Sepele, Ini Dia Penyebab Anak Susah Makan

anak susah makan www.facebook.com/ibudanbalita

Anak susah makan bisa jadi karena ada masalah pada mulutnya. Itu yang sering dijelaskan di artikel-artikel kesehatan balita. Di berbagai forum kesehatan balita, ibu juga mungkin menemukan jawaban yang sama.

Ternyata, anak mogok makan itu tidak hanya disebabkan ada masalah di bagian mulut. Memang benar dalam beberapa kasus, si kecil enggan mengkonsumsi makanan karena mereka merasakan kesakitan di dalam mulutnya. Pada usia 11-12 bulan misalnya, kebanyakan akan menolak mengkonsumsi makanan. Karena pada saat itu, ada kemungkinan giginya mulai tumbuh. Ia merasakan sakit yang luar biasa sehingga enggan makan.

Namun, beberapa kasus anak susah makan sama sekali tidak berhubungan dengan kesehatan si kecil. Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut? Sangat sepele. Dan jika ibu tahu, ibu bisa mengatasi masalah anak yang susah makan.

Menu Makanan yang Sama

Berapa usia si kecil sekarang? Apakah sudah berusia 1 tahun ke atas? Pantas saja jika si kecil susah makan jika ibu memberikan menu makan yang itu-itu saja. Pada usia satu tahun ke atas, si kecil sudah merasakan mana makanan yang paling disukai dan mana yang tidak. Ia juga sudah merasakan bosan terhadap sesuatu.

Ibu bisa lihat berapa jumlah mainan yang sudah menarik bagi si kecil. Itu menandakan si kecil sudah lebih besar, tidak bayi lagi.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu Formula

Siapa yang bilang susu itu tidak baik? Semua orang tahu susu itu baik. Itula ibu-ibu selalu memastikan untuk memberikan si kecil susu formula terbaik, yaitu susu formula dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil untuk pertumbuhan serta susu yang diterima dan dapat dicerna oleh sistem pencernaan si kecil.

Namun, tahukah ibu memberikan susu formula terlalu banyak itu bisa membuat nafsu makanan si kecil hilang atau yang sering dikatakan anak susah makan? Hal itu memang benar adanya. Pasalnya, si kecil merasa sudah kenyang dengan hanya mengkonsumsi susu formula.

Ibu harus tahu banyak sekali kandungan yang ada di dalam susu balita seperti protein, kalsium, dan lain sebagainya. Sehingga, jika terlalu banyak mengkonsumsi susu balita, maka tubuh balita akan menolak makanan karena merasa sudah tidak memerlukan tambahan nutrisi lagi. Semua nutrisi balita sudah didapatkan dari susu formula.

Itulah mengapa pentingnya membuat jadwal pemberian susu agar ibu bisa memastikan anak tidak mendapatkan terlalu banyak susu sehingga kehilangan nafsu makanan. Dan satu lagi yang perlu ibu ketahui. Terlalu banyak mengkonsumsi susu formula bisa membuat obesitas. Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi pada sang buah hati, bukan?

Jadi, sepele bukan masalah yang mengakibatkan anak susah makan? Setelah tahu hal-hal tersebut di atas, diharapkan ibu bijak memperhatikan asupan gizi si kecil. Selain itu, perhatian harus tercurahkan agar bisa mendeteksi hal-hal yang baik bagi kesehatan si kecil yang mungkin terjadi. Hal tersebut diperlukan agar ibu tahu penyebabnya dan tahu bagaimana mengatasinya.

Dalan hal anak susah makan, tidak ada salahnya dengan anak ibu. Tidak ada gunanya juga ibu mengganti susu formula atau menambahkan suplemen penambang nafsu makan. Mulailah melakukan investigasi kecil untuk mencari tahu apa yang terjadi pada anak ibu. Jika tidak ada masalah dengan kesehatan mulutnya, maka bisa jadi ibu perlu menerapkan dua hal tersebut di atas, ganti menu makan serta kurangi asupan susu balita terbaik. Secara otomatis, ibu mengatasi masalah anak susah makan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*