Sepele, Tapi Sangat Mengganggu Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan ibu hamil itu harus dijaga karena kesehatannya merupakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan juga. Sayangnya, banyak wanita hamil yang menyepelekan hal-hal kecil berikut. Padahal, beberapa hal yang mereka sepelekan memicu keluhan-keluhan yang sering mereka rasakan selama masa kehamilan.

Banyak sekali hal-hal besar yang bisa mereka lakukan seperti hanya mengkonsumsi makanan sehat, minum susu ibu hamil, dan lain sebagainya. Sayangnya, mereka menyepelekan hal-hal kecil yang justru menjadi penyebab turunnya tingkat kesehatan wanita hamil.

Apa saja hal sepele tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Lembur Kerja

Jika ibu seorang wanita karir, maka sangat susah sekali untuk menghindari lembur kerja. Apalagi ibu seorang business woman yang harus melayani banyak sekali customers. Sering kali kondisi memaksa ibu harus kerja lembur lantaran ibu harus mengejark karir atau memperbesar bisnis ibu.

Memang terdengar baik-baik saja. Banyak yang menganggap selama ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki energi yang cukup untuk lembur, maka hal tersebut tidak masalah. Padahal, lembur kerja itu memicu beberapa penyakit seperti darah tinggi. Tidur terlalu malam akan memicu munculnya darah tinggi, khususnya wanita.

Apakah ibu tahu apa yang terjadi jika ibu hamil dan mengalami masalah darah tinggi? Resikonya sangat tinggi. Perkembangan janin akan terganggu dan bahkan ada kemungkinan ibu harus melahirkan melalui Caesar.

Belum lagi jika ibu harus makan di malam hari padahal sudah dinner. Lembur memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan. Pasalnya, mereka membutuhkan tenaga untuk mengerjakan pekerjaan.

Tentu saja hal tersebut akan semakin memperburuk kesehatan wanita hamil. Memang terdengar sangat sepele namun fakta tersebut di atas merupakan beberapa efek dari lembur kerja.

Kehujanan

Saat musim hujan seperti sekarang ini, sangat sulit sekali untuk terhindar dari kehujanan, apalagi jika ibu lebih sering beraktivitas di luar rumah. Ibu bisa saja membawa payung atau selalu menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi, bagaimana dengan cuaca di luar? Apakah tubuh kuat menahan cuaca ekstrim pada musim hujan?

Orang yang tidak sedang hamil saja akan mudah sekali terserang penyakit pada waktu musim hujan. Daya tubuh mereka akan menurun sehingga rentan sekali terkena penyakit seperti flu, pilek, batuk, demam, dan lain sebagainya.

Tentu tidak masalah jika ibu tidak hamil. Akan tetapi, jika ibu sedang mengandung, apakah ibu akan mengkonsumsi obat-obatan jika terserang penyakit? Tentu saja ibu akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun selama masa kehamilan, terutama obat kimiawi. Untuk itu, sebaiknya ibu harus berhati-hati dan lebih ekstra dalam menjaga kesehatan ketika musim hujan agar ibu tidak sakit dan akhirnya tidak harus mengkonsumsi obat-obatan.

Dual hal tersebut di atas (lembur dan kehujanan) merupakan hal yang sepele, bukan? Khusus yang kedua, ibu harus sangat mewaspadai. Pasalnya, sekarang ini sedang mulai musim hujan.

Untuk menghindari kerja lembur, ibu bisa mendiskusikan pekerjaan yang harus ibu lakukan dengan atasannya. Ibu minta dispensasi agar kuota kerja tidak terlalu banyak supaya tidak harus lembur.

Sementara itu, agar daya tahan tubuh semakin kuat ketika musim hujan, usahakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Untuk minuman, ibu bisa mencoba jahe hangat. Minuman ini tidak hanya menghangatkan tubuh tapi juga memperkuat daya tahan tubuh sehingga resiko buruk terhadap kesehatan wanita hamil bisa dihindari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*