Seberapa Penting Peran Ibu dalam Proses Belajar Bicara Anak

belajar bicara www.facebook.com/ibudanbalita

Belajar bicara merupakan proses yang sangat sulit sekali. Jika ibu memiliki balita yang sudah berusia dua tahun, mungkin ibu merasakan hal tersebut. Betapa lamanya ibu harus mengajarkan kepada si kecil untuk bisa bicara.

Namun, itulah yang harus ibu lakukan. Belajar bicara anak memang membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak seperti belajar jalan di mana ibu hanya perlu melatih sang buah hati untuk berdiri dan sesekali mengajak berjalan. Tidak terasa anak ibu bisa berjalan sendiri.

Lain hal dengan belajar bicara anak. Proses yang panjang diperlukan. Untuk itu, peran ibu sangatlah penting.

Peran Ibu bagi Perkembangan Anak

Tidak bisa dipungkiri tumbuh kembang anak itu sangat dipengaruhi oleh peran ibu. Dalam hal ini, anak bisa lebih cepat berbicara ketika ibu mencurahkan usaha dan waktu untuk sang buah hati.

Sayangnya, banyak ibu yang tidak menyadari hal tersebut. Justru mereka sibuk bermain handphone sementara anak dibiarkan bermain dengan mainannya sendiri. Tentu hal ini tidak salah. Namun, jangan salahkah jika anak ibu terlambat bicara.

Salah satu cara belajar bicara anak yang paling efektif adalah dengan lebih sering mengajak sang buah hati untuk berkomunikasi. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya mengajaknya berbicara, tapi juga bercerita dan mengenalkan nama benda yang ada di sekitar.

Akan tetapi, hal yang paling efektif adalah mengajak si kecil menonton video lagu anak-anak. Cara ini dianggap sangat efektif lantaran balita ibu akan tertarik lebih dulu. Balita senang sekali dengan suara yang ceria seperti lagu-lagu anak. Apalagi ada video yang lucu, pasti ia akan semakin tertarik.

Dari ketertarikan tersebut, anak akan mudah sekali untuk diajak menirukan suara dalam lagu tersebut. Awalnya, anak akan terdiam saja dan mendengarkan sambil tersenyum. Lambat laun, anak ibu akan mulai menirukan nada, satu atau dua patah kata, dan akhirnya ia akan mulai belajar bicara.

Dalam hal ini, ibu harus memahami betul tentang anak. Jadi, dalam proses perkembangannya, terutama ketika ia mulai belajar berbicara, ibu harus tahu seputar psikologi anak. Anak mau belajar jika suasananya menyenangkan. Jika tidak menyenangkan, sepertinya susah sekali anak bisa berkembang, apalagi dalam hal belajar bicara.

Oleh karena itu, cara yang terakhir (yaitu menonton video lagu anak-anak) dianggap sebagai cara yang paling efektif karena sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jadi, mulailah ibu mengumpulkan koleksi video lagu-lagu anak, ya.

Tentu saja tidak itu saja. Masih banyak lagi cara lain yang menyenangkan agar anak ibu bisa cepat belajar bicara. Yang jelas, dalam hal ini, peran ibu sangatlah penting.

Kendala Anak Saat Mulai Belajar Berbicara

Dalam proses belajar berbicara, tentu saja anak mengalami beberapa kendala. Jika organ mulut si kecil serta sistem sarafnya belum sempurna, tentu anak ibu akan sangat susah sekali bicara. Keduanya merupakan alat utama agar anak ibu bisa mengucapkan kata.

Stimulus yang kurang tepat menjadi kendala selanjutnya. Apakah boleh mengajak anak menonton TV? Tentu saja boleh karena semakin sering mendengar maka akan semakin mudah dalam proses belajar bicara. Hanya saja, cara yang satu ini tidak begitu disarankan agar tidak adanya pola interaktif. Selain itu, anak juga tidak bisa menirukan kata. Lain hal dengan lagu di mana ibu bisa mengulang-ulang dan anak bisa mencoba menirukan.

Terlepas dari hal itu semua, kendala-kendala tersebut tidak akan menjadi masalah jika ibu hadir dalam setiap proses perkembangan sang buah hati karena peran ibu sangat penting khususnya pada saat anak ibu mulai belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*