Sudah Diganti Berulang Kali, Tapi Tetap Saja Anak Suka Melepeh Makanan?

anak suka melepeh makanan www.friso.co.id

Mungkin ibu merasa makanan yang ibu siapkan tidak enak sehingga anak suka melepeh makanan. Ternyata, anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Memang secara umum orang tua akan menebak jika anak tidak suka menu makanan yang mereka siapkan sehingga anak melepehkan makanan. Dan akhirnya ibu mencari menu makanan yang lain tapi hasilnya sama. Kesimpulan akhir yang bisa ibu dapatkan adalah anak susah makan. Dan ibu akan mencari tips mengatasi anak sulit makan dan semua tips tersebut tidak berhasil.

Intinya sebenarnya hanya satu, ibu harus tahu mengapa anak suka melepehkan makanan. Itu saja.

Penemuan Ilmiah Ahli Kesehatan

Mungkin saja menu makanan yang ibu sajikan tidak disukai oleh si kecil. Namun, ini bukan satu-satunya faktor penyebab. Mungkin ibu harus ketahui hasil penelitian ilmiah ahli kesehatan berikut.

Ternyata, ada kencederungan anak yang di dalam tubuhnya kekurangan zink akan sering melepeh makanan. Apakah ada hubungan antara zink dengan kebiasan tersebut? Ternyata ada. Anak yang kekurangan miniral zink memiliki indera pengecap yang kurang sensitif. Dengan demikian, makanan yang ia konsumen akan terasa kurang enak.

Sampai sini, apakah ibu tahu apa yang seharusnya ibu lakukan? Betul sekali. Ibu harus memberikan menu makanan atau minuman yang mengandung zink. Ibu bisa simak ulasan tentang sumber utama zink di www.friso.co.id. Atau ibu bisa tanyakan langsung kepada ahli gizi anak dengan cara konsultasi secara online di situs tersebut.

Yang pasti, ada kemungkinan indera pengecap si kecil bermasalah. Dan itu artinya masalah anak yang suka melepeh makanan bisa teratasi dengan cara yang satu ini.

Tips Lain Mengatasi Kebiasaan Anak Melepeh Makanan

Ada kemungkinan juga masalah anak suka melepeh makanan disebabkan oleh faktor eksternal. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  • Belum Siap

Berapa usia si kecil? Jika usianya di bawah satu tahu, sebaiknya ibu tidak memberikan menu makanan yang rasa atau baunya terlalu menyengat. Pada saat usia anak masih sangat kecil, lidahnya masih sangat sensitif terhadap rasa, terutama rasa makanan yang menyengat.

Ibu bisa mencari menu MPASI yang direkomendasikan oleh para ahli gizi anak. Menu MPASI satu bahan utama seperti satu jenis buah atau sayuran yang dihaluskan menjadi pilihan yang paling dianjurkan.

Jika lidah si kecil sudah siap, maka ia tidak akan melepeh makanan. Dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama agar lidah anak siap untuk merasakan makanan dengan rasa atau bau yang menyengat.

  • Merasa Bahaya

Sebenarnya anak sudah memiliki feeling sendiri dan merasakan benda apa saja yang berbahaya. Itulah mengapa secara naluri, anak melepeh makanan yang panas.

Begitu juga dengan makanan yang baunya menyengat. Ada kemungkinan ia merasakan apa yang akan ia konsumsi itu berbahaya sehingga ia melepehkan makanan tersebut.

Dan ini yang harus ibu pahami. Jika ibu memberikan makanan yang tidak panas, tidak pedas, tapi anak melepeh makanan tersebut, ada kemungkinan anak merasakan hal yang berbahaya. Ini ia rasakan mungkin karena ibu baru pertama kali memberikan menu makanan tersebut.

Oleh sebab itu, ibu harus memberikan pengertian bawasannya makanan tersebut enak dan tidak berbahaya. Dengan pengertian tersebut, anak tidak lagi takut dan mau makan menu makanan yang ibu berikan.

Tentu saja ada faktor lainnya yang mungkin menjadi penyebab anak melepehkan makanan. Barangkali, hal tersebtu disebabkan karena ada masalah pada mulutnya atau kondisi badannya yang kurang sehat. Untuk masalah yang seperti ini, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak segera.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*