Solusi Anak Susah Makan Sayur

Solusi Anak Susah Makan Sayur Source: bbcgoodfood.com

ceritawanitamodern.com – Ibu pantas khawatir jika anak susah makan sayur. Bagaimanapun juga sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Kandungan serat yang sangat tinggi membuat anak terhindar dari masalah pencernaan seperti diare dan susah buang air besar.

Bisa saja ibu memberikan multivitamin yang mengandung sayuran. Toh sekarang ada sayuran yang diekstrak ke dalam sebuah kapsul atau tablet. Namun, sampai kapan ibu akan memberikan multivitamin tersebut?

Tidak ada yang lebih baik melainkan sayuran yang masih alami. Sekalipun ada sayuran yang sudah diekstrak dengan menggunakan teknologi paling modern sekalipun, sebaiknya ibu mencari solusi mengatasi anak mogok makan sayur daripada memberikan multivitamin seperti itu.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

  1. Berikan Banyak Opsi Sayuran

Terkadang ibu sebagai orang tua tidak memberikan pilihan kepada si kecil. Ibu asal memilihkan sayur saja tanpa menanyakan apakah si kecil suka atau tidak. Apalagi jika anak ibu sudah balita dan sedikit banyak sudah bisa bicara, akan lebih baik jika ibu bertanya dulu sayuran apa yang ia makan.

Ibu bisa ajak si kecil ke dapur. Sajikan beberapa sayuran mentah ke dalam wadah. Biarkan anak ibu memilih sendiri. Ini menjadi stimulus bagi anak ibu agar lebih suka dengan sayuran.

  1. Ajak Berbelanja

Mungkin cara yang paling tepat untuk mengatasi anak yang susah makan sayuran adalah dengan memberikan stimulus. Mengenalkannya pada berbagai  jenis sayuran menjadi stimulus yang sangat efektif.

Dalam hal ini, ibu bisa mengajak anak ke pasar untuk membeli berbagai jenis sayuran. Meskipun ibu hanya membeli satu atau dua jenis sayuran saja, setidaknya anak ibu tahu ternyata banyak sekali jenis sayuran yang bisa ia konsumsi. Sembari berbelanja, ibu bisa memberitahu nama-nama dari sayuran yang ada di pasar tersebut.

  1. Masak Bersama Si Kecil

Apakah anak ibu sudah berusia sekitar 3 tahun? Atau bahkan lebih dari 3 tahun? Ibu bisa mengajak si kecil untuk mempersiapkan menu makanannya sendiri. Dengan cara ini, maka ia akan mengapresiasi apa yang ia sudah masak sendiri. Ia akan melahap masakan yang sudah ia buat sendiri.

  1. Memberikan Teladan

Ibu tahu film Popeye? Ibu pasti familiar. Mungkin sekarang anak-anak sudah tidak tahu tokoh kartun yang satu ini. Popeye bisa dijadikan teladan bagi anak agar ia semakin rajin makan sayur. Tokoh tersebut memberitahu kepada anak pentingnya mengkonsumsi bayam. Dengan mengkonsumsi bayam, maka ia hebat dan kuat.

Ingat ya bu, anak itu meniru tokoh-tokoh seperti itu. Akan lebih baik jika ibu menyiapkan film kartun yang mengedukasi si kecil tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran. Toh sekarang mudah sekali mendownload video kartun yang edukatif.

Sekarang, mana solusi balita susah makan yang sepertinya efektif untuk ibu terapkan? Yang pasti, jangan sampai ibu membiarkan si kecil tidak mau makan sayur. Jika ibu biarkan, maka ketika dewasa nanti ia akan semakin sulit mengkonsumsi sayuran.

Ibu bisa konsultasikan dengan pakar kesehatan balita jika ibu merasa sudah semua cara ibu lakukan namun si kecil tetap susah makan. Daftarkan diri ibu di situs tersebut dan ibu bisa konsultasi secara online dengan ahlinya secara langsung. Jadi, ibu bisa mendapatkan jawaban yang lebih komprehensif mengenai masalah anak susah makan sayuran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*