Sudah Tahu Apa Saja yang Ibu Sebaiknya Lakukan untuk Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda umumnya memiliki motivasi yang sama, yaitu mencegah agar bayi yang ada di dalam rahim tidak mengalami keguguran. Lalu, apa saja yang sebaiknya ibu lakukan?

Mengkonsumsi susu ibu hamil dan juga makan makanan yang sehat saja tidak cukup. Pada saat hamil muda, rahim belum berkembang sempurna. Dalam keadaan seperti itu, bayi rentan sekali mengalami keguguran. Belum lagi kondisi dinding rahim yang belum begitu kuat. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus ibu lakukan untuk menjaga kehamilan muda.

Apa saja yang sebaiknya ibu lakukan?

Konsultasi Kehamilan Lebih Intens

Mungkin ibu sudah melakukan konsultasi kehamilan ketika awal ibu mengetahui bahwa ibu sedang mengandung. Dan selama ini, ibu sudah melakukan konsultasi rutin satu bulan sekali. Apakah hal tersebut sudah cukup?

Ada cara lain untuk berkonsultasi kehamilan, yaitu mengikuti forum ibu hamil. Di sana, ibu bisa berkonsultasi dengan praktisi kesehatan ibu hamil secara online. Selama hamil muda, ibu bisa berkonsultasi tentang apa saja yang ibu alami. Ini merupakan cara menjaga kehamilan muda yang paling efektif. Pasalnya, ibu tidak perlu datang ke tempat praktek dokter kandungan setiap kali ada keluhan kesehatan. Ibu tinggal buka website forum ibu hamil dan ibu bisa menuliskan pertanyaan seputar keluhan kesehatan yang ibu alami.

Meskipun demikian, tetap saja ibu harus konsultasi langsung dengan dokter kandungan. Konsultasi online bisa ibu lakukan pada saat mendesak. Sementara itu, konsultasi langsung dengan dokter kandungan bisa ibu lakukan rutin satu bulan sekali.

Kontrol Emosi

Apa hubungan antara mengontrol emosi dengan menjaga hamil muda? Sekilas memang tidak ada hubungannya. Akan tetapi, setelah membaca penjelasan berikut ini, ibu pasti tahu ternyata emosi itu sangat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu, terutama kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Dengan mengontrol emosi, ibu tidak akan mudah stres. Karena jika ibu sering stres, kondisi kesehatan ibu akan terganggu. Jika hal tersebut terjadi, maka perkembangan janin pun akan terganggu juga. Dengan mengontrol emosi, ibu juga telah menjaga kehamilan muda.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat jadwal yang tepat. Pastikan ibu memiliki waktu untuk istirahat yang cukup. Lupakan hangout hingga larut malam. Malam adalah waktu untuk istirahat agar kondisi badan fit dan pikiran fresh.

Rajin Jalan Kaki

Jika ibu sudah terbiasa untuk berolahraga, itu artinya ibu tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara menjaga kehamilan muda. Akan tetapi, jika ibu malas olahraga, setidaknya ibu melakukan hal berikut ini, yaitu jalan kaki.

Hindari terlalu bergantung pada sepeda motor. Untuk jarak dekat, sebaiknya ibu jalan kaki. Pada waktu di kantor, ibu bisa gunakan tangga untuk menuju ke lantai yang tidak terlalu tinggi. Lupakan dulu lift.

Akan lebih baik lagi jika ibu meluangkan waktu untuk jalan santai di pagi hari. Mungkin, ibu bisa lakukan dua atau tiga kali dalam satu minggu. Ini cara yang paling mudah dan paling efektif untuk menjaga kehamilan muda.

Semua yang ibu sudah ketahui di atas hanya bersifat teknis tentang bagaimana cara menjaga hamil muda. Namun, ada satu hal yang jauh lebih penting, yaitu menjaga psikis ibu.

Dalam hal ini, dukungan suami itu sangat penting agar ibu bisa semangat dalam menjalani masa kehamilan. Dukungan dari suami sangat penting sebagai salah satu cara untuk menjaga kehamilan muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*