Si Kecil Mengalami Batuk Disertai Muntah, Apa Penyebabnya?

Ibu dan balita

https://www.ibudanbalita.com/

Saat musim hujan tiba, anak kecil sering sekali mengalami masalah kesehatan seperti batuk. Tak jarang juga anak kecil mengalami batuk yang disertai dengan muntah. Apakah itu artinya batuk yang dialami begitu parah? Sebenarnya ada banyak sekali jenis batuk yang bisa dialami oleh anak kecil seperti batuk mendadak, batuk di malam hari, serta batuk pilek. Dan setiap batuk tersebut penyebabnya berbeda. Ibu bisa pelajari lebih lengkap lagi di situs ibu dan balita.

Bagaimana dengan batuk yang disertai dengan muntah?

Penyebab Batuk Disertai Muntah

Beruntung sekali. Ibu tidak perlu khawatir. Ternyata, batuk yang disertai dengan muntah itu bukan hal yang perlu ditakutkan. Menurut pakar kesehatan anak, hal tersebut sangat wajar.

Muntah yang terjadi setelah batuk itu umumnya disebabkan karena ada lendir yang mengalir ke lambung saat si kecil batuk. Pada saat itulah lendir tersebut memicu lambung untuk mengeluarkan apa yang ada di dalam lambung tersebut. Akibatnya si kecil ketika batuk langsung muntah.

Jadi, bukan berarti batuk yang disertai dengan muntah itu batuk yang parah. Muntah yang keluar itu hanya refleks atau akibat dari batuk.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak perlu melakukan apa-apa. Umumnya, batuk yang dialami oleh si kecil itu berlangsung paling lama satu minggu. Pada kurun waktu itulah badan si kecil mengalami peningkatan kekebalan tubuh dan virus penyebab batuk tersebut diserang secara otomatis oleh tubuh si kecil.

Hanya saja, jika batuk dialami selama lebih dari satu minggu, ada hal yang perlu ibu lakukan.

Saat Si Kecil Batuk

Yang paling penting adalah ibu memberikan kenyamanan. Terkadang batuk juga disertai dengan demam. Jika batuk disertai dengan muntah, tubuhnya akan sangat lemas karena makanan yang ia konsumsi dikeluarkan semua. Dan ia pun biasanya tidak memiliki nafsu makan lagi.

Oleh sebab itu, yang diperlukan hanya kasih sayang dari ibu. Sebaiknya ibu mencurahkan perhatian yang lebih.

Selain itu, ibu perlu memberikan menu makanan yang bisa meningkat kekebalan tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, batuk merupakan respon yang menunjukkan kekebalan tubuh si kecil menurun.

Ada banyak sekali menu makanan yang dengan mudah ibu buat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Silakan ibu catat bahan apa saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak di www.ibudanbalita.com.

Jika kelihatannya batuk yang dialami oleh si kecil semakin parah, atau bahkan muntah yang dialami justru membuat si kecil semakin lemas sehingga sama sekali tidak bisa beraktivitas seperti biasa, sebaiknya ibu konsultasi dengan dokter anak segera.

Atau ibu bisa konsultasi online terlebih dahulu barangkali ibu mendapatkan nasehat yang sudah cukup untuk mengatasi masalah yang dialami oleh si kecil.

Hanya saja, jika ibu tidak yakin, ibu bisa langsung membawa anak ibu ke dokter anak.

Yang pasti, batuk itu merupakan penanda di mana sistem kekebalan tubuh si kecil menurun. Semakin besar, anak ibu membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat lho.

Selain itu, musim juga mempengaruhi. Ketika musim hujan tiba, ibu harus memperhatikan kesehatan si kecil lebih banyak dari biasanya.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu semakin tahu bagaimana menjadi seorang orang tua yang bijak.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itu kata pepatah. Dan sebelum si kecil mengalami batuk yang parah, sebaiknya ibu melakukan pencegahan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*