Susu Pertumbuhan Anak 1 Tahun Untuk Si Kecil Yang Aktif

susu pertumbuhan bayi 1 tahun

Saat si kecil beranjak balita, sangat dianjurkan ibu memberikan susu pertumbuhan anak 1 tahun. Anak yang sudah berusia 1 tahun sudah mulai aktif. Ia sudah mulai belajar untuk berdiri dan berjalan sendiri. Pada suatu saat nanti jika ia sudah cukup lancar berjalan, ia akan lebih aktif lagi.

Keaktifan anak usia 1 tahun ini harus ditunjang dengan nutrisi yang cukup. Makanya, ibu harus memberikan susu balita. Susu mengandung nutrisi harian yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Dengan tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan oleh balita, ia bisa aktif sehingga tumbuh kembangnya pun lebih optimal.

Kandungan Penting Di Dalam Susu Pertumbuhan

Semua kandungan nutrisi di dalam susu untuk pertumbuhan anak 1 tahun sangat penting.  Namun, ada 5 kandungan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh balita 1 tahun. Bahkan, kandungan ini sering ditonjolkan dalam iklan susu agar orang tua memutuskan untuk membeli susu tersebut kepada anak mereka.

1. Omega 3

Dalam dunia kesehatan, omega 3 adalah asam lemak tak jenuh. Sebenarnya, tidak hanya omega 3 saja yang disebut sebagai asam lemak tak jenuh. Omega 3 hanyalah satu dari sekian banyak jenis asam lemak. Hanya saja, omega 3 menjadi istilah yang sangat familiar di telinga masyarakat secara umum. Apa peran omega 3 ini? Salah satu peran utama omega 3 adalah untuk mengoptimalkan perkembangan otak balita. Bisa dikatakan kandungan inilah yang membuat anak ibu cerdas.

Tentu ibu tidak bisa hanya mengandalkan kandungan nutrisi berupa omega 3 ini saja jika ingin memiliki anak yang cerdas. Stimulus dari luar pun diperlukan seperti memberikan permainan edukatif, kegiatan kreatif, dan lain sebagainya. Omega 3 menjadi faktor dari dalam yang bisa mencerdaskan anak. Sementara itu, permainan edukatif menjadi stimulus untuk mencerdaskan anak dari luar. Dua-duanya harus seimbang.

2. Kalsium

Balita usia 1 tahun membutuhkan banyak sekali kalsium. Kandungan inilah yang akan membuat pertumbuhan gigi lebih cepat. Seperti yang ibu ketahui, anak usia 1 tahun sudah tidak lagi mengkonsumsi makanan yang lunak. Ia sudah harus mulai terbiasa mengkonsumsi makanan yang kasar layaknya orang dewasa. Untuk itu, pertumbuhan gigi sangat membantu si kecil untuk mencerna makanan yang ibu berikan.

Selain itu, kalsium juga berperan penting untuk pertumbuhan tulang. Dengan memberikan tiga gelas susu pertumbuhan anak usia 1 tahun setiap hari, tulang akan tumbuh dengan baik. Selain itu, tulang juga menjadi padat sehingga tulang balita ibu sangat kuat. Tulang yang kuat ini yang membuat anak ibu semakin mudah untuk berdiri dan belajar berjalan sendiri.

3. Vitamin A

Kandungan nutrisi yang satu ini selalu dikaitkan dengan mata. Padahal, tidak itu saja fungsi dari vitamin A. Vitamin A berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan anak. Ibu harus tahu balita mudah sekali terkena masalah pencernaan seperti perut sakit, diare, dan juga susah buang air besar. Hal ini bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi atau lingkungan yang kurang sehat. Untuk mencegah hal tersebut, ibu harus pastikan kebutuhan vitamin A harian si kecil terpenuhi. Berikan susu balita terbaik yang mengandung vitamin A.

Selain itu, vitamin A juga menjadi pelindung kulit anak balita. Jika kulit si kecil terlihat kusam dan tidak sehat, ada kemungkinan ia kekurangan vitamin A.

4. Niasin

Istilah yang satu ini mungkin tidak familiar bagi ibu. Ibu lebih sering mendengar protein, kalisum, dan vitamin daripada niasin. Nutrisi yang satu ini juga terkandung di dalam susu balita 1 tahun. Perannya untuk membantu reaksi pembentukan energi. Sederhananya, kandungan yang satu ini akan membuat anak ibu memiliki energi yang cukup agar bisa aktif setiap hari.

5. Zat Besi

Anak bisa melakukan kegiatan secara aktif jika tidak kekurangan zat besi. Anak terlihat lemas dan tidak bertenaga lantaran kekurangan zat besi. Istilah yang sering dipahami oleh masyarakat awam adalah anemia, yaitu kekurangan darah yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Kelimanya adalah kandungan nutrisi paling penting untuk menunjang perkembangan anak usia 1 tahun. Oleh sebab itu, kelima kandungan tersebut ada pada susu Nestle Lactagrow HappyNutri.

Susu Bukan Sumber Nutrisi Utama

Memberikan susu untuk balita sangat penting. Namun, yang paling penting lagi adalah memastikan ibu memberikan makanan yang bergizi. Susu itu suplemen. Jadi, susu bukanlah sumber nutrisi utama. Makanan lah yang menjadi sumber nutrisi utama balita.

Setelah ibu menemukan susu pertumbuhan yang terbaik, ibu harus mencari menu makanan yang bergizi. Usahakan ibu memberikan menu makanan yang bervariasi agar anak mendapatkan semua kandungan nutrisi dari makanan yang berbeda tersebut. Selain itu, dengan memberikan makanan yang bervariasi, berarti ibu mengenalkan berbagai rasa dari berbagai jenis makanan.

Sekalipun ibu sudah menemukan susu pertumbuhan terbaik, tetap saja ibu harus berhati-hati. Simpanlah susu di tempat yang tidak lembab atau terpapar sinar matahari secara langsung. Karena tempat seperti itu bisa membuat susu terkontaminasi bakteri.

Selain itu, berikan susu sesuai dengan aturan, yaitu tiga gelas setiap hari. Perhatikan takaran susu. Jangan terlalu berlebihan dan juga jangan terlalu sedikit. Hal tersebut harus benar-benar menjadi perhatian agar ibu tidak percuma memberikan susu untuk sang buah hati. Dengan mengikuti aturan pemberian susu, maka anak ibu bisa mendapatkan semua manfaat dari susu pertumbuhan anak 1 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*