Sudah Benarkah Cara Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Ibu Lakukan?

Ibu dan balita https://www.ibudanbalita.com/

Bagaimanakah cara menjemur bayi yang benar? Mungkin itu yang akan ibu ketik di mesin pencari Google ketika ibu tidak begitu yakin jika ibu sudah menjemur bayi di pagi dengan benar.

Dan banyak sekali referensi yang muncul. Akan tetapi, apakah referensi tersebut valid? www.ibudanbalita.com merupakan referensi yang jelas valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak hanya artikel kesehatan yang ilmiah saja yang dijelaskan di situs tersebut. Ada juga forum tanya jawab dengan seorang ahli di mana ibu bisa konsultasi secara langsung. Selain itu, ada juga forum di mana ibu bisa berinteraksi antar anggota.

Ibu akan mendapatkan informasi lengkap, terutama tentang bagaimana cara menjemur bayi di pagi yang tepat. Yang pasti, kesalahan berikut ini tidak ibu lakukan.

  • Menjemur Di Saat Cuaca Mendung

Saat cuaca mendung, memang tetap saja ada sinar matahari walaupun sedikit dan sebenarnya tidak terasa panasnya.

Akan tetapi, membawa si kecil ke luar rumah justru memberikan efek negatif. Ibu harus ingat bayi masih sangat rentan apalagi terhadap udara yang lembab atau dingin ketika cuaca mendung. Bukannya si kecil akan sehat, tapi justru mudah sakit.

Sebaiknya ibu tidak perlu menjemur bayi di luar rumah ketika cuacanya terlalu dingin. Walaupun ada sinar matahari tapi cuacanya sangat dingin, sebaiknya ibu tidak perlu menjemur bayi ibu.

Toh sebenarnya menjemur bayi itu diperlukan untuk menurunkan bilirubin jika ada memang terlihat potensi munculnya resiko penyakit kuning.

  • Menjemur Hingga Lebih dari 15 Menit

Berapa durasi menjemur bayi di pagi yang disarankan? Sebenarnya tergantung sinar matahari di mana ibu tinggal. Akan tetapi, secara umum, durasinya cukup 10 menit saja. Itupun ibu harus membolak-balikkan bagian tubuh si kecil agar tidak hanya satu bagian saja yang terkena terik sinar matahari pagi.

  • Hipertemi

Apa itu hipertemi? Ini merupakan kondisi di mana suhu tubuh anak meningkat sangat signifikan. Itulah mengapa durasi menjemur bayi harus disesuaikan dengan kondisi di daerah di mana ibu tinggal. Jika di daerah ibu matahari sudah sangat terik walaupun masih pagi, ibu bisa jemur bayi 5-10 menit saja untuk menghindari hipertemi.

Dan mengenai waktu pun berbeda. Ada daerah di mana udara ketika jam setengah7 pagi masih sangat dingin. Matahari belum begitu kelihatan. Namun, banyak juga daerah di mana jam 7 sinar matahari pagi sudah cukup panas.

  • Menjemur Bayi Setelah Mandi

Umumnya ibu-ibu menjemur bayi setelah ia sudah mandi dan segar. Padahal, sebaiknya hal tersebut dilakukan sebelum mandi. Karena jika dilakukan sebelum mandi, ketika ibu memandikan si kecil ibu bisa membersihkan tubuhnya benar-benar bersih.

Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak boleh menjemur bayi setelah mandi ya. Ini hanya saran saja karena jika ibu menjemur bayi setelah dimandikan, ada kemungkinan kotoran menempel pada tubuh si kecil.

Bagaimana? Apakah ibu selama ini sudah melakukan cara menjemur bayi yang tepat? Jika belum, maka sebaiknya ibu menghindari hal tersebut di atas.

Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa langsung konsultasi dengan dokter anak di website ibu dan balita. Daftarkan diri terlebih dahulu lalu ibu bisa langsung tinggalkan pertanyaan di website tersebut. Dokter akan meresponnya. Ibu juga bisa ikut berdikusi di forum agar pengetahuan ibu tentang bagaimana merawat bayi semakin bertambah.

 

 

 

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

2 Comments on Sudah Benarkah Cara Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Ibu Lakukan?

  1. Saya dr bogor saya mw tanya klo mnjemur bayi sbaik nya sehabis mndi apa sbelum mandi

Leave a comment

Your email address will not be published.


*