Tahap Perkembangan Janin dalam Kandungan

perkembangan janin dalam kandungan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

Perkembangan janin dalam kandungan sering ingin diketahui oleh beverapa ibu hamil. Hal ini untuk memastikan keadaan janin yang dikandungnya dalam kondisi baik. Sebagian dari mereka setiap bulannya rutin melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan. Tentunya dalam tahap melakukan pemeriksaan perkembangan janin memerlukan biaya yang cukup mahal. Dengan mengerahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan Ibu bisa membayangkan bagaimana kondisi bayi yang ada di dalam kandungan.

Artikel berikut ini akan membahas tahap perkembangan janin dalam kandungan. Tahap perkembangan janin ini dimulai pada fase bulan pertama hingga bulan ke sembilan. Berikut perkembangan janin dari fase- ke fase.

  1. Perkembangan janin dalam kandungan 1 bulan

Pada tahap ini perkembangan janin dimulai dengan terbentuknya kantung kehamilan yang berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Pada usia 1 bulan ini juga mulai terbentuk plasenta. Plasenta memiliki fungsi untuk menyalurkan makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya. Selain itu jga pada fase bulan pertama ini sudah mulai terjadi sirkulasi darah pada tubuh janin tersebut.

  1. Perkembangan janin 2 bulan

Pada tahap perkembangan janin pada usia ke dua ini bayi sudah mulai mengalami perkembangan wajah yang sudah terbentuk. Bagian bakal telinga sudah mulai tampak. Seiring itu uga sudah mulai tampak pula calon lengan, kaki dan jari jemarinya. Selain itu juga sistem syaraf pusat atau otak syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga sudah mulai terbentuk.

  1. Perkembangan janin 3 bulan

Pada bulan ke 3 ini anin sudah ditandai dengan tahap hampir terbentuknya sempurna bagian tubuh bayi. Anda bisa melihat bagian tangan yang sudah bisa mengepal dan kuku-kukunya juga sudah mulai tumbuh. Di usia ini kelamin pada bayi juga sudah mulai terbentuk. Bagian organ dalam sepertih, kemih dan organ reproduksi juga sudah terbentuk. Organ hati juga sudah mulai memproduksi empedu.

  1. Perkembangan janin 4 bulan

Pada tahap perkembangan ini janin sudah menunjukkan keadaan yang lengkap dan sudah bisa disebut dengan bayi. Jika anda melakukan pemeriksaan USG lengkap anda juga bisa mendengarkan detak jantung calon buah hati anda.

  1. Perkembangan 5 bulan

Pada perkembangan usia 5 bulan ini janin semakin kencang dalam melatih ototnya. Anda mulai merasakan gerakan dari bayi anda. Bahkan pada perkembangan fase ini kepalanya sudah ditumbuhi rambut halus. Pada perkembangan fase ini bayi ditutupi lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena cairan ketuban.

  1. Perkembangan 6 bulan

Pada perkembangan fase seperti ini bayi sudah mulai bisa membuka dan menutup kelopak matanya. Dia uga mulai bisa mendengar suara-suara yang ada disekitarnya. Oleh karenanya, ibu disarankan untuk memperdengarkan musik klasik pada janinnya menggunakan earphone untuk merangsang kecerdasan janinnya sejak dalam kandungan.

  1. Perkembangan 7 bulan

Pada usia perkembangan ini bayi yang ada di dalam kandungan sudah muali bisa merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Pada usia perkembangan ini, pertumbuhan bayi akan lebih pesat. Anda juga akan bisa merasakan bayi anda berganti posisi.

  1. Perkembangan 8 bulan

Pada usia perkembangan ini kulit bayi sudah mulai banyak menyimpan lemak. Sehingga kulit bayi tidak lagi terlihat keriput. Begitu juga dengan sistem dalam tubuhnya yang sebagian besar sudah dapat berfungsi, kecuali paru-paru. Otaknya juga semakin sempurna dan ia pun akan sering menendang-nendang.

  1. Perkembangan 9 bulan

Pada usia perkembangan ini, bayi yang tidak mengalami gangguan di dalam kandungan, akan mengalami perkembangan yang baik. Dimana tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir. Pada fase usia ini anda akan semakin dekat dengan proses persalinan. Sehingga membutuhkan banyak persiapan.

Setelah mengetahui tahap perkembangan janin dalam kandungan maka anda harus banyak menjaga kondisi tubuh agar kondisi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan anda tidak terganggu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*