Si Kecil Kok Susah Sekali Makan Buah

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com

Apakah balita ibu tiba-tiba tidak suka buah? Tenang saja. Bukan balita ibu saja yang mengalami hal tersebut. Tidak sedikit balita yang tiba-tiba menolak mengkonsumsi buah-buahan.

Padahal sebagai orang tua, tentu saja ibu ingin sekali balita sehat, bukan? Dan salah satu caranya adalah dengan membiasakan si kecil mengkonsumsi buah.

Bagaimana jika si kecil tidak suka? Masih ada alternatif lainnya seperti memberikan susu balita. Akan tetapi, tetap saja ibu harus upayakan si kecil mau makan buah ya.

Apa yang harus ibu lakukan? Berikut ini beberapa hal yang bisa ibu coba lakukan.

1. Cari Penyebabnya

Kira-kira apa yang menjadi penyebab si kecil tiba-tiba susah makan buah? Ada balita yang tidak suka buah lantaran pernah mengkonsumsi buah yang rasanya tidak enak.

Ibu pasti ingin memperkenalkan semua jenis buah kepada si kecil. Namun, jangan paksakan ya bu. Jika anak tidak mau mengkonsumsi salah satu buah, biarkan saja. Ganti dengan buah yang lain.

Memaksa si kecil untuk makan buah yang ia tidak suka justru akan menjadikan trauma. Dan jika ini terjadi, maka bisa saja si kecil akan menolak mengkonsumsi buah apapun.

2. Mencoba Buah yang Baru

Mungkin saja si kecil tidak mau makan buah lantaran ia bosan dengan buah yang itu-itu saja.

Maka, lebih baik ibu coba memberikan buah yang lain. Ibu bisa coba berikan buah alpukat mengingat manfaatnya sangat bagus untuk perkembangan balita. Di situs ibu dan balita, sudah dijelaskan secara gamblang betapa buah alpukat sangat baik untuk tumbuh kembang balita.

Tentu tidak hanya buah alpukat saja. Masih banyak jenis buah lainnya yang bisa ibu coba.

3. Penyajian yang Berbeda

Bagaimana ibu menyajikan buah untuk si kecil selama ini? Apakah dibuat jus? Ibu bisa coba menyajikan buah dengan cara yang berbeda. Seperti contoh, ibu bisa sajikan buah dalam bentuk sup.

Atau, ibu bisa sajikan buah dengan bentuk yang unik sesuai dengan yang disukai oleh si kecil. Banyak sekali menu makanan yang terbuat dari buah yang bisa ibu tiru. Dan ini bisa menjadikan si kecil suka lagi untuk mengkonsumsi buah-buahan.

4. Si Kecil Harus Berpartisipasi

Ada baiknya ibu mengajak si kecil pergi ke pasar untuk membeli buah. Ibu bisa memperkenalkan berbagai jenis buah kepada si kecil.

Biarkan si kecil memilih buah apa yang ia sukai. Dengan membuatnya berpartisipasi untuk memilih dan membeli buah, maka ia akan semakin tertarik dan akhirnya mau mengkonsumsi buah-buahan.

Akan lebih baik lagi jika sesampainya di rumah, ibu ajak si kecil untuk menyiapkan buah tersebut. Ibu bisa mengupas buah sementara itu si kecil mempersiapkan seperti garpu dan piringnya. Ajak juga si kecil untuk mendesain buah yang disajikan.

Jika ibu memiliki cetakan buah yang menarik, ibu bisa juga mengajak si kecil mencetak buah tersebut lho. Biarkan si kecil asyik dengan kegiatan menyenangkan tersebut terlebih dulu.

Pada intinya, buat si kecil tertarik terlebih dahulu. Maka ibu bisa dengan mudah membuat si kecil mau mengkonsumsi buah-buahan.

Mungkin ibu ingin konsultasikan dengan pakar perkembangan balita tentang hal ini. Silakan saja ibu bisa konsultasi secara online di www.ibudanbalita.com. Di sana ibu bisa bebas bertanya apa saja yang berkaitan dengan perkembangan balita termasuk persoalan yang ibu hadapi berhubungan dengan si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*