Susu Balita Terbaik Pilihan Ibu Cerdas

susu untuk balita yang baik family.fimela.com

Susu balita terbaik tidak bisa jika hanya dilihat dari harganya. Akan tetapi kandungan yang ada di dalam susu formula tersebut. Oleh karena itu tidak semua susu formula yang memiliki harga mahal dapat cocok dengan si kecil. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya selalu sehat. Seperti yang kita ketahui, salah satu makanan terbaik untuk balita adalah ASI. Akan tetapi tidak semua ibu dapat memproduksi ASI yang cukup bagi buah hatinya. Dan tentu saja untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara memberinya susu formula.

Akan tetapi pemilihan susu formula juga harus diperhatikan. ini karena pemberian susu formula yang salah dapat menyebabkan alergi, diare dan masalah kesehatan lainnya. Karakteristik susu formula dibagi menjadi 2 macam, yaitu 0-6 bulan dan 6-12 bulan. Penggolongan tersebut berdasarkan dengan kondisi pencernaan bayi. Di mana seorang bayi yang berusia 0-6 bulan memiliki pencernaan yang belum sempurna, sedangkan bayi yang berusia 6-12 bulan telah memiliki sistem pencernaan yang baik dan sudah bisa diberi MPASI.

Sebenarnya susu formula pun dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu susu sapi, susu kedelai dan juga susu elemental atau susu formula yang memiliki kandungan lemak kecil namun memilikizat gizi tinggi sehingga susu elemental tidak menimbulkan alergi. Oleh karena itu, jika si kecil mengalami alergi susu sapi ataupun kedelai Anda bisa menggunakan susu elemental. Akan tetapi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dalam memilih susu formula yang bagus yaitu dengan cara memperhatikan kualitas dan keamanan susu formula. Produk susu formula yang aman dikonsumsi adalah susu formula yang diproduksi dengan mengikuti standart Good Manufacturing Product (GMP) dan di bawah pengawasan sesuai standart yang telah ditetapkan European Union (EU), the United States Food and Drug Administration (U.S FDA) dan juga  sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tak hanya itu saja, susu formula yang baik juga memiliki ijin dari BPOM.

Selain itu dengan memperhatikan komposisi susu. Pada umumnya komposisi susu harus mendekati dengan komposisi ASI yaitu dengan kandungan zat dan nutrisi yang sudah ditetapkan WHO. Beberapa komposisi susu formula yang baik adalah meliputi memiliki kandungan AHA, DHA, LA, FOS dan GOS, Kolin, beta karoten, omega 3 serta omega 6.

Tips Memilih Susu Balita Terbaik

Pertumbuhan Anak yang maksimal tentu menjadi prioritas utama bagi para orang tua. Agar buah hati sehat dan cerdas, mereka melakukan segala usaha baik itu dengan mendengar musik klasik, mengkonsumsi vitamin, rajin berolahraga dan memberikan susu formula yang mengandung AA dan DHA untuk si kecil.

Kita semua tentu mengetahui, bahwa anak-anak perlu mencukupkan kandungan AA dan DHA, untuk meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga saat memilih susu formula sebaiknya harus dengan pertimbangan yang matang dan tidak sembarangan, dan memperhatikan berapa banyak kandungan zat-zat tersebut. Langkah pertama untuk memilih susu formula agar anak sehat, adalah menentukan apakah anak mempunyai resiko alergi atau intoleransi terhadap susu sapi, dengan cara mengamati perilaku dan kemungkinan efek samping setelah anda memberikan susu formula.

Langkah kedua, memilih susu formula anak yaitu; Bunda harus cermat jangka panjang penggunaan susu formula seperti gangguan organ tubuh seperti sering batuk, sesak, diare atau buang air besar lebih dari 2 kali dalam satu hari dan semblit. Pertimbangan ketiga pemilihan susu formula untuk pertumbuhan anak adalah memilih susu formula dengan menyesuaikan ekonomi keluarga. Harga salah satu produk susu tidak secara langsung berkaitan dengan kualitas kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Semua susu formula yang beredar yang beredar di pasaran mempunyai jumlah kandungan vitamin, mineral dan kalori yang tidak jauh berbeda. Adanya perbedaan harga, bisa disebabkan karena penambahan kandungan AA, DHA dan kandungan lain dalam salah satu merk susu formula tersebut.

Pertimbangan lain memilih susu formula kualitas terbaik adalah dengan tidak ragu  berganti-ganti jenis susu untuk anak dengan catatan buah hati anda menyebabkan gangguan penerimaan susu tersebut. Sehingga apabila tidak terdapat resiko dan gejala alergi pada anak, bunda bisa mencoba susu formula yang sesuai usia anak dengan merek dan jenis yang lain. Amati tanda dan gejala yang ditimbulkan, apabila tidak ada keluhan Bunda bisa meneruskan pemberian susu tersebut dengan jumlah sesuai kebutuhan harian  buah hati.

Manfaat Susu Balita Terbaik Untuk Kesehatannya

Susu memanglah penting untuk anak, baik ASI maupun susu formula tentunya sebagai orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak kita. Jika mampu dan bisa menghasilkan ASI  pastinya ibu akan memberikan ASI untuk bayinya tapi tidak semua ibu yang bisa memberikan ASI nya baik dari awal kelahiran bayi atau dikarenakan alasan medis atau non medis lainnya.  Kandungan susu formula untuk bayi umur 0-6 bulan sudah mendekati ASI walau lagi-lagi ASI tetap yang terbaik tapi yang terpenting bagi orang tua adalah bayi sehat dan pertumbuhannya baik.

Banyak kandungan susu balita terbaik yang sangat penting untuk baik dan sudah banyak sekali produk-produk susu untuk anak umur 0-6 bulan yang beredar di pasaran. Tentunya anda sudah sering sekali mendengar slogan yang mengatakan ada harga ada rupa, hal ini juga dipakai oleh ibu-ibu dalam menggambarkan susu formula dengan harga yang premium, karena mereka meng-klaim bahwa bayi-bayi mereka terlihat lebih sehat dan bahkan ada yang membuat berat badan bayi menjadi naik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*