Setelah Tahu Mitos Ini, Banyak Ibu Hamil Suka Burjo

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Hidup di dalam mitos. Sepertinya masyarakat Indonesia belum bisa sepenuhnya meninggalkan mitos. Banyak hal yang dipengaruhi oleh mitos, tak terkecuali seputar kehamilan.

Sayangnya, ada mitos yang tidak sesuai dengan ilmu kesehatan yang akibatnya membahayakan. Namun, tidak sedikit juga mitos yang ternyata sesuai dengan ilmu kesehatan.

Contohnya saja mitos mengkonsumsi burjo atau bubur kacang ijo atau bubur kacang hijau. Dan setelah tahu mitos tersebut, banyak ibu hamil yang akhirnya suka dengan burjo.

Bagaimana tinjauan ilmiahnya? Ibu ketahui dulu mitos yang dipercayai oleh masyarakat tentang bubur kacang hijau sampai saat ini.

Mitos Bubur Kacang Hijau

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi bubur kacang hijau katanya bisa membuat bayi lahir dengan rambut yang lebat. Bagi ibu yang ingin sekali melihat anaknya nanti memiliki rambut yang subur, mereka rela mengkonsumsi burjo sebagai menu sarapan setiap pagi.

Bagaimana dengan ibu? Apakah ibu percaya?

Memang kebanyakan ibu yang ketika hamil mengkonsumsi bubur kacang hijau memiliki bayi dengan rambut yang lebat. Inilah yang menjadikan mitos tentang bubur kacang hijau ini dipercaya hingga saat ini.

Tinjauan Ilmiah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa mitos yang sesuai dengan tinjauan ilmu kesehatan. Salah satunya mitos tentang bubur kacang hijau.

Setelah dilakukan penelitian, bubur kacang hijau ternyata menstimulus akar pertumbuhan akar rambut bayi yang masih ada di dalam rahim.

Jadi, sama bukan dengan mitos yang dipercayai masyarakat sampai saat ini?

Namun, tidak itu saja yang membuat bubur kacang hijau ini penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain menyuburkan akar rambut bayi, bubur kacang hijau juga mengandung serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya selama masa kehamilan.

Lebih dari itu, diketahui pula bawasannya kacang-kacangan mengandung protein yang sangat tinggi. Protein ini dibutuhkan oleh janin untuk berkembang. Bahkan, jika dokter memberitahu ibu bawasannya bayi yang ibu kandung memiliki berat badan di bawah angka

normal, ibu bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau agar berat badan bayi di dalam kandungan bisa normal.

Sudah terjawab bukan bubur kacang hijau itu bagus untuk kesehatan ibu hamil dan juga bayi di dalam kandungan?

Manfaat Burjo Khusus untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan ibu hamil itu sangat penting. Karena jika kesehatan ibu hamil baik, maka perkembangan bayi di dalam rahim pun baik.

Dan ada manfaat yang diberikan burjo untuk kesehatan ibu hamil. Ingin tahu apa saja manfaat tersebut?

Yang pertama, bubur kacang hijau merupakan sumber energi. Itulah mengapa sangat tepat jika ibu menjadikan bubur kacang hijau sebagai menu sarapan di pagi hari.

Yang kedua, bubur kacang hijau mengandung karbohidrat baik atau karbohidrat kompleks. Dengan demikian, ibu tidak cepat merasa lapar jika sudah mengkonsumsi bubur kacang hijau.

Yang ketiga, bubur kacang hijau tidak membuat gemuk. Jika ibu memiliki masalah dengan kelebihan berat badan saat hamil, ibu bisa mengkonsumsi burjo. Selain untuk mencegah obesitas, burjo juga menjaga agar ibu tetap mendapatkan energi yang diperlukan untuk beraktivitas setiap hari.

Setidaknya ibu sekarang percaya manfaat burjo bukan hanya berdasarkan mitos saja, tapi juga berdasarkan fakta ilmiah. Untuk lebih lengkapnya tentang bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil, ibu bisa bergabung dengan komunitas ibu hamil di www.ibudanbalita.com.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*