Susahnya Menghilangkan Kebiasan Minum Kafein Saat Hamil

Minum Kafein Saat Hamil www.friso.co.id

Bagi pecinta kopi, sangat sulit untuk berhenti dari kebiasaan mengkonsumsi kopi. Namun, bagaimanapun juga, kafein yang terkandung di dalam kopi sangat tidak baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Setidaknya ada dua alasan utama kenapa seorang ibu hamil sebaiknya tidak minum kopi. Yang pertama, kandungan kafein akan membuat detak jantung lebih cepat sehingga bisa membuat tekanan darah naik. Padahal, seorang ibu hamil harus menjaga tekanan darah, bukan?

Alasan yang kedua, kopi akan membuat tubuh ibu hamil mudah sekali mengalami dehidrasi. Karena memang kopi membuat seseorang terdorong untuk buang air kecil berlebihan. Ini yang disebut dengan efek diuretik.

Lalu, bagaimana agar bisa berhenti atau setidaknya mengurangi kecanduan kopi saat hamil? Mungkin berikut ini yang bisa dilakukan.

  • Mengkonsumsi Teh

Salah satu alasan kenapa susah sekali menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kopi adalah mengantuk. Bagi mereka yang terbiasa minum kopi, ketika mereka tidak minum kopi, maka ia tidak semangat dan cenderung mengantuk.

Hal ini bisa diantisipasi atau dialihkan dengan mengkonsumsi teh. Pada dasarnya,teh juga mengandung kafein. Hanya saja kandungannya sangat rendah. Dengan demikian, seorang ibu hamil tidak akan mengantuk dan pada saat yang sama ia tidak perlu minum kopi.

Bahkan, teh ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil lho. Pasalnya, di dalam teh, terdapat antioksidan yang sangat diperlukan tubuh agar tidak mudah sakit. Bukankah hal buruk akan terjadi jika seorang ibu hamil sakit? Dan hal buruk tersebut tidak hanya menimpa ibu hamil, tapi juga janin di dalam kandungan.

  • Mengganti Dengan Minuman Hangat

Sebenarnya tidak hanya untuk menghilangkan ngantuk saja seseorang minum kopi, tapi juga menikmati sensasinya. Kopi memberikan efek hangat pada badan dan membuatnya santai. Itulah mengapa kopi sering disajikan saat bersantai.

Dalam hal ini, kopi bisa diganti dengan minuman hangat lainnya seperti susu ibu hamil yang disajikan dengan air hangat jauh lebih baik, bukan? Namun, pastikan hanya susu ibu hamil terbaik yang dipilih, yaitu susu ibu hamil yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil serta bayi di dalam kandungan untuk berkembang. Dan susu Frisomum Gold memiliki semua kandungan tersebut.

  • Istirahat Yang Cukup

Yang bisa menghentikan rasa kantuk adalah istirahat. Jika seorang ibu hamil mengantuk, tidak perlu minum kopi. Bawa istirahat saja. Ini cara pengalihan yang sangat efektif agar tidak lagi minum kopi.

  • Memahami Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

Tidak ada cara pencegahan terbaik selain edukasi tentang bahaya mengkonsumsi kopi bagi seorang ibu hamil. Edukasi ini sudah dilakukan oleh para ahli kesehatan ibu hamil dengan cara menjelaskan secara mendalam tentang bahaya kopi melalui artikel yang dipublikasikan di www.friso.co.id.

Dan siapapun bisa berperan serta dalam memberikan edukasi kepada semua ibu hamil. siapapun bisa share atau membagikan informasi entah itu melalui media sosial atau melalui aplikasi chatting agar semakin banyak ibu hamil memahami pentingnya menghentikan minum kopi.

Semoga informasi ini bisa membuka wawasan kepada siapapun, terutama ibu hamil agar tidak lagi meneruskan kebiasaan mengkonsumsi kopi. Meskipun sekarang ini ada banyak jenis kopi yang katanya lebih sehat untuk dikonsumsi, tetap saja selama masa kehamilan, sebaiknya ibu tidak perlu minum kopi terlebih dahulu demi kesehatan janin yang ibu kandung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*