Sudah Berapa Banyak Tips Menjaga Kesehatan Wanita Hamil yang Ibu Lakukan?

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil bisa saja terganggu karena hal-hal yang kecil dan terlihat sepele. Contohnya saja bepergian menggunakan motor. Banyak yang menganggap tidak masalah jika seorang ibu hamil bepergian dengan menggunakan motor.

Namun, bagi ibu hamil muda, sebaiknya ibu tidak melakukannya. Apalagi jika jalan yang dilalui tidak beraspal. Getaran sedikit saja bisa mengakibatkan keguguran.

Oleh sebab itulah mengapa banyak tips yang harus ibu ketahui. Tips seputar cara menjaga kesehatan wanita hamil jumlahnya sangat banyak, bukan? Saking banyaknya, mungkin ibu tidak bisa menjalankan tips tersebut satu persatu.

Lalu, sudah berapa banyak tips menjaga kesehatan wanita hamil yang ibu terapkan? Seberapa banyak pun tips yang ibu terapkan, sepertinya hal tersebut tidak akan membuat kesehatan ibu semakin baik jika masih melakukan hal-hal yang sepele. Jika ibu merasa masa kehamilan terasa berat dan sering mengalami keluhan kesehatan, mungkin ibu harus baca penjelasan berikut ini.

Hal Sepele yang Perlu Ibu Hindari

Kesehatan wanita hamil sering terganggu bukan karena hal yang terlihat berbahaya. Justru hal-hal sepele yang memicu terganggunya kesehatan ibu hamil atau pun janin yang ada di dalam kandungan.

Contohnya saja begadang hingga larut malam. Bagi ibu yang sudah terbiasa dengan mengerjakan pekerjaan hingga larut malam, mungkin ibu tidak terasa berat. Namun, ibu akan merasakannya nanti jika masa kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga. Ibu akan sering merasa lelah, pusing, dan bahkan rasanya tidak memiliki tenaga untuk melakukan kegiatan setiap hari.

Hal ini disebabkan karena ibu tidak menjaga kebugaran mulai saat hamil muda. Menjaga kebugaran itu tidak hanya penting saat mendekati proses persalinan. Menjaga kesehatan wanita hamil harus dimulai saat awal masa kehamilan.

Hal sepele lainnya adalah mengkonsmsi makanan fast food. Apakah ibu masih sering hangout dengan teman atau dengan suami ibu sendiri sambil mengkonsumsi fast food? Sebaiknya ibu mempertimbangkan untuk tidak melakukannya lagi. Kandungan lemak pada fast food biasanya lebih tinggi daripada kandungan nutrisi ibu hamil seperti protein, kalsium, dan lain sebagainya. Hal itulah yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan wanita hamil, mulai dari obesitas saat hamil, seringnya merasa lelah karena kurang asupan zat pembangkit energi, dan lain sebagainya.

Namun, dari sekian banyak hal sepele yang sering dilakukan, satu ini yang benar-benar ibu tinggalkan, yaitu kebiasaan menonton TV di rumah. Memang tidak masalah jika ibu membutuhkan waktu untuk bersantai di dalam rumah. Saat hamil tua, tentu ibu akan lebih sering merasa lelah apalagi perut yang semakin besar dan berat.

Hanya saja, kenapa ibu harus rileks dengan cara menonton TV? Kegiatan yang satu ini justru akan membuat ibu semakin malas. Akan lebih baik jika ibu browsing di Internet mencari tahu hal-hal yang terkait dengan kesehatan ibu hamil. Bukankah itu lebih bermanfaat?

Jangan Lupakan Ini

Dari sekian banyak tips menjaga kesehatan wanita hamil, satu hal ini sangat klise namun sering tidak diindahkan, yaitu mengkonsumsi susu ibu hamil. Sepertinya sudah banyak contoh di mana bayi yang kekurangan gizi akhirnya lahir dalam keadaan cacat fisik maupun cacat mental. Tentu saja ibu tidak ingin bayi ibu nanti seperti itu, bukan?

Setiap orang tua pasti menginginka bayi lahir dalam keadaan sehat. Untuk itu, lakukan tips seputar kesehatan kehamilan dan jangan lupa mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari. Karena itulah yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*