Senam Hamil itu Bukan untuk Ibu Hamil Usia Tua Saja

senam hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Senam hamil sering dikaitkan dengan proses persalinan. Itulah mengapa senam ini identik dengan ibu hamil tua, yaitu pada trisemester ketiga ketika sudah dekat masanya persalinan. Persepsi itu jelas salah. Sayangnya, persepsi tersebut diterima oleh masyarkat luas.

Jika ibu tahu manfaat dari senam ini, maka ibu tidak akan ketinggalan kelas senam ibu hamil yang mungkin diadakan di sekitar rumah ibu. Mulai dari hamil, ibu akan rajin sekali untuk datang entah sekali atau dua kali dalam satu minggu. Berikut beberapa manfaat senam hamil yang ternyata tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil tua saja.

Masalah Kehamilan Diatasi dengan Senam

Apakah ibu ikut dalam forum diskusi ibu hamil? Di sana, ibu akan mendapatkan informasi penting seputar kehamilan. Pasalnya, ibu-ibu hamil di forum tersebut saling bercerita, sharing pengalaman, serta saling memberikan masukan jika salah anggota mengalami keluhan seputar kesehatan. Bahkan, ada juga forum yang ditangani langsung oleh ahli seperti bidan dan dokter kandungan.

Namun, apakah mendapatkan informasi saja cukup? Tentu saja tidak. Ibu mungkin mendapatkan informasi kesehatan kehamilan seperti jenis makanan sehat ibu hamil. Tapi, makanan saja tidak cukup. Makanan itu suplemen dari luar. Sementara, ibu harus melakukan sesuai agar suplemen bekerja lebih optimal.

Senam hamil salah satu yang bisa ibu lakukan. Menurut ahli kandungan, senam ibu hamil bisa menghindari dari obesitas. Ibu pasti sudah tahu apa yang terjadi jika ibu mengalami obesitas atau kegemukan ketika hamil. Resiko terburuk adalah keguguran.

Tentu saja tidak ada keinginan untuk menakut-nakuti, tapi itu faktanya. Sementara itu, yang paling sering terjadi, ibu hamil yang mengalami obesitas biasanya proses persalinannya sulit. Tekanan darah tinggi sehingga membahayakan ibu dan juga bayi. Untuk itu, mengkonsumsi makan-makanan sehat, minum susu rendah gula, serta senam hamil.

Keluhan kesehatan yang sering ibu alami adalah nyeri punggung. Hal ini bisa diakibatkan kekurangan kalsium atau memang ibu merasa lelah dengan pekerjaan setiap hari. Jika ibu kekurangan kalsium, ibu bisa mengkonsumsi susu hami tinggi kalsium. Namun, ibu juga sebaiknya mengikuti senam ibu hamil. Ada beberapa gerakan yang akan memperkuat persendian sehingga ibu tidak merasakan nyeri lagi pada bagian punggung.

Senam Ibu Hamil Di Rumah

Tentu saja ada banyak sekali keluhan kesehatan yang bisa diatasi dengan cara melakukan senam hamil. Yang jelas, ibu akan merasa bugar dan semangat selama masa kehamilan. Ibu tidak akan merasa cepat lelah.

Sayangnya, banyak alasan ibu-ibu hamil tidak bisa mengikuti kelas senam kehamilan. Ada yang beralasan sibuk kerja dan sering lembur ketika weekend.

Tentu saja tidak ada orang yang tidak sibuk. Bahkan ibu rumah tangga pun sibuk membersihkan rumah, memasak, dan melayani suami.

Seharusnya tidak ada lagi alasan seperti itu. Jika ibu tidak sempat pergi ke tempat senam ibu hamil bersama, ibu bisa membeli VCD yang memuat tutorial cara melakukan senam kehamilan. Jadi, ibu bisa memutarkan VCD tersebut di rumah kapan pun ibu memiliki waktu.

Hanya saja, semangatnya berbeda karena ibu melakukannya sendiri. Berbeda jika ibu melakukan senam bersama-sama ibu hamil lainnya. Ibu bisa tanya di forum diskusi ibu hamil tentang tempat senam kehamilan yang dekat dengan tempat tinggal ibu serta bisa disesuaikan dengan jadwal ibu. Jadi, tidak alasan kan untuk tidak melakukan senam hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*