Susahnya Menyusui Bayi yang Baru Lahir

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Salah satu hal yang paling sulit bagi seorang ibu yang baru melahirkan sang buah hati adalah memberikan ASI atau air susu ibu. Apalagi jika ibu tersebut baru pertama kali melahirkan. Tidak ada pengalaman sama sekali sehingga pasti sedikit banyak menemukan kesulitan dalam memberikan ASI.

Dan permasalahannya bukan pada ibu saja. Karena belum pernah maka tidak bisa.

Namun, bisa juga memang sulit memberikan ASI lantaran ASI sepertinya tidak keluar. Itulah mengapa dokter sangat menyarankan agar semasa hamil seorang ibu hamil harus menjaga asupan gizi. Bukan hanya untuk memastikan kesehatan ibu dan juga bayi di dalam kandungan saja, tapi juga untuk memastikan kesiapan tubuh untuk memproduksi ASI.

Ada banyak tips tentang bagaimana agar ASI bisa mulai diproduksi saat masih hamil di website Friso, www.friso.co.id. Jadi, setiap ibu hamil sudah bisa melakukan persiapan agar ketika sang buah hati lahir, ia tidak lagi terlalu sulit untuk memberikan ASI.

Permasalahan yang Sering Dihadapi

Selain ASI yang sulit keluar, ada juga masalah lain yang sering dihadapi oleh seorang ibu. Ia tidak tahu bagaimana posisi yang tepat untuk memberikan ASI.

Dalam hal ini, ibu harus tahu posisi yang nyaman bagi ibu dan bayi akan membuat ASI bisa keluar lebih mudah. Ibu bisa belajar dari saudara atau teman yang sudah lebih dahulu memiliki bayi sehingga ibu bisa minta diajarkan bagaimana cara menyusui yang tepat.

Selain itu, masalah psikis juga bisa menjadi penghambat. Produksi ASI tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa sehat kondisi kesehatan badan seorang ibu, tapi juga kondisi psikisnya.

Dokter menyarankan selama memberikan ASI eksklusif, sebaiknya ibu menghindari stress. Karena stress sangat mempengaruhi produksi ASI. Maka tidak jarang seorang wanita karir yang akhirnya tidak bisa memberikan ASI eksklusif lantaran beban kerja yang berat di kantor membuatnya stress.

Apalagi bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan. Ada beberapa ibu yang khawatir tentang masa depan sang anak sehingga mereka merasa stress jika memikirkan hal tersebut. Dan yang terjadi, ASI sulit keluar karena stress.

Saran yang Perlu Dipertimbangkan

ASI bisa keluar karena stimulus, selain tentu saja bagaimana tubuh ibu memproduksi ASI tersebut. Namun, stimulus akan membuat ASI diproduksi dalam jumlah yang sangat baik.

Stimulus yang paling awal bisa diberikan dengan cara IMD (inisiasi Menyusui Dini). Ini merupakan cara atau stimulus paling pertama yang harus dilakukan agar bayi bisa mulai belajar minum ASI langsung dari puting sang ibu. Sementara itu, IMD juga bisa membuat tubuh sang ibu lebih banyak dan lebih cepat memproduksi ASI.

Stimulus lainnya bisa berupa lebih sering memberikan ASI secara langsung. Setiap 10 atau 15 menit ibu bisa memberikan ASI. Itulah mengapa sangat disarankan seorang ibu berada satu ruangan dengan bayi. Hal ini membuat sang ibu bisa memberikan ASI kapan saja.

Bagaimana jika si kecil tertidur? Biasanya bayi tidur dalam kurun waktu yang lama. Pada waktu itulah ibu bisa memompa payudara. Memompa payudara akan membuat ASI diproduksi oleh tubuh kembali. Jika tidak dipompa, maka justru produksi ASI akan menurun dan ASI yang sudah ada bisa mengeras dan tidak bisa keluar.

Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati. Karena ASI akan membuat kekebalan tubuh bayi lebih kuat sehingga ketika dewasa nanti ia tidak akan mudah sakit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*