Semakin Banyak Orang Tua yang Membawa Sang Buah Hati ke Klinik Perkembangan Anak. Ini Alasannya

perkembangan anak https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Menyenangkan sekali melihat kenyataan semakin banyak orang tua yang mau datang ke klinik perkembangan anak. Untuk apa membawa si kecil ke klinik kalau tidak sakit? Itu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang tua pada zaman dahulu. Namun, pola pikir orang tua zaman sekarang tidak demikian.

Tentu setiap orang tua memiliki alasan tersendiri kenapa memilih untuk secara rutin membawa anak ke klinik tumbuh kembang. Namun yang pasti, banyak sekali manfaat yang mereka dapatkan.

Syukur sekarang ini ada banyak sekali klinik yang dikhususnya untuk mengetahui perkembangan sang buah hati. Ada klinik tumbuh kembang di Rumah Sakit dan juga ada klinik terpadu. Jadi, sangat mudah sekali pada saat ini untuk mendapatkan pelayanan dari klinik semacam itu.

Untuk para orang tua yang belum pernah memanfaatkan fasilitas klinik ini, mungkin mereka harus tahu kenapa penting sekali untuk datang ke klinik ini dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan untuk tumbuh kembang anak.

Untuk Deteksi Dini

Orang tua tidak tahu apa yang mungkin terjadi pada si kecil terkait dengan perkembangannya. Namun, tidak dengan para ahli psikologi atau dokter anak yang melayani di klinik tumbuh kembang. Mereka sudah terdidik untuk melakukan deteksi dini perkembangan sang buah hati.

Dengan keilmuan yang mereka miliki, psikolog dan dokter anak akan melakukan deteksi dini terhadap apa saja yang mungkin dialami oleh si kecil pada masa mendatang. Hal ini bukan mistis karena deteksi ini lebih bersifat medis. Ada hal-hal yang bisa diprediksi mengenai kesehatan fisik maupun psikis.

Beberapa kasus terjadi di mana orang tua tidak sadar ternyata anak mereka mengalami down syndrome. Mereka merasa tidak ada yang aneh dengan perkembangan balita mereka. Akan tetapi, ternyata anak mengalami down syndrome.

Mereka tidak melakukan deteksi dini tentu sangat shock. Tapi, jika mereka rajin membawa anak mereka ke klinik tumbuh kembang, mereka akan mengerti dan bahkan bisa melakukan antisipasi agar hal buruk tidak terjadi terhadap anak.

Terapi Anak

Banyaknya orang tua yang membawa anak ke klinik tumbuh kembang tidak lepas dari tingginya kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kesehatan anak. Tidak seperti orang tua pada zaman dahulu, setiap kali anak mengalami masalah kesehatan, orang tua sekarang tidak langsung memberikan obat. Mereka membawanya ke therapist terlebih dahulu untuk mendapatkan treatment tertentu sesuai dengan keluhan kesehatan yang dialami oleh si kecil. Hal ini tidak lain untuk meminimalisir penggunaan obat-obatan yang sebenarnya kurang baik untuk tumbuh kembang balita.

Selain itu, klinik juga memiliki therapist yang bisa memberikan terapi untuk anak yang mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya seperti slow learner, susah belajar bicara, down syndrome, dan lain sebagainya.

Sekarang ini, tugas orang tua lebih berat. Selain memastikan perkembang si kecil baik, mereka harus mempersiapkan sedini mungkin agar anak bisa menjawab perkembangan zaman.

Oleh sebab itu, tidak salah jika mereka selalu berkonsultasi dengan ahli di bidang tumbuh kembang anak agar sedini mungkin diketahui potensi yang ada di dalam dirinya. Jadi, setiap orang tua akan mengetahui potensi apa yang ada di dalam diri setiap anak dan mereka tinggal fokus untuk mengembangkan potensi tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*