Sumber Nutrisi Ibu Hamil Vegan Yang Wajib Ada Di Dalam Rak Dapur

nutrisi ibu hamil hamil.co.id

Jalan hidup merupakan bagian dari hak asasi manusia tak tertulis. Tuhan telah membiarkan individu untuk memilih tindak tanduknya terlepas dari takdir yang telah diberikan demikian pula dengan gaya hidup atau lifestyle. Salah satu gaya hidup berhubungan dengan pangan yang cukup populer di kalangan orang terkenal di seluruh dunia adalah vegetarian. Tidak ada perbedaan kebutuhan nutrisi ibu hamil antara non vegetarian dengan vegetarian, semua janin membutuhkan asupan gizi serupa terlepas dari mana sumbernya. Melihat gaya hidup vegetarian tidak begitu banyak di tanah air Indonesia, informasi sumber nutrisi ibu hamil sangat minim. Padahal, dengan pemilihan sumber yang tepat, keselamatan janin dan bunda bisa terjaga erat.

Vegetarian tentu berbeda dengan vegan. Keduanya, baik vegan maupun vegetarian memegang prinsip yang sama yakni rasa kasih sayang terhadap binatang atau mahluk hidup sejenisnya. Vegetarian tidak menjauhi produk olahan hewan seperti madu, susu dan telur, dengan anggapan tidak ada binatang yang terbunuh dalam prosesnya. Vegan berpendapat bahwa semua produk hewani tidak layak dikonsumsi berdasarkan beragam alasan yang tidak akan dibahas dalam artikel ini. Kembali pada pengertian dasar vegetarian, prinsip bahwa semua mahluk hidup layak hidup patut diberi tepuk tangan.  Sama hal dengan gaya hidup lain, menjadi seorang vegetarian yang menolak produk hewani, memiliki tantangan tersendiri ketika membicarakan gizi.

Bumber gizi penting seperti kalsium dan protein hanya terkenal di kalangan produk hewani seperti daging dan ikan. Kedua bahan makanan tersebut seolah tidak bisa lepas guna memenuhi daftar sumber nutrisi ibu hamil. Bagi seorang vegetarian, mengkonsumsi daging dan ikan sangat menyalahi gaya hidup dan keyakinan yang telah dianut. Vegetarian pemula merasa bingung apa yang harus dimakan selama masa mengandung merupakan hal yang wajar. Kendati demikian, sebenarnya ada beberapa jenis bahan makanan yang sangat berguna selama janin masih dalam rahim. Tenang saja, bahan – bahan yang akan dibicarakan tidak akan menguras isi dompet terlalu dalam salama tahu cara mengolahnya.

Legume, biasa disebutkan dalam rekomendasi makanan sehat. Sekilas nama legume terdengar seperti nama masakan padahal bukan. Legume sebenarnya nama “marga” untuk beberapa jenis kacang – kacangan. Karateristik legume terletak pada cangkang yang terbelah dua ketika mencapai usia matang. Legume sendiri diakui makanan terpenting setelah makanan tradisional yakni nasi. Hanya karena nama legume terdengar cukup keren nan “gaul” bukan berarti kacang yang menyandang marga legume berharga selangit. Kacang panjang, kacang buncis, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang kedelai, dan kacang buncis merupakan beberapa anggota keluarga legume yang banyak ditemui di tanah air Indonesia.

Protein banyak diperlukan dalam pembentukan tubuh, dimana protein berperan sebagai batu bata dan semen pada pembangunan. Janin baik dalam bentuk sel maupun bentuk padat segumpal darah sama – sama membutuhkan protein. Ketidak mampuan berkembang banyak ditemui pada janin yang kekurangan protein. Berita baiknya, protein bisa saja diperoleh dari marga legume ini. Penelitian menunjukkan legume memiliki dua kali lipat kadar protein dibanding makanan bulir seperti nasi. Selain itu, zat besi dan serat banyak ditemukan dalam kacang – kacangan mini yang terlihat remeh. Kalau bunda mampu memakan kacang – kacangan dalam kondisi mentah akan jauh lebih baik, akan tetapi jika memang harus memasak faktor pengolahan akan sangat penting.

Nasi telah menemani hidup milyaran rakyat Indonesia selama beragam generasi. Mulai dari jaman perang sekalipun, nasi telah mendampingi setiap penduduk tanah air. Ternyata, nasi juga berperan penting memenuhi kebutuhan nutrisi seorang vegetarian kala mengandung. Bagi bunda yang ingin menambahkan efek “sehat” pada makanan sehari – hari, bisa mulai mengincar nasi merah dan oats. Baik nasi merah dan oats sama – sama mengandung mineral, vitamin B, dan protein yang bisa membantu bunda beraktivitas sehari – hari meskipun bayi sudah mulai rewel. Menggabungkan unsur nasi dengan protein dari keluarga legume merupakan ide yang cukup baik lagi nikmat bagi semua bunda.

Rasanya tidak lengkap jika sayur mayur absen dari sumber nutrisi vegetarian. Nah, tenang saja, sayur mayur favorit banyak orang seperti seledri, kembang kol, dak brokoli tetap masuk dalam bahan paling wajib. Begitu banyak potensi yang bisa didapat dari keluarga kol, sama seperti keluarga legume maupun nasi. Berbeda dengan kedua bahan lain, keluarga kol justru berfokus pada zat besi. Senyawa pengontrol darah ini bisa membantu bunda merasa lebih segar kala hamil. Penyebab dari segarnya perasaan dan tubuh bunda karena peredaran darah cukup lancar sehingga distribusi oksigen cukup baik. Ingat, janin masih termasuk golongan manusia yang membutuhkan oksigen sehingga lancarnya asupan oksigen sangatlah penting.

Vegetarian memang menuntut memasak di rumah, mengingat restoran dengan pilihan vegetarian dengan pengolahan yang tepat cukup jarang. Mengumpulkan resep masakan vegetarian layak untuk dicoba meskipun tentu saja cukup menyita banyak waktu dan pikiran. Era 2017 menjadi bunda yang bekerja dan mengurus rumah dapat dipastikan bukan berita baru lagi. Kalaupun bunda mulai merasa kesulitan menjangkau tuntutan nutrisi baik untuk bunda maupun janin, tenang saja, masih ada rencana cadangan. Dewasa kini, banyak susu kehamilan tersedia siap dicoba dengan beragam harga. Susu kehamilan memang dibuat dengan tujuan memenuhi nutrisi ibu hamil seperti kalsium, asam folat, zat besi, dan DHA dalam satu gelas sempurna.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*