Setelah Perjalanan Jauh, Si Kecil Mengalami Masalah Pencernaan. Kenapa Ya?

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Banyak orang tua yang tidak berani mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh entah itu untuk bersilaturahmi ke tempat kakek nenek, ke tempat saudara, atau untuk berlibur. Alasannya, mereka takut si kecil sakit.

Memang sering sekali anak yang masih kecil pulang dari perjalanan jauh mengalami masalah pencernaan. Hal ini disebabkan mereka kurang begitu memperhatikan apa saja yang perlu dilakukan ketika mengajak si kecil perjalanan jauh.

Sekarang, ibu sudah tidak perlu khawatir lagi membawa si kecil melakukan perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan ibu sudah tahu apa saja yang perlu ibu lakukan.

Akan tetapi, sebelum ibu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan, ibu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan si kecil mengalami masalah pencernaan ketika melakukan perjalanan jauh.

Penyebab Masalah Pencernaan Ketika Bepergian

Memang penyebabnya berbeda-beda. Akan tetapi, tiga hal berikut ini yang sering menjadikan si kecil mengalami masalah penceraan ketika bepergian jauh.

Yang pertama, makanan yang kurang higienis. Terkadang ibu tidak menyadari jika ternyata makanan yang ibu beli di tempat makan ternyata kurang higienis, entah itu bahan makanannya atau tempat yang digunakan. Karena inilah si kecil mengalami penyakit perut.

Selain itu, bisa juga masalah pencernaan pada anak disebabkan kurangnya serat. Terkadang ibu asal-asalan dalam memberikan menu makanan ketika bepergian. Yang penting, si kecil makan dan kenyang. Ibu tidak begitu memperhatikan apakah kandungan serat pada menu makanan yang ibu berikan sudah cukup atau tidak.

Padahal, serat yang cukup menjadi syarat utama agar si kecil tidak mengalami masalah pada sistem pencernaannya.

Faktor penyebab yang terakhir adalah kurang cairan. Ketika dalam perjalanan jauh, sebaiknya si kecil mengkonsumsi lebih banyak cairan. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah si kecil mengalami konstipasi atau sembelit. Sayangnya terkadang si kecil susah sekali untuk diminta untuk minum air dalam jumlah yang banyak ketika perjalanan.

Yang Perlu Disiapkan Ketika Mengajak Si Kecil Bepergian

Untuk mencegah si kecil mengalami masalah pencernaan, ada beberapa hal yang perlu ibu siapkan.

  1. Air Putih

Ibu harus siapkan air putih dalam jumlah yang banyak. Air putih akan menghindarkan si kecil mengalami konstipasi serta dehindrasi selama perjalanan.

  1. Cemilan yang Sehat

Agar si kecil tidak kelaparan ketika bepergian, ibu bisa siapkan cemilan yang sehat. Akan lebih baik jika ibu menyipakan cemilan yang bernutrisi dan mengandung serat.

  1. Menyiapkan Menu Makanan Sendiri

Untuk yang satu ini, ibu bisa lihat resep menu makanan yang bisa ibu bawa di perjalanan. Resep tersebut bisa ibu dapatkan di www.friso.co.id

  1. Membawa Susu

Ini wajib dibawa. Susu mengandung semua nutrisi harian yang dibutuhkan oleh si kecil. Dengan mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian, kesehatan anak ibu akan terjaga dan ia tidak akan mengalami masalah kesehatan selama atau setelah perjalanan.

Ada baiknya juga ibu memberikan pijatan kepada si kecil ketika sudah sampai di rumah. Karena getaran selama di kendaraan membuat otot tegang. Dengan memijat, anak ibu akan semakin rileks dan tidak merasa kelalahan walaupun pulang dari perjalanan jauh.

Dengan demikian, si kecil bisa istirahat dan tidur pulas di rumah. Setelah beberapa hari, kondisi tubuhnya akan fit dan tidak ada masalah kesehatan yang perlu ibu khawatirkan.

Jadi, apakah ibu siap untuk membawa si kecil untuk liburan ke luar kota?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*