Sayangi Anak Dengan Menjauhkannya Dari Karbohidrat Jahat

Friso http://www.friso.co.id/

Karbohidrat merupakan nutrisi penting bagi tubuh di kecil. Sayangnya tidak semua jenis karbohidrat baik untuk tubuh si kecil. Setidaknya ada istilah karbohidrat baik dan jahat. Lalu manakah yang tergolong karbohidrat jahat itu?

Sebelum ibu tahu makanan yang mengandung karbohidrat jahat, ada baiknya melihat penjelasannya terlebih dahulu mengenai bahaya karbohidrat tersebut bagi buah hati.

Bahaya Mengkonsumsi Karbohidrat Jahat

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap jika karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. Memang benar, tapi tidak semuanya baik untuk kesehatan.

Pasalnya, karbohidrat yang terdapat di dalam makanan ada yang rendah energi, malahan kandungannya bisa berdampak buruk untuk tubuh.

Karbohidrat yang hanya rendah energi dan memperbesar resiko buruk untuk kesehatan inilah yang lantas disebut dengan karbohidrat jahat. Oleh karenanya, akan sangat bersiko jika diberikan pada anak.

Yang perlu ibu perhatikan, karbohidrat jahat itu mengandung gula yang besar, dan nutrisi penting lainnya hanya berjumlah sedikit. Makanya, tidak sedikit dari anak yang bakalan mengalami obesitas ketika terus mengkonsumsinya. Alasan inilah yang membuat kegemukan disebabkan oleh banyak makan.

Parahnya, setiap orang bisa mengalami hal yang sama. Termasuk anak-anak yang baru dalam masa pertumbuhan.

Faktanya, ada banyak anak usia 4 tahun yang sudah mengalami obesitas. Dan ini terjadi karena mereka lebih sering mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat jahat. Masalahnya, ketidaktahuan ibu dalam memilih makanan untuk anak adalah penyebabnya.

Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Karbohidrat Jahat

Mungkin ibu berfikir jika hanya makanan saja yang mengandung karbohidrat, padahal beberapa jenis minuman juga mengandung karbohidrat tersebut. Lalu apa saja makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat jahat itu?

Ada banyak sekali jenis makanan yang buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah fast food. Jenis makanan ini memiliki kandungan rendah nutrisi, dan sebaliknya kaya akan kandungan gula dan lemak.

Tingginya kandungan lemak dan gula inilah yang menyebabkan pada meningkatkanya berat badan pada anak. Makanya, ibu sebaiknya menjauhkan menu makanan ini untuk anak.

Selain itu, mie instan juga tergolong dari makanan yang mengandung karbohidrat jahat. Nutrisi baik untuk perkembangan anak lebih kecil, dan ini akan menimbulkan masalah baru pada kesehatan anak sehingga wajib untuk dihindari.

Lalu, bagaimana dengan minuman? Memang cukup aneh kedengarannya, namun nyatanya ada jenis minuman yang di dalamnya terkandung karbohidrat jahat tersebut.

Intinya, minuman yang dimaksud memiliki kandungan nutrisi baik lebih sedikit. Dan kandungan gula di dalamnya jauh lebih besar yang akan membuat peningkatan lemak tidak terkontrol.

Salah satu contohnya adalah jus. Jus yang masuk dalam kategori minuman yang harus dijauhkan dari anak adalah jus kemasan. Jus yang sudah dikemas terbukti mengandung banyak gula, dan nutrisi lain terbilang sedikit saja.

Lantas apakah jus tidak diperbolehkan? Tentu saja masih diperbolehkan. Hanya saja, ibu tidak perlu membeli jus kemasan. Namun lebih baik membuatnya sendiri agar nutrisi yang ada di dalam jus benar-benar baik.

Sementara jenis minuman yang juga tidak boleh diberikan pada anak adalah soda. Minuman jenis tidak memiliki nilai gizi yang besar, malahan kandungan gula dan karbohidrat jahatnya sangatlah besar sehingga anak akan mengalami masalah jika ibu memberikannya pada anak.

Menyadari akan bahaya yang mengintai anak, sudah seharusnya jika ibu lebih berhati-hati dalam memilihkan menu makanan buat anak di tiap harinya. Dan untuk lebih jelas mengenai menu makanan yang baik untuk kesehatan anak, ibu bisa intip daftar makanan sehat di www.friso.co.id.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*