Sama-Sama Bermanfaat, Pilih Yoga Atau Senam Ibu Hamil?

friso www.friso.co.id

Yoga atau senam ibu hamil merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, terutama dilakukan pada masa kehamilan. Karena kegiatan tersebut bisa membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandungnya.

Selama menjalani masa kehamilan, ibu memang harus mempertimbangkan dalam melakukan aktifitas. Khususnya yang berhubungan dengan kesehatan keduanya. Jika tidak, masalah kesehatan bisa saja terjadi.

Setidaknya ada dua jenis kegiatan yang jauh lebih bermanfaat, yakni yoga dan senam ibu hamil. Lalu, manakah yang terbaik diantara kedua kegiatan tersebut?

Alasan Mengapa Melakukan Kegiatan Yoga Atau Senam Ibu Hamil

Baik yoga maupun senam ibu hamil, kedua-duanya sama baiknya dilakukan ketika masa kehamilan. Manfaatnya adalah untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil.

Tubuh yang bugar akan mempengaruhi secara langsung pada perkembangan janinnya. Hanya saja, keuntungan ini bukan menjadi salah satu alasan mengapa ibu hamil mau melakukannya.

Alasan yang paling jelas adalah untuk menghindari persalinan secara Caesar. Dan ini menjadi tujuan paling masuk akal, dan paling diinginkan oleh ibu hamil.

Betapa tidak, proses persalinan secara Caesar ini akan memakan biaya tidak sedikit. Dan bila dibandingkan dengan persalinan normal, maka akan terlihat sekali perbedaan biayanya.

Selain itu, persalinan secara Caesar akan menimbulkan rasa sakit, baik itu ketika akan melakukan persalinan maupun setelahnya. Contohnya adalah rasa perih dari jahitan setelah operasi yang terkadang sampai berbulan-bulan lamanya.

Berbeda jika melakukan persalinan secara normal. Rasa sakit terbilang sementara. Rasa perih hanya akan dirasakan ketika proses persalinan, dan setelahnya dalam beberapa waktu saja.

Biasanya, rasa sakit hanya akan berlangsung selama kurang lebih 2-3 hari setelah persalinan. Selebihnya, ibu yang telah melahirkan bisa kembali melakukan aktifitasnya secara normal.

Nah, proses persalinan yang normal ini bisa dilakukan oleh setiap ibu yang menjaga kebugarannya selama masa kehamilan. Dan salah satu cara untuk menjaga kebugaran adalah melakukan kegiatan bermanfaat seperti yoga maupun senam ibu hamil.

Lalu, Manakah Yang Terbaik Diantara Yoga Dan Senam Ibu Hamil?

Sebenarnya yoga ataupun senam ibu hamil sama bagusnya. Hanya saja, ada pertimbangan khusus yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Salah satunya adalah waktu melakukan kegiatan tersebut.

Ketika ibu tidak memiliki banyak waktu, opsi terbaik adalah memilih yoga. Karena yoga sendiri bisa dilakukan di rumah dengan aman.

Sama halnya jika ibu punya waktu, yoga bisa tetap menjadi pilihan, terutama untuk menjadi kegiatan yang bagus untuk mempersiapkan persalinan yang lebih normal.

Sementara senam ibu hamil, ibu juga bisa melakukannya di rumah sendiri. Hanya saja, ada gerakan-gerakan khusus yang mana membutuhkan instruktur senam. Tentunya agar gerakan yang dilakukan tidak membuat masalah pada kehamilan.

Ketika senam ibu hamil dilakukan dengan baik, otot-otot tubuh akan semakin kuat. Hasilnya, persalinan secara normal akan bisa diwujudkan. Makanya, opsi ini juga sangat bagus, terutama bila Anda punya waktu yang jauh lebih banyak.

Nah, semuanya tergantung pada keputusan Anda. Jika Anda ingin melakukan yoga dengan jauh lebih baik, maka gerakan-gerakan sempurnanya bisa diintip di www.friso.co.id. Di sini, gerakan yoga untuk ibu hamil dibeberkan secara lengkap. Pastinya, Anda akan lebih mudah mengikutinya.

Yang paling menarik, Anda bisa berkonsultasi tentang kesehatan ibu hamil di sana. Cukup kunjungi, dan daftarkan diri sebagai member agar bisa langsung konsultasi secara online. Selain

itu, informasi terkait kesehatan juga tersedia. Jadi, beruntung sekali jika Anda salah satu anggota di Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*