Tanda Awal Kehamilan Tapi Belum Pasti Positif Hamil

tanda awal kehamilan https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Yakin positif hamil? Meskipun kelihatannya benar-benar hamil, belum tentu lho jika belum melakukan pemeriksaan USG.

Agat tidak kecewa, ibu sebaiknya datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Jangan percaya dengan tanda kehamilan saja. Karena banyak tanda awal kehamilan yang ternyata tidak valid.

Bagaimana dengan menggunakan testpack? Untuk alat yang satu ini, tingkat kevalidannya cukup tinggi. Hanya saja agar lebih mantap, lakukan pemeriksaan USG.

Mungkin ibu tahu beberapa tanda kehamilan yang muncul. Tapi, jangan percaya 100% karena tanda-tanda tersebut belum tentu benar.

Banyak wanita yang akhirnya kecewa. Mereka kecewa karena sudah senang merasa sedang hamil tapi ternyata tidak. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya jangan terlalu yakin dulu bahwa sedang hamil meskipun tahu ada tanda-tanda kehamilan muncul.

Untuk lebih jelasnya, ibu bisa baca keterangan berikut ini, yaitu tentang tanda-tanda kehamilan namun belum pasti. Hanya saja memang banyak wanita yang pada awal kehamilan melihat ada tanda-tanda di bawah ini.

Morning sickness

Banyak orang yang bilang jika wanita mual di pagi hari, itu awal tanda kehamilan. Mual tersebut sering disebut dengan morning sickness. Akan tetapi, apakah ibu yakin mual tersebut tanda kehamilan? Bagaimana jika ternyata mual yang ibu alami karena ada masalah dengan sistem pencernaan? Atau barangkali ibu mual karena sedang kurang enak badan?

Jadi, banyak kemungkinan penyebab mual yang ibu alami. Mual tidak pasti tanda kehamilan. Mungkin juga ibu merasa mual karena mengkonsumsi makanan tertentu.

Selain mual, muntah juga termasuk morning sickness. Hal ini bisa karena produksi hormone yang meningkat di mana keadaan ini diperparah dengan konsumsi minuman seperti susu ibu hamil atau makanan yang berlemak.

Seperti halnya mual, tidak semua wanita yang muntah menjadi tanda kehamilan. Ini yang harus iu ketahui.

Spotting

Spotting disebut juga dengan bercak darah. Ketika masa kehamilan baru beberapa hari, maka akan muncul bercak darah. Biasanya menempel pada celana dalam. Bercak darah keluar dikarenakan implantasi calon janin pada dinding rahim.

Akan tetapi, tidak jarang bercak darah tersebut ternyata darah haid. Jadi, bukan karena hamil, tapi darah tersebut darah menstruasi atau darah haid. Apalagi darah haid dan juga darah tanda kehamilan sekilas sangat mirip.

Telat Datang Bulan

Ini yang sering dijadikan tanda kehamilan. Ketika seorang wanita telat datang bulan hingga beberapa hari bahkan sampai satu minggu lebih, ia menganggap dirinya sedang hamil.

Padahal telat datang bulan tidak hanya menjadi tanda awal masa kehamilan lho. Telat datang bulan juga bisa disebabkan karena stress. Mungkin saja wanita stress karena tidak segera hamil. Akibatnya ia mengalami telat datang bulan.

Membesarnya Payudara

Pada awal kehamilan, kebanyakan payudara wanita semakin kencang dan besar. Hal ini dikarenakan kelenjar susu mulai muncul untuk persiapan memproduksi ASI. Jadi, ASI itu diproduksi ketika awal kehamilan, yaitu pada kehamilan trimester pertama. Sayangnya, membesarnya payudata tidak pasti menjadi tanda kehamilan.

Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Pertama ibu bisa melakukan tes kehamilan sendiri dengan menggunakan testpack. Pastikan ibu menggunakan testpack yang valid ya. Untuk meyakinkan lagi, ibu bisa datang ke bidan atau ke dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan USG. Karena dengan pemeriksaan USG, bisa dipastikan apakah ada calon janin yang ada di rahim atau tidak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*