Sudah Ganti Popok Tapi Si Kecil Kok Tetap Mengalami Ruam?

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Paling sedih jika si kecil mengalami ruam popok. Ia akan merasa kesakitan dan perih pada bagian bokong.

Padahal ibu sudah mencoba berbagai popok dengan merk yang berbeda. Ibu mungkin juga sudah memilih popok dengan harga yang paling mahal. Tapi kenyataannya sama. Si kecil tetap mengalami ruam.

Lalu apa yang terjadi?

Semoga informasi berikut ini memberikan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Pemahaman yang Kurang Tepat

Sebenarnya banyak orang tua yang memiliki anak mengalami ruam popok. Sayangnya, mereka hanya berpikir bawasannya hal tersebut disebabkan oleh popok. Mereka membeli popok yang tidak sesuai dengan kondisi tubuhnya atau popok yang digunakan tidak bisa membuat sirkulasi udara lancar.

Akhirnya mereka akan mencoba membelikan popok yang berbeda. Itu juga yang ibu lakukan.

Pemahaman tersebut yang kurang tepat. Ruam itu bukan hanya disebabkan oleh popok saja. Memang popok berpengaruh tapi tidak satu-satunya faktor yang mempengaruhi munculnya ruam. Popok yang bagus adalah popok yang bisa menjaga sirkulasi udara. Tapi, itu saja tidak cukup.

Ada beberapa anak yang memiliki kondisi kulit yang sensitif sehingga mudah mengalami ruam. Hal ini lebih sering terjadi pada bayi yang baru beberapa minggu dilahirkan.

Itulah mengapa ada orang tua yang tidak mau menggunakan popok untuk anak mereka. Alasannya sederhana. Mereka tidak ingin si kecil mengalami iritasi pada kulit bagian pantat.

Lalu Apa Yang Harus Ibu Lakukan?

Bukan berarti ibu tidak perlu memakaikan popok kepada si kecil. Popok tentu saja penting. Hanya saja, ibu harus pastikan ketika popok sudah basah ibu harus segera menggantinya.

Selain itu, penting juga bagi ibu untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak. Hal ini diperlukan untuk mengetahui sebenarnya si kecil memiliki tipe kulit seperti apa. Karena ada tipe kulit yang memang mudah bagi si kecil mengalami ruam. Tipe kulit tersebut bisa ibu pelajari di situs ibudanbalita.

Dengan mengetahui jenis kulit si kecil, ibu bisa tahu popok seperti apa yang cocok untuk si kecil. Atau setidaknya ibu bisa melakukan langkah antisipasi agar si kecil tidak lagi kesakitan merasakan perih lantaran ruam popok.

Dan ada satu perawatan yang harus ibu lakukan. Ibu harus gunakan air suam-suam kuku untuk membersihkan bagian pantat si kecil. Jangan gunakan air yang terlalu hangat untuk memandikan si kecil. Karena hal tersebut justru akan membaut ruam popok semakin parah.

Keringkan badan si kecil benar-benar kering agar kulit tidak lembab sehingga bakteri penyebab ruam tidak berkembang.

Mungkin ibu perlu mengetahui banyak hal sekecil apapun untuk menjaga kesehatan si kecil, tidak hanya mencagah kulit si kecil mengalami ruam. Ibu bisa baca semua informasi kesehatan si kecil yang bisa ibu percaya di ibu dan balita. Dapat dipercaya karena informasi yang dibagikan di situs tersebut merupakan hasil dari penelitian ilmiah.

Masih tidak percaya? Coba saja kunjungi dan ibu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter anak di sana. Konsultasi online menjadi solusi yang tepat ketika ibu tidak memiliki waktu luang untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anak.

Ibu hanya perlu gunakan smartphone, laptop, atau komputer dan kunjungi situs ibu dan balita. Sign up dan ibu bisa langsung berkonsultasi online dengan dokter anak. Dan yang pasti, banyak artikel informatif yang akan menambah wawasan ibu sehingga ibu menjadi orang tua yang baik yang bisa memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*