Sudah Benarkah Cara Anda Menjaga Kesehatan Balita

konsultasi dokter anak

sumber: www.facebook.com/ibudanbalita

 

Menjaga kesehatan balita itu suatu kewajiban. Sayangnya, banyak ibu yang tidak sadar ternyata mereka justru membahayakan kesehatan balita. Memberikan obat yang tidak sesuai lantaran bayi menderita demam seolah-olah menjadi hal yang lumrah. Padahal, hal tersebut belum tentu langkah efektif dan cara yang direkomendasikan dokter balita.

Untuk itu, Anda harus tahu cara menjaga kesehatan bayi agar Anda tahu bagaimana cara tepat menangani masalah-masalah yang sering di alami balita Anda. Berikut informasi tentang jenis penyakit yang sering menyerang balita dan cara penanganan yang tepat.

  1. Sembelit

Apakah balita Anda sering menjerit kesakitan ketika BAB atau buang air besar? Susah BAB atau sembelit pada bayi merupakan hal yang lumrah, apalagi jika bayi baru mulai mendapatkan MPASI atau makanan pendamping asi. Sistem pencernaanya akan dipaksa untuk beradaptasi untuk menghancurkan jenis makanan baru yang lebih keras, tidak hanya ASI (air susu ibu).

Lalu, apa tindakan Anda jika balita Anda mengalami susah buang besar? Sebenarnya ada obat sembelit yang bisa juga diberikan kepada bayi. Akan tetapi, disarankan menggunakan obat dijadikan opsi paling akhir.

Alangkah lebih baik jika Anda memberikan makanan yang lembut seperti jus pepaya. Pepaya mudah dicerna usus sang bayi sehingga sembelit bisa teratas.

Selain itu, orang tua juga harus ikut membantu agar sang bayi bisa mengeluarkan BAB seperti memposisikan jongkok ketika BAB agar lubang anus bayi bisa terbuka lebih lebar.

  1. Demam

Biasanya balita akan demam jika badannya merasa capai. Apalagi jika balita Anda sudah mulai belajar merangkak atau berjalan. Pasti akan sering merasa capai dan akhirnya demam.

Anda sebagai orang tua harus tahu berapa tinggi suhu di mana balita dikatakan mengalami demam yang parah dan harus dibawa ke dokter. Anda juga harus mengerti gejala-gejala demam pada bayi yang harus Anda waspadai. Setidaknya, Anda tahu pertolongan pertama saat bayi demam itu seperti apa.

Ada obat paracetamol khusus untuk bayi. Akan tetapi, jika tidak terlalu panas, Anda bisa mencoba untuk menenangkan sang bayi dengan cara memberikan asupan gizi yang lebih. Berikan ASI yang lebih banyak dari biasanya. ASI merupakan obat paling aman dan paling efektif untuk menurunkan panas balita.

Itulah mengapa para pakar kesehatan balita mengatakan cara menjaga kesehatan balita yang paling manjur adalah memberikan ASI eksklusif. Karena hanya dengan ASI eksklusif, antibiotik balita akan terbentuk lebih cepat dan lebih kuat.

  1. Batuk

Penyebab batuk pada balita yang paling sering terjadi adalah infeksi virus. Oleh karena itu, tidak ada cara yang lebih tepat selain memberikan ASI lebih banyak daripada biasanya ketika sang balita dalam keadaan normal.

Bagaimana dengan balita yang sudah tidak minum ASI? Anda bisa konsultasi dokter anak untuk mendapatkan informasi tentang obat batuk dengan dosis yang tepat untuk anak Anda. Pasalnya, setiap anak memiliki kondisi yang berbeda sehingga dokter anaklah yang tahu persis berapa dosis obat batuk untuk anak.

Tentu masih banyak jenis penyakit pada balita lainnya. Dalam hal ini, Anda harus sering mencari informasi entah di majalah kesehatan balita atau di forum online tentang kesehatan balita.

Sebagai orang tua, Anda pasti tidak ingin melihat balita Anda sakit. Balita Anda akan sering menangis, merasa lemas, dan tidak ceria seperti biasa. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk selalu mengupdate informasi terbatu tentang cara menjaga kesehatan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*