Senam Hamil Permudah Proses Melahirkan

Senam hamil permudah proses melahirkan www.johnsonsbaby.co.id
Senam hamil permudah proses melahirkan

www.johnsonsbaby.co.id

Senam Hamil Permudah Proses Melahirkan – Senam hamil merupakan olahraga yang amat baik dilakukan untuk ibu hamil karena dinilai menjadi olahraga yang paling aman juga dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh ibu untuk menghadapi persalinan.  Senam hamil meliputi latihan-latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular. Olahraga ini aman dilakukan di berbagai usia kehamilan agar proses persalinan jauh lebih mudah dilakukan.

        Senam hamil dapat meningkatkan stamina tubuh ibu. Manfaat melakukan senam hamil secara teratur, antara lain:

  • Meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan.
  • Mengencangkan otot.
  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Memperkuat sendi.

Secara psikologis, senam hamil membuat Anda berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu Anda segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina semula.

Anda dapat melaksanakan senam hamil di rumah maupun di kelas senam hamil. Jika Anda mengikuti kelas senam hamil, gerakan-gerakan yang dilakukan akan relatif lebih aman karena berada di bawah arahan instruktur berpengalaman. Selain itu Anda akan merasa lebih nyaman karena merasa tidak sendiri dan dapat bertukar pikiran dengan ibu hamil lainnya. Namun Anda dapat juga melakukan senam hamil di rumah dengan panduan video atau buku yang terpercaya.

Gerakan yang biasanya dilakukan dalam senam hamil yaitu:

  1. Senam kegel

Senam Kegel melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul agar melahirkan lebih mudah. Selain itu, senam ibu hamil ini melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan rahim. Gerakan ini dapat dilakukan baik sambil duduk maupun berdiri. Durasi berkisar 3-10 detik, ulangi latihan 4 kali sehari.

  1. Latihan Pernafasan

Untuk melakukan latihan pernafasan, ada beberapa gerakan yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih posisi berdiri dengan kaki direnggangkan, mengangkat tangan perlahan sembari menarik nafas, tahan sejenak, dan turunkan tangan sembari melepaskan nafas. Lakukan latihan persiapan fisik menjelang persalinan satu ini minimal sebanyak 20 kali gerakan setiap harinya agar nafas Anda panjang dan siap menjalani persalinan.

  1. Senam Jongkok

Latihan berjongkok merupakan latihan persiapan fisik menjelang persalinan yang bertujuan untuk menguatkan otot panggul dan paha, melenturkan otot kemaluan, dan membuat posisi bayi tepat berada di jalur jalan lahir. Senam ibu hamil ini dilakukan dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan badan sampai posisi jongkok. Tahan selama 10 detik dan kembali ke posisi berdiri.

  1. Senam Panggul

Senam ibu hamil dengan cara memiringkan panggul dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama trimester ketiga. Ambil posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Tengadah ke atas sambil menarik dan melepas nafas. Lakukan dengan santai. Berlatihlah rutin beberapa kali sehari.

  1. Pose Tailor

Pose tailor yang disebut pose kupu-kupu dalam yoga dilakukan dengan duduk di lantai dan punggung lurus dinding. Kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah menyentuh lantai. Pose ini dapat menjaga kelenturan kaki supaya tetap nyaman saat melakukan persalinan.

Bagaimanapun dalam proses kehamilan ibu harus tetap bugar dan sehat, nah untuk mewujudkannya ikutilah senam hamil, karena senam hamil permudah proses melahirkan anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*