Solusi Tepat Ketika Berat Badan Bayi Turun Karena Kurang Mendapatkan ASI

berat badan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Berat badan bayi bisa saja turun secara signifikan dan hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan. Namun, ibu tidak perlu panik. Jika terlalu panik, ibu tidak bisa mencari tahu dengan jelas apa yang menjadikan berat badan si kecil turun.

Hal yang harus ibu lakukan pertama kali adalah mereview apa yang sudah ibu lakukan dan berikan kepada si kecil semala ini. Bagaimana dengan ASI ibu? Apakah bayi ibu sering menangis ketika menyusui? Jika ya, kemungkinan bayi ibu tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Untuk ibu yang berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif, usaha keras harus dilakukan. Lakukan beberapa hal berikut agar ibu bisa menyuplai ASI sesuai kebutuhan si kecil.

Makan Makanan yang Berkuah

Mungkin ibu pernah mendengar nasehat orang tua dulu agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya lebih sering mengkonsumsi makanan yang berkuah. Kalau ibu membuat sayuran, buatlah sayuran yang kuahnya lebih banyak. Apakah ibu pernah dinasehat seperti itu?

Ternyata, hal tersebut benar adanya, bukan hanya sekedar cerita atau mitos tanpa bisa dibutuktikan secara ilmiah. Jika berat badan bayi turun drastis karena ibu tidak bisa memberikan ASI yang cukup, silakan coba untuk mengkonsumsi makanan yang berkuah dalam kurun waktu satu atau dua minggu dan lihat hasilnya.

Ada dua sayuran berkuah yang bisa ibu coba dulu, yaitu sayur bayam bening dan sayur daun katuk. Dua jenis sayuran ini sering disarankan oleh orang tua untuk ibu konsumsi setiap hari. Jangan lupa, ibu lebih banyak mengkonsumsi kuahnya, ya.

Minum Air Putih

Agar produksi ASI lancar sehingga berat badan bayi normal, ibu harus rajin minum air putih. Para ahli kesehatan menyarankan agar ibu menyusui minum air putih 3 liter sehari. Cara ini sangat membantu untuk menaikkan berat badan si kecil.

Bahkan, ibu juga bisa menyiapkan air putih setiap kali ibu menyusui. Praktekkan dan buktikan sendiri hasilnya.

Memberikan Perawatan terhadap Payudara

Sayang sekali jika ibu baru mengetahui tips memperlancar ASI ketika si kecil sudah lahir. Cara yang satu ini harus dilakukan ketika masa kehamilan. Merawat payudara dengan cara pemijatan akan merangsang payudara ibu memproduksi hormone. Hormone tersebut akan membuat kontraksi sehingga sel akan masuk ke dalam lubang kecil pada paru-paru. Selanjutnya, ASI akan diproduksi lebih mudah.

Perawatan ini sangat disarankan untuk dilakukan ketika masa kehamilan masuk usia 5-6 bulan. Dengan cara ini, ketika si kecil sudah lahir, produksi ASI akan banyak dan bayi tidak akan kekurangan ASI sehingga bayi sehat.

Menyusui di Malam Hari

Kapan biasanya ibu memberikan ASI? Tentu saja siang dan malam hari. Namun, mulai sekarang, ibu tidak boleh bermalas-malasan memberikan ASI di malam hari. Pasalnya, malam merupakan waktu di mana produksi ASI lebih banyak.

Namun, ibu tidak boleh memberikan ASI dari botol. Ibu harus memberikan ASI langsung dari payudara ibu. Ini adalah cara yang tepat untuk menstimulus ASI agar lebih banyak diproduksi.

Cara-cara tersebut pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Hanya saja, konsistensilah yang sering menjadi permasalahan. Jika ibu memang benar-benar ingin melihat bayi ibu sehat dengan berat badan yang ideal, ibu harus semangat menerapkan tips tersebut di atas. Lakukan secara konsisten dan ibu akan melihat produksi ASI semakin lancar dan berat badan bayi naik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*