Sering Gumoh, Mungkin Bayi Mengalami Hipersensitif

bayi gumoh www.friso.co.id

Gumoh sering disebut sebagai pertanda bawasannya bayi sudah berkembang dengan baik. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh orang-orang tua zaman dahulu.

Benarkah demikian?

Sebenarnya tidak ada kajian ilmiah untuk mengatakan pendapat mereka tersebut benar. Yang terjadi justru sebaliknya. Dari beberapa kajian ilmiah pada ahli kesehatan bayi, ditemukan bawasannya sering gumoh merupakan tanda di mana bayi menglaami hipersensitif.

Apa Itu Hipersensitif?

Masalah yang satu ini berhubungan dengan saluran pencernaan. Tidak semua bayi memiliki saluran cerna yang baik. Ada yang hipersensitif. Itu artinya ibu tidak bisa memberikan susu atau makanan sembarangan.

Hipersenstif bisa terjadi karena si kecil alergi terhadap susu. Jika ia berusia di atas 1 tahun dan sudah boleh mendapatkan susu formula, pastikan susu balita terbaik yang ibu berikan. Dalam hal ini, sangan disarankan ibu memberikan susu Friso yang sudah terbukti kandungannya lengkap dan seimbang.

Dengan demikian, kemungkinan besar tidak mengalami alergi dan tidak muntah setiap kali minum susu.

Akan tetapi, hipersensitif ini tidak hanya berkaitan dengan susu saja. Hal ini terjadi bisa disebabkan karena menu makanan yang ibu berikan.

Dalam hal ini, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Muntah atau gumoh tidak menjdi satu-satunya tanda bawasannya si kecil mengalami hipersensitif.

Tanda-Tanda Bayi Mengalami Hipersensitif

Jika bayi hanya gumoh atau muntah, itu mungkin sangat wajar. Akan tetapi, jika gumoh tersebut disertai dengan hal berikut ini, maka besar kemungkinan ia mengalami hipersensitif.

  1. Buang Angin Keras

Ingat, hipersensitif ini berhubungan dengan sistem pencernaan. Jadi, bayi yang mengalami masalah ini biasanya buang angin keras dan juga sering.

Jadi, selain gumoh, ia juga sering buang angin yang keras.

  1. Sering Buang Air Besar

Berapa kali bayi buang air besar secara normal? Yang paling normal, bayi akan BAB sekali sehari atau sekali dua hari.

Namun, jika ia BAB lebih dari sekali sehari dan bahkan cenderung encer seperti diare, maka mungkin saja si kecil mengalami hipersensitif.

  1. Lidah Berwarna Putih

Untuk yang satu ini, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu. Pasalnya, lidah yang berwarna putih bisa saja disebabkan karena jamur susu. Namun, bisa juga itu adalah tanda hipersensitif.

  1. Keluar Banyak Air Liur

Apakah si kecil sering “ngeces”? Jika ya, patut diduga si kecil mengalami hipersensitif

  1. Muncul Bintik Merah Pada Kulit

Ini yang paling mudah dilihat. Bayi yang sensitif terhadap minuman atau makanan tertentu, maka akan muncul bintik-bintik merah pada kulitnya.

Jika lima tanda tersebut muncul, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter anak.

Dalam melakukan konsultasi, ibu mungkin akan ditanya apa makanan atau minuman yang ibu berikan kepada si kecil. Karena dokter anak akan melakukan analisa dasar kemungkinan si kecil mengalami hipersensitif.

Ibu bisa kunjungi www.friso.co.id untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Di sana, ibu bisa bebas bertanya mengenai kesehatan anak.

Yang pasti, ibu tidak boleh menganggap sepele dengan masalah seperti ini. Sistem pencernaan yang baik akan menentukan perkembangan anak. Oleh sebab itu, obati dulu masalah pada sistem pencernaan anak terlebih dahulu baru kemudian ibu bisa lanjutkan dengan program perkembangan anak lainnya.

Biarkan sistem pencernaan bekerja dengan baik terlebih dahulu. Karena inilah yang membuat nustrisi bisa diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*