Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan Tiap Bulan

Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan

www.johnsonsbaby.co.id

Kehamilan merupakan amanah dari Tuhan kepada Ibu agar menjaga janinnya menjadi seorang bayi manusia yang sehat dan kuat untuk dilahirkan ke dunia. Anugerah ini membuat para Ibu tak sabar menanti kelahiran buah hati dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk memaksimalkan Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan. Banyak hal yang dilakukan Ibu untuk mempersiapkan kehadiran si Kecil, hingga tak terasa janin yang asal usulnya dari pertemuan sel sperma dan ovum itu semakin tumbuh menjadi manusia seutuhnya. Berikut ini Tahapan Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan.

Trimester pertama pada bulan pertama kehamilan, kantung kehamilan terbentuk untuk melindungi janin dari air ketuban. Selain itu, di bulan pertama ini juga mulai terbentuk plasenta yang berfungsi menyalurkan makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya.

Memasuki bulan kedua, dan wajah janin mulai terbentuk, mulai tampak pula calon lengan, kaki, dan jari-jemarinya. Selain itu, sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia kehamilan bulan ke-2 ini.

Pada bulan ketiga Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan semakin jelas, dengan tanda-tanda hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh bayi. Kaki dan tangan janin Anda mulai dapat menekuk dan mulai pula terbentuk kuku. Anggota tubuh janin Anda sudah terbentuk hampir lengkap pada saat ini. Ia kini dapat menendang, bergerak bahkan cegukan. Jemari tangan kini sudah dapat membuka dan menutup, jemari kaki dapat menekuk dan mulut akan bergerak seperti sedang menghisap sesuatu.

Trimester kedua, bulan keempat kehamilan adalah awal terjadinya pembentukan dasar organ-organ penting dalam tubuh pada janin, seperti pada bagian-bagian tubuh ini yakni, tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas. Masa ini masa ideal Anda untul melakukan pemeriksaan USG.

Bulan kelima janin Anda semakin pintar menggerakan sendinya, sehingga tidak heran kini ia senang menekuk lengan dan kakinya serta menendang perut ibunya. Pada bulan ini juga, kepala janin sudah mulai ditumbuhi rambut halus, begitupun denga tangan dan kakinya.

Akhir trimester kedua yakni dibulan keenam, janin akan mencapai panjang sekitar 12 cm dengan berat kurang lebih 900 gram. Anda akan bisa merasakan lebih banyak gerakan karena di fase ini janin mulai bisa cegukan. Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan ditandai oleh berkembangnya sistem pendengaran, penglihatan,

penciuman dan pengecapan janin, sehingga ini adalah waktunya bila Anda ingin mengobrol atau memperdengarkan musik pada janin Anda

Trimester ketiga, bulan ketujuh kehamilan merupakan masa pesat bagi janin Anda untuk tumbuh dan berkembang. Janin sudah dapat merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Dia juga sudah dapat merasakan adanya cahaya. Semakin besarnya janin Anda membuat Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi.

Bulan kedelapan, cadangan lemak pada kulit janin semakin banyak sehingga kulit janin tidak keriput lagi. Perkembangan otak janin sedang sangat bertumbuh hingga kepala janin akan membesar dengan cepat, si Kecil semakin sering menendang-nendang perut Anda.

Memasuki bulan ke sembilan, perkembangan janin semakin matang. Si Kecil sudah bisa mengerjapkan mata, menggerakkan kepala, dan posisinya mulai berubah untuk persiapan kelahiran. Di tahap ini, umumnya berat janin antara 3 hingga 3,2 kg dengan panjang 46 sampai 51 cm. Di bulan ini, Anda akan semakin dekat dengan proses persalinan, sehingga siapkan mental dan fisik Anda.

Demikianlah Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan Tiap Bulan ini, Anda dapat perhatikan dan pahami lebih lanjut untuk menjadi acuan perkembangan sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*