, sebaiknya ibu segera konsultasikan dengan dokter kandungan.

Jika ibu tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat praktek dokter kandungan, ibu bisa gunakan fasilitas konsultasi kehamilan secara online yang disedikan oleh ibu dan balita terlebih dahulu.

3. Punggung Terasa Sakit

Jika kehamilan mencapai usia trimester ketiga, sudah bisa dipastikan punggung akan merasakan nyeri. Hal tersebtu disebabkan perut semakin membesar dan berat.

Akan tetapi, jika rasa nyeri tersebut begitu parah dan ibu sudah melakukan berbagai cara tapi tetap saja merasakan nyeri tersebut, ada kemungkinan itu tanda bayi akan lahir dalam keadaan prematur.

Semoga saja bayi ibu lahir normal sesuai dengan prediksi waktu lahir sesuai dengan hitungan dokter atau bidan.

Mencegah Bayi Lahir Prematur

Kekuasaan memang di tangan Tuhan. Namun, ibu bisa melakukan antisipasi agar resiko bayi lahir prematur bisa dihilangkan. Dan itu ada caranya. Ada ikhtiar yang bisa ibu lakukan.

  • Menjaga Kesehatan

Hal yang sangat klise, bukan? Tapi, tidak sedikit ibu hamil yang menyepelekan hal ini. Ibu hamil tidak hanya cukup dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi saja, tapi harus mengkonsumsi susu ibu hamil.

  • Konsultasi Secara Rutin

Sekarang fasilitas kesehatan semakin mudah dijangkau. Apalagi ibu bisa berkonsultasi secara online. Jadi, ibu bisa konsultasikan apa yang ibu rasakan atau keluhan apa yang ibu alami dengan mengunjungi situs ibu dan balita.

Dua hal tersebut jika ibu lakukan secara maksimal, maka bayi akan berkembangan baik dan resiko bayi lahir prematur bisa diantisipasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*