Senam Hamil itu Mengasikkan Lho

senam hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Senam kehamilan membosankan? Itu pendapat ibu-ibu yang tidak tahu bagaimana menikmati senam untuk kesehatan kehamilan ini. Apakah ibu juga merasakan hal yang sama?

Jika ya, maka ibu perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar ibu semakin semangat untuk melakukan senam ibu hamil. Yang jelas, senam kehamilan ini tidak hanya baik untuk menjaga kebugaran ibu, tapi juga untuk memperlancar proses persalinan nanti.

Yang jelas, ibu harus tahu bagaimana cara asyiknya menikmati senam ibu hamil ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengumpulkan Ibu-Ibu Hamil

Terkadang ibu hamil itu malas untuk melakukan apapun. Ada-ada alasannya. Ada yang sudah capai, ada yang merasa lesu untuk melakukan kegiatan, dan lain sebagainya. Ada saja alasan ibu hamil yang akhirnya lebih senang hanya berdiam diri di rumah, entah nonton TV atau mainan HP.

Mulai sekarang, ibu harus meninggalkan kegiatan bermalas-malasan tersebut. Bahkan, jika ibu tetap saja bermalas-malasan ketika waktu persalinan sudah hampir tiba, bukan tidak mungkin ibu tidak akan memiliki energi yang cukup untuk melahirkan si buah hati. Padahal, diperlukan energi yang cukup banyak untuk melahirkan bayi, apalagi jika ibu ingin sekali persalinan normal.

Untuk itu, ibu perlu melakukan senam hamil. Ibu bisa mengumpulkan para ibu hamil di sekitar rumah. Ajak mereka untuk berkumpul dan melakukan senam kehamilan, mungkin sekali seminggu. Tentu saja akan lebih bersemangat jika senam bersama-sama, bukan?

Ibu bisa memutuskan di mana akan melakukan senam ibu hamil. Instruktur senam senam bisa dipanggil untuk mengajari gerakan-gerakan senam untuk ibu hamil. Asal ibu tahu, beberapa gerakan senam ini memang didesain agar otot-otot pada bagian tertentu kuat sehingga tidak ada resiko kesulitan dalam proses persalinan.

Jadi, menyenangkan bukan melakukan senam hamil dengan ibu-ibu yang lain? Ibu juga bisa sesekali mengundang teman atau kenalan yang kebetulan seorang dokter. Di sana, ibu bisa mengadakan perbincangan santai tentang kehamilan. Tentu dengan adanya acara ini, akan banyak sekali ibu hamil yang mau bergabung bersama ibu-ibu hamil lainnya.

Alasan Kenapa Tidak Bersemangat Mengikuti Senam ibu Hamil

Dari beberapa ibu hamil di luar sana, ternyata bukan hanya malas yang menjadi alasan utama kenapa mereka tidak mau mengikuti senam hamil. Beberapa wanita hamil yang juga berkarir merasa sangat capai dengan kegiatan sehari-hari sehingga tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat praktek senam kehamilan.

Selain itu, terkadang jadwal senam juga tidak sesuai dengan waktu luang yang mereka miliki. Itulah mengapa dibutuh komunitas di mana jadwal melakukan senam ibu hamil bisa disesuaikan.

Sebenarnya sudah ada VCD senam ibu hamil yang bisa dibeli. Hanya saja, rasanya kurang bersemangat jika melakukan senam kehamilan sendirian di rumah. Itulah mengapa pentingnya komunitas ibu hamil. Jika perlu, ibu bisa mengajak semua ibu hamil di sekitar rumah untuk senam bersama-sama di rumah ibu. Ibu tinggal memutar VCD senam kehamilan dan ibu dan yang lainnya bisa senam bersama.

Banyak sekali yang memiliki anggapan yang salah bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sudah cukup. Tidak perlu lagi senam atau olahraga lain karena justru dikhawatirkan goncangan dari gerakan-gerakan tertentu bisa membahayakan bayi dalam kandungan. Ternyata tidak seperti itu. Kesehatan dan kebugaran tubuh ibu hamil itu bisa terjada dari dalam yaitu dengan memberikan nutrisi yang baik ibu hamil dan juga dari luar yaitu senam hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*