Tanda Awal Kehamilan Ini Bisa Ibu Rasakan Di Minggu-Minggu Pertama

tanda awal kehamilan https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Kini banyak wanita yang tidak langsung percaya dengan terlambat bulan sebagai tanda kehamilan. Karena banyak juga dari mereka yang terlambat bulan hingga 1 sampai 2 minggu tapi tiba-tiba hasilnya negatif.

Karena memang siklus menstruasi bisa berubah-ubah. Dan kebanyakan wanita saat ini memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini disebabkan pola hidup yang kurang sehat.

Terlalu capek dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat disinyalir juga menjadi penyebab siklus menstruasi yang berubah.

Untuk itu, kurang tepat jika hanya menggunakan faktor terlambat bulan untuk mengetahui apakah ibu hamil atau tidak.

Melakukan pemeriksaan USG? Jelas ini cara yang paling tepat. Tapi, sebelum pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan USG, berikut ini ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa ibu rasakan walaupun masa kehamilan baru menginjak usia 1 atau dua minggu.

Payudara Terasa Sakit

Tanda yang satu ini yang paling banyak dirasakan. Terdengar seperti keluhan tapi ini bisa jadi pertanda baik lho.

Ada hubungan antara munculnya janin dengan payudara yang terasa sakit. Ternyata, Tuhan telah melakukan setting otomatis di mana ketika ada janin di dalam rahim, tubuh ibu akan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan bayi. Salah satunya melakukan persiapan memproduksi ASI.

Meskipun masih berupa janin, kelenjar ASI sudah mulai bekerja untuk melakukan persiapan memproduksi ASI. Itulah mengapa ibu akan merasakan sakit pada bagian payudara. Payudara akan semakin kencang.

Muncul Bintik-Bintik

Selain payudara yang terlihat semakin kencang, muncul juga bintik-bintik. Walaupun tidak semua ibu hamil akan melihat tanda ibu hamil yang satu ini, tapi umumnya akan ada bintik-bintik pada payudara.

Puting Berubah Warna

Tanda kehamilan yang satu ini mungkin tidak ibu sadari. Tapi coba perhatikan. Jika payudara terasa lebih kencang dan ibu menganggp itu adalah tanda-tanda kehamilan, ibu akan semakin yakin jika warna puting semakin menghitam.

Jerawat Di Mana-Mana

Jika selama ini ibu jarang sekali memiliki wajah berjerawat, ketika hamil, akan muncul jerawat. Tidak hanya di wajah, terkadang ada juga jerawat di bagian punggung.

Ada hubungan antara munculnya jerawat dengan kehamilan. Seorang ibu hamil akan memproduksi hormone yang lebih banyak. Pada saat itulah organ tubuh bekerja lebih keras. Dan jika tidak diimbangi, maka yang terjadi adalah keluhan kesehatan seperti munculnya jerawat di wajah dan di punggung.

Tentu saja jerawat ini pertanda baik karena kemungkinan ibu sedang hamil. Jadi, ibu tidak boleh kesal jika ada banyak jerawat di wajah. Seharusnya ibu bahagia, kan?

Perut Sakit

Ini juga yang akan sering ibu rasakan di awal kehamilan. Perut terasa melilit. Hal ini disebabkan janin mulai menempel pada dinding rahim. Ada lapisan pada dinding rahim yang terlepas sehingga ibu akan merasa sakit pada bagian perut.

Rasa sakit ini akan ibu rasakan hingga janin sudah benar-benar menempel ada rahim secara sempurna. Rasa sakit ini terkadang juga dibarengi dengan munculnya bercak merah dari vagina. Bercak itulah yang disebabkan ada bagian yang luntur ketika proses pembuahan atau ketika janin menempel pada Rahim.

Dari sekian banyak tanda kehamilan tersebut di atas, manakah yang ibu rasakan? Jika ada dua atau tiga tanda kehamilan yang muncul, sebaiknya ibu segera melakukan tes kehamilan dengan test pack atau langsung melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*