Susu Balita Terbaik Tidak Dinilai Dari Kandungan Nutrisinya Saja

susu balita terbaik www.friso.co.id

Ibu yakin sudah memilih susu balita terbaik? Jika ibu mau jujur, atas dasar apa ibu memilih susu tersebut?

Ibu bisa saja memiliki alasan sendiri. Apalagi jika ibu seorang ahli gizi atau setidaknya tahu sedikit banyak tentang gizi untuk balita, pasti ibu akan memilih berdasarkan kandungan nutrisi di dalam susu. Akan tetapi, kebanyakan orang tua memilih susu berdasarkan persepsi yang mereka miliki karena pengaruh iklan. Susu untuk balita yang terbaik mereka anggap sebagai susu yang bisa membuat anak cerdas. Maka, mereka lebih banyak tergiur dengan iklan susu balita yang mengandung nutrisi seperti AA dan DHA yang dijelaskan sebagai kandungan yang bisa membuat balita tumbuh pintar.

Tentu saja hal tersebut tidak salah. Namun, harus dipahami juga susu balita yang terbaik tidak hanya ditentukan oleh faktor kandungan nutrisi di dalamnya saja.

Susu Balita Harus Menyehatkan

Pernah dengar balita yang justru mengalami masalah kesehatan setelah mengkonsumsi salah satu produk susu balita? Tidak sedikit balita yang justru mengalami alergi setelah minum susu. Alergi tersebut terlihat dari munculnya bercak merah pada kulit balita.

Selain itu, ada juga balita yang justru mengalami diare atau konstipasi karena mengkonsumsi susu. Ini artinya balita tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi.

Hal tersebut bukan disebabkan oleh susu yang harganya murah lho. Ada juga ibu yang memilihkan susu balita dengan harga yang mahal tapi balita mengalami hal serupa.

Oleh sebab itu, yang paling penting bukan harga susu yang murah atau murah, melainkan apakah susu tersebut menyehatkan atau justru sebaliknya. Ukurannya apa? Jelas ukurannya adalah bagaimana tumbuh kembang balita. Jika terjadi alergi, maka ibu harus ganti susu dengan susu balita lainnya.

Penyebab Alergi Karena Susu

Kenapa balita mengalami alergi setelah minum susu? Sebenarnya tidak semua balita alergi dengan susu. Hal ini bisa dilihat bawasannya pada kenyataannya banyak sekali produk susu yang terbuat dari bahan yang sama, yaitu susu sapi. Menurut penelitian, balita yang mengalami alergi susu disebabkan karena kandungan laktosa di dalam susu sapi yang sangat tinggi. Balita tersebut akhirnya diberi susu kedelai atau susu sapi dengan kandungan lakotasa yang sangat rendah.

Oleh sebab itu, susu terbaik untuk balita merupakan susu yang sesuai dengan kondisi tubuh, bukan berpatokan dari seberapa terkenal dan seberapa mahal harga susu tersebut. Ada baiknya ibu segera bawa si kecil ke dokter anak agar dilakukan pemeriksaan mengenai apa yang menyebabkan balita mengalami alergi. Jika benar balita alergi terhadap susu yang mengandung laktosa tinggi, maka ibu harus mencari susu yang kandugan laktosanya rendah.

Susu Balita Menyebabkan Diare

Tidak sedikit balita yang justru mengalami diare setelah minum susu. Apakah itu artinya susu yang ibu berikan tidak cocok? Belum tentu juga. Ibu tidak boleh terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Diare biasanya dialami oleh balita yang baru pertama kali minum susu. Tubuh, terutama sistem pencernaan, belum beradaptasi dengan kandungan nutrisi di dalam susu sehingga respon dari tubuh adalah diare.

Begitu juga ketika ibu mengganti merk susu. Memang di dalam susu balita terkandung nutrisi yang hampir sama. Hanya saja terkadang ada beberapa jenis nutrisi yang berbeda. Selain itu, kadarnya juga terkadang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan balita mengalami diare saat mencoba susu balita dengan merk yang berbeda.

Sebenarnya, ada beberapa tips agar balita tidak mengalami diare setelah minum susu.

  • Pilih Susu Yang Terbaik

Sudah dijelaskan sebelumnya bawasannya susu balita yang terbaik bukan susu yang harganya mahal, melainkan susu yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi tubuh si kecil. Jadi, bawa ke dokter dan minta masukan dari dokter tentang susu balita yang terbaik untuk sang buah hati.

  • Memberikan Susu Dengan Takaran Yang Sedikit

Terkadang, diare dialami oleh balita ketika baru pertama kali mengkonsumsi susu. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya ibu memberikan susu dengan takaran yang sedikit. Dengan demikian, sistem pencernaan bisa lebih mudah beradaptasi dan mencerna kandungan nutrisi di dalam susu tersebut. Setelah beberapa hal ketika balita ibu sudah terbiasa mengkonsumsi susu, baru kemudian ibu menyajikan susu sesuai dengan takaran yang direkomendasikan.

  • Jaga Kehigienisan Susu

Sebenarnya inilah yang membedakan antara susu balita yang terbaik dengan susu balita yang biasa-biasa saja. kualitas susu balita terjaga. Contohnya saja susu balita Friso Gold 3. Ini merupakan susu yang disimpan di dalam sebuah wadah yang sangat baik untuk menjaga kualitas susu setelah diproduksi hingga berada di tangan konsumen. Terdapat tempat sendok higienis sehingga sendok tersebut hanya digunakan untuk mengambil susu, bukan untuk yang lain.

  • Jaga Kebersihan Botol Susu

Diare bisa saja disebabkan oleh bakteri yang masih menempel pada botol susu. Untuk itu, sebaiknya ibu menggunakan sabun khusus untuk mencuci botol balita. Biasanya, sabun ini mengandung bahan yang bisa membunuh kuman.

Selain itu, gunakan alat pembersih khusus untuk botol susu balita. Jangan gunakan sponge yang sama ibu gunakan untuk membersihkan peralatan dapur lainnya.

Dari penjelasan yang lengkap tersebut, apakah ibu yakin sudah memilihkan susu yang terbaik untuk sang buah hati? Sebaiknya ibu pilih susu Friso Gold 3 sebagai susu balita terbaik. Kandungannya lengkap dan kehigienisannya terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*